5 Aplikasi Penting untuk Memantau Diabetes Anda

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 09/05/2020
Bagikan sekarang

Sumber foto: mdtmag

Keberadaan ponsel pintar alias smartphone di era sekarang ini memang membuat orang-orang menjadi lebih mudah untuk selalu up-to-date mengenai informasi dan fenomena apa pun, mulai dari gaya hidup, komunikasi, hingga munculnya tren baru. Tak hanya itu, ponsel pintar juga menawarkan berbagai aplikasi yang bersifat edukatif, contohnya berbagai aplikasi kesehatan yang memiliki fokus pada penurunan berat badan, yang dapat memberi informasi kalori yang terdapat pada makanan yang kita makan.

Memang selalu ada pro dan kontra tentang validitasnya, namun sejauh ini berbagai aplikasi ini cukup membantu mengedukasi banyak orang tentang kalori dalam makanan. Dari yang awalnya banyak orang tidak peduli menghitung kalori, kini sudah banyak yang diajak ‘sadar’ untuk melihat komposisi kalori pada makanan. Tak hanya aplikasi penurun berat badan yang memberi kemudahan pada orang yang sedang melakukan diet, kini para penderita diabetes juga dapat membantu mengontrol gula darah melalui aplikasi yang ditawarkan ponsel pintar.

Salah satu penderita diabetes yang dikutip oleh Everyday Health mengakui bahwa menggunakan aplikasi lebih membuatnya lebih nyaman dibandingkan mengontrol perkembangan diabetesnya di komputer. Menggunakan aplikasi ponsel pintar juga direkomendasikan oleh Megrette Fletcher, MEd, RD, co-author dari buku Eat What You Love, Love What You Eat With Diabetes  dan co-founder Center for Mindful Eating di Dover.

Kelebihan aplikasi diabetes

Jika Anda menggukan insulin sebagai alat ukur untuk mengelola diabetes Anda, aplikasi diabetes di ponsel pintar memang bisa dipertimbangkan sebab akan memudahkan Anda untuk merekam hasil tes gula darah dan nilai insulin. Bahkan Anda dapat memantau jumlah karbohidrat dan kalori  yang telah Anda konsumsi. Tentunya kelebihan lainnya adalah Anda dapat membawa ponsel pintar ke mana-mana, termasuk ketika Anda makan di luar, sehingga Anda tetap bisa memantau perkembangan gula darah.

Terdapat bukti ilmiah bahwa ponsel pintar Anda dapat membantu dalam perubahan kesehatan penggunanya. Salah satu analisis yang dikutip Everyday Health menyebutkan bawah penderita diabetes mengalami penurunan 0,5 persen pada tingkat A1C (tes darah yang digunakan untuk mengetahui rata-rata level gula darah jangka panjang atau lebih dari tiga bulan) dibanding  dengan yang tidak memakai aplikasi. Aplikasi tersebut mampu mendorong pada perubahan gaya hidup, diet sehat, dan memotivasi untuk berolahraga.

Kekurangan aplikasi diabetes

Terkadang terus memantau perkembangan gula darah, karbohidrat, olahraga dan kalori membuat Anda bosan, hal ini diakui oleh salah satu penderita diabetes. Selain itu, terdapat kekurangan dalam menghitung kalori makanan. Misalnya aplikasi tidak bisa memberikan informasi kalori makanan olahan seperti gado-gado. Sebagian besar aplikasi ini dibuat di luar Indonesia, sehingga ada makanan-makanan Indonesia yang mungkin tidak akan terdeteksi dalam aplikasi tersebut.

Untuk mendapatkan lebih banyak opsi dengan notifikasi, mungkin Anda perlu membayar lebih untuk aplikasi tersebut, memang beberapa aplikasi dapat diunduh gratis, tetapi biasanya fitur yang  lengkap didapatkan pada aplikasi yang berbayar.

Rekomendasi aplikasi smartphone untuk penderita diabetes

1. BG Monitor Diabetes

Pengguna Android bisa mengunduhnya. Aplikasi asal San Fransisco ini menawarkan fitur perhitungan insulin bolus, tingkat gula darah, olahraga, notes, dan tags. Anda juga bisa melihat grafik dan statistik, serta nutrisi yang terkadung dalam makanan agar tetap menjaga nutrisi yang Anda butuhkan. Anda juga bisa mengirimkan laporan lewat email spreadsheet kepada dokter atau keluarga Anda. Keunggulan lainnya, Anda bisa mengambil foto makanan yang Anda makan sebagai pengingat apa saja yang telah dikonsumsi.

2. Blue Loop

Aplikasi ini direkomendasikan untuk anak-anak dan orang dewasa yang menderita diabetes. BlueLoop menawarkan fitur share dan update yang terkoneksi pada semua orang, sehingga orangtua bisa memantau dari jauh tentang apa saja yang  anaknya makan, dan level gula darahnya.

3. Diabetes in Check

Aplikasi ini khusus untuk pengguna iPhone. Fitur yang ditawarkan berupa jurnal, resep makanan dan paduan makan, serta daftar rencana camilan. Anda juga bisa memantau pengobatan yang dilakukan. Anda dapat melakukan scan barcodes pada makanan kemasan untuk mengetahui informasi nutrisi yang ada.

4. Glucose Buddy

Aplikasi ini mendapat peringkat 1 Diabetes iPhone Application oleh Manny Hernandez, pendiri TuDiabetes.org. Sama seperti aplikasi lainnya, Anda bisa memantau makanan, dosis insulin, dan perhitungan gula darah. Kelebihannya adalah Anda bisa terkoneksi dengan pengguna lain melalui forumnya. Komentar pengguna pun sangat positif, beberapa mengakui bahwa aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan.

5. Diabetic Connect

Terdapat beberapa fitur yang ditawarkan – rata-rata hampir sama dengan aplikasi lainnya, namun hal yang tidak Anda perlukan dapat dimatikan. Anda juga bisa terkoneksi dengan pengguna diabetes lain dan bergabung dengan diskusi yang memiliki masalah yang serupa. Data Anda juga bisa tehubung ke beberapa perangkat, dan Anda bisa langsung mengakses web portalnya. Aplikasi ini cocok untuk penderita diabetes tipe 1 dan 2.

BACA JUGA:

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

The Best Smartphone Apps for Diabetes Management. http://www.everydayhealth.com/sanjay-gupta/the-best-smartphone-apps-for-diabetes-management/ Accesses October 4th 2016.

The Best Diabetes Apps of 2016. http://www.healthline.com/health/diabetes/top-iphone-android-apps#3 Accesses October 4th 2016.

 

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Neuropati pada Diabetesi Bisa Disembuhkan?

Meski belum ada pengobatan untuk menyembuhkan neuropati diabetik, pengidap diabetes dapat meringankan gejala dan menghambatnya menjadi lebih parah.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Pemanis Buatan dan Karbohidrat Ternyata Memengaruhi Sensitivitas Insulin

Ternyata perpaduan pemanis buatan dan karbohidrat dapat menjadi pengaruhi tingkat sensitivitas insulin seseorang. Seperti apa penjelasannya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Bagaimana Strip Test Gula Darah Bisa Mengetahui Kadar Gula Kita?

Penderita diabetes pasti sudah tidak asing dengan alat tes gula darah. Namun, tahukan Anda bagaimana sebuah strip bisa memberikan informasi sepenting itu?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Rena Widyawinata

3 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Meski Didiagnosis Prediabetes

Mengurangi makanan manis untuk prediabetes memang merupakan suatu keharusan. Namun, bukan berarti Anda selamanya tidak boleh mengonsumsi makanan manis, lho.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Direkomendasikan untuk Anda

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020
6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020
Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020
Panduan Makan untuk Orang yang Punya Riwayat Diabetes

Panduan Makan untuk Orang yang Punya Riwayat Diabetes

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020