Benarkah Pakai Makeup Saat Olahraga Bisa Bikin Jerawatan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Jika Anda termasuk yang sering pakai makeup saat olahraga, Anda mungkin sudah sering menghadapi dilema ini. Satu sisi ingin tetap tampil cantik di gym, satu sisi lagi khawatir karena kombinasi makeup dan keringat mungkin akan membuat kulit jadi berjerawat. Tapi, sebetulnya boleh tidak sih, pakai makeup saat olahraga? Simak penjelasannya berikut ini.

Risiko pakai makeup saat olahraga

Seorang dermatolog asal New York, Whitney Bowe, menyarankan, lebih baik Anda tidak menggunakan makeup sama sekali ketika berolahraga. Mengapa? Pakai makeup saat olahraga akan membuat pori-pori pada kulit terhalang oleh makeup.

Bayangkan, ketika Anda memakai makeup, kemudian pori-pori Anda tertutup, sementara pori-pori ini fungsinya adalah sebagai jalur keluar keringat yang akan diproduksi ketika Anda berolahraga. Hasilnya, kelenjar, kotoran, dan keringat menjadi tidak bisa keluar dari wajah dan akan menyebabkan timbulnya jerawat, komedo, bahkan iritasi pada kulit.

Boleh pakai makeup saat olahraga, tapi…

Hindari menggunakan maskara dan makeup yang terlalu tebal saat berolahraga. Pada nyatanya, hal terbaik yang bisa Anda lakukan saat berolahraga adalah tidak menggunakan makeup sama sekali. Tapi, kalau Anda tidak nyaman dengan wajah yang telanjang, sekiranya Anda boleh menggunakan makeup tipis dan tidak berlebihan.

Jeannette Graf, asisten profesor dermatologi di Mount Sinai Medical School, menyarankan hal penting pada wanita. Ketika Anda tidak pede tanpa riasan makeup dan tetap ingin berolahraga, Anda bisa memilih makeup dengan kandungan atau tekstur tertentu. Contohnya, gunakan pelembab yang berbahan dasar air untuk mengurangi penyumbatan keringat pada pori-pori wajah. Anda juga bisa memilih bedak berbentuk bubuk atau menggunakan BB cream, mengingat kandungan bahan-bahannya yang tidak “terlalu berat” untuk wajah.

Beberapa faktor lain yang harus dipertimbangkan ketika pakai makeup saat olahraga, adalah upaya untuk melindungi kulit secara efektif. Maksudnya adalah, Anda bisa menggunakan makeup di bagian-bagian tertentu saja pada wajah.

Saat olahraga, hindari menggunakan riasan pada mata. Mengapa? Riasan pada kulit bagian mata cenderung berbahan minyak dan berat kandungan bahannya. Dikhawatirkan, pada mata akan timbul bintik putih kecil yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat.

Bolehkah mengelap keringat di wajah dengan pakaian saat olahraga?

Apa sih, fungsi keringat yang keluar ketika berolahraga? Fungsi keringat adalah untuk mengeluarkan sisa metabolisme tubuh, serta mendinginkan tubuh Anda dari suhu panas saat olahraga.

Nah, kadang Anda sering tidak sadar ketika membasuh keringat pada pakaian yang sedang dikenakan. Pada dasarnya itu wajar dan tidak akan memperparah jerawat Anda. Malahan, hal yang harus dihindari adalah menyentuh wajah Anda secara langsung menggunakan tangan.

Perhatikan juga bahwa Anda menggunakan handuk bersih untuk menyeka keringat. Kemudian, gunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide untuk mencuci muka sehabis berolahraga.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 menit baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Keluar dari Lubang Hitam Anda Lewat Psikoterapi

Sedang mengalami masa sulit yang seakan mengisap energi dan pikiran Anda ke dalam lubang hitam? Psikoterapi bisa membantu Anda mencari solusinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 20/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

Olahraga di luar rumah pandemi

Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . 4 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca