home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

6 Manfaat Menguapi Wajah dengan Air Hangat

6 Manfaat Menguapi Wajah dengan Air Hangat

Menguapi wajah punya banyak manfaat, lho! Perawatan rumahan mudah ini hanya memerlukan baskom berisi air panas. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat ketika rajin menguapi wajah?

Manfaat menguapi wajah

manfaat menguapi wajah

Tak banyak yang tahu bahwa menguapi wajah punya banyak manfaat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Di bawah ini daftarnya.

1. Membersihkan pori

Uap air panas yang diarahkan pada wajah mampu membuka pori-pori sehingga kotoran yang menyuumbat cepat terlepas. Membuka pori-pori wajah sama dengan melembutkan komedo sehingga membuatnya lebih mudah untuk diangkat.

Selain itu, membuka pori juga memungkinkan sel kulit mati dan kotoran lain terlepas. Dengan begitu, kecil kemungkinan pori akan tersumbat hingga akhirnya menyebabkan jerawat.

Manfaat ini mungkin bisa menjadi alasan bagi orang yang kulitnya rentan berjerawat untuk menguapi wajah secara rutin.

2. Meningkatkan peredaran darah

Kombinasi uap hangat dan keringat yang keluar dari wajah mampu melebarkan pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah. Peningkatan aliran ini memberi nutrisi pada kulit dan membuat darah mengalir lebih lancar.

Ketika aliran darah lancar, oksigen yang diangkut bisa didistribusikan dengan baik ke seluruh tibuh. Saat sirkulasi meningkat, wajah akan terlihat lebih bercahaya dan sehat.

3. Meluruhkan minyak yang terperangkap

Sebum merupakan minyak yang diproduksi secara alami oleh kelenjar sebaceous yang ada pada jaringan kulit. Minyak ini sebenarnya punya tugas penting yaitu melumasi kulit dan rambut.

Sayangnya, ketika terperangkap di bawah permukaan kulit, sebum jadi tempat berkembang biak bagi bakteri. Hal ini membuat kulit wajah akhirnya ditumbuhi jerawat dan komedo.

Oleh karenanya, menguapi wajah punya manfaat penting untuk melepaskan minyak yang terperangkap di kulit.

4. Menghidrasi kulit

Menguapi wajah mampu melembapkan kulit sehingga terhindar dari kekeringan. Bukan hanya dari uap airnya saja, wajah juga menjadi lembap karena uap bantu meningkatkan produksi minyak.

Minyak yang diproduksi inilah yang secara alami dapat melembapkan wajah. Namun tenang saja, minyak tak akan sampai menyumbat pori jika Anda bergegas untuk mencuci muka.

5. Membantu kulit menyerap produk lebih baik

Manfaat menguapi wajah lainnya yang mungkin tidak Anda duga yaitu memaksimalkan penyerapan produk perawatan. Uap air hangat yang diarahkan ke wajah dapat meningkatkan permeabilitas kulit.

Permeabilitas adalah kemampuan yang dimiliki membran untuk meloloskan partikel untuk menembus atau melaluinya. Ketika kemampuan ini meningkat, produk yang dioleskan pada wajah akan terserap dengan baik sehingga manfaatnya bisa didapat secara maksimal.

6. Meningkatkan produksi kolagen dan elastin

Aliran darah yang meningkat selama menguapi wajah ternyata bisa mengencangkan kulit sehingga terlihat lebih muda. Pasalnya kolagen dan elastin di wajah akan meningkat produksinya.

Kolagen merupakan protein pendukung utama kulit yang memberikan struktur kulit dan kekuatannya. Sementara elastin yaitu protein yang membuat kulit mampu membentang ke struktur aslinya.

Selain itu, menguapi wajah punya manfaat lain untuk tubuh yaitu membuatnya menjadi lebih rileks. Biasanya sensasi ini didapatkan dengan maksimal ketika Anda menambahkan rempah-rempah atau minyak esensial ke dalamnya.

Efek samping dan risiko menguapi wajah

Meski aman, uap air yang terlalu panas dan jarak yang dekat bisa menyebabkan luka bakar serius. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa suhu panas uapnya bisa ditoleransi oleh kulit. Caranya dengan menempelkan tangan pada air hangat tersebut.

Orang dengan penyakit kulit rosacea juga tidak disarankan untuk menguapi wajah. Panas yang dihasilkan dari uap bisa melebarkan pembuluh darah yang akan membuat wajah pengidap rosacea semakin memerah.

Selain itu, menguapi wajah perlu jadi perhatian penting untuk orang yang memiliki eksim sangat kering. Pasalnya, menguapi wajah terlalu lama dapat memicu iritasi kulit yang akan memperburuk eksim.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Enlarged pores – DermNet NZ. dermnetnz.org. (2017). Retrieved 15 March 2021, from https://www.dermnetnz.org/topics/enlarged-pores.

Park J-H, et al. (2008). The effect of heat on skin permeability. doi.org/10.1016/j.ijpharm.2008.03.032

Petrofsky, J., Berk, L., Bains, G., Khowailed, I. A., Hui, T., Granado, M., Laymon, M., & Lee, H. (2013). Moist heat or dry heat for delayed onset muscle soreness. Journal of clinical medicine research, 5(6), 416–425. https://doi.org/10.4021/jocmr1521w

Petrofsky, J. S., Laymon, M., & Lee, H. (2013). Effect of heat and cold on tendon flexibility and force to flex the human knee. Medical science monitor : international medical journal of experimental and clinical research, 19, 661–667. https://doi.org/10.12659/MSM.889145

Top 10 Health Benefits of Visiting Steam Rooms and Saunas – Aston University. aston.ac.uk. (2021). Retrieved 15 March 2021, from https://www2.aston.ac.uk/sport/tips-information/top-10-health-benefits-of-visiting-steam-rooms-and-saunas.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 15/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri