Jangan Biarkan Stres Mengganggu Tidur, Begini Caranya Agar Tetap Nyenyak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tidur adalah kebutuhan setiap orang. Ya, memang menyenangkan jika bisa tidur nyenyak di malam hari setelah lelah seharian beraktivitas. Namun, tidur terasa tidak enak jika Anda sedang berada dalam tekanan atau stres. Tidur tak lagi nyenyak, bahkan untuk menutup mata saja sulit. Tak perlu cemas, begini cara tidur nyenyak meski sedang stres.

Cara tidur nyenyak saat stres

Stres bisa diakibatkan oleh berbagai hal dari mulai pekerjaan yang menumpuk, masalah keluarga, masalah dengan pasangan, atau masalah dengan diri sendiri. Saat stres, kadar hormon kortisol di dalam tubuh meningkat dan memicu hormon penyebab peradangan yaitu sitokin.

Sitokin yang berlebih di dalam tubuh bisa membuat Anda menjadi susah tidur. Nah, agar Anda bisa tetap tidur dengan nyenyak dan berkualitas, berikut berbagai tips yang bisa dicoba.

1. Buat tubuh dan pikiran rileks

manfaat meditasi untuk kesehatan yoga

Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stres ialah dengan melakukan relaksasi tubuh dan juga pikiran. Meditasi menjadi salah satu cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk merilekskan tubuh dan menenangkan pikiran.

Meditasi adalah latihan yang dilakukan untuk menciptakan pikiran dan tubuh yang rileks tanpa memerlukan alat bantu khusus. Anda hanya perlu melakukannya di suasana yang tenang.

Anda bisa melakukan meditasi dengan cara memusatkan pikiran sembari duduk bersila. Setelah itu, ambil napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Lakukan berulang kali hingga Anda merasa tenang dan jauh lebih baik.  Cobalah praktikkan setiap hari satu hingga dua jam sebelum tidur.

2. Olahraga teratur

pengaruh olahraga pada kondisi kulit

Olahraga secara teratur membantu tubuh untuk menurunkan hormon kortisol dan epineprin. Sebaliknya, kadar hormon norepineprin atau hormon antidepresan justru meningkat. Selain itu, olahraga juga memicu peningkatan hormon bahagia, yaitu hormon serotonin dan endorfin.

Dikutip dari American Psychological Association, olahraga juga dapat memaksa tubuh untuk bekerja lebih optimal, termasuk sistem saraf. Jadi, hal ini bisa menjadi pertahanan dalam menghadapi stres.

Usahakan untuk berolahraga minimal dua jam sebelum tidur agar suhu dapat kembali normal.  Dengan begitu, tubuh menjadi lebih rileks dan Anda pun bisa tidur dengan nyenyak.

3. Mandi air hangat

Mandi dan berendam air hangat sebelum tidur bisa menjadi salah satu cara relaksasi yang nyaman. Air hangat membantu menenangkan tubuh dengan melepaskan hormon endorfin.

Bahkan, menurut Dr. Bobby Buka, seorang dokter kulit asal New York, menyatakan bahwa berendam air hangat bisa membantu membangkitkan semangat karena aliran darah ke kulit meningkat. Dengan begitu, pikiran akan masalah yang dimiliki tergantikan dengan pikiran positif yang membuat Anda semangat untuk menjalani hari esok.

Apalagi, jika setelah mandi kemudian Anda masuk ke kamar dengan suhu yang sejuk maka rasa kantuk akan semakin terasa. Pasalnya, udara yang sejuk membuat suhu internal tubuh menurun dan secara otomatis membuat Anda mengantuk.

4. Tidur di jam yang sama

tidak cukup tidur

Meski sulit, tetapi Anda perlu mencoba untuk menetapkan jadwal tidur yang sama setiap harinya. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk menetapkan konsistensi demi mendapatkan jam tidur yang cukup dan berkualitas. Untuk membantu Anda tidur di waktu yang sama setiap harinya, cobalah untuk menghentikan aktivitas satu jam sebelum waktu tidur Anda.

Kemudian, bersiaplah untuk tidur di kamar yang sudah Anda persiapkan senyaman mungkin. Setelah itu, jauhkan gawai (gadget) dari tempat tidur Anda dan matikan lampu. Meski Anda merasa belum mengantuk tetapi tetap pejamkan mata. Lama kelamaan, Anda akan tertidur dengan sendirinya.

Berbagai cara tidur nyenyak ini tidak akan terwujud tanpa komitmen dan niat yang kuat. Tanamkan dalam pikiran bahwa Anda mencintai tubuh Anda dan jangan biarkan stres merenggutnya, termasuk waktu tidur berkualitas yang seharusnya Anda dapatkan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sering Susah Tidur? Ini Cara Cepat Tidur Dalam Satu Menit

Sudah lelah dan besok harus bangun pagi, tapi tetap tidak bisa tidur. Tenang, coba dulu cara cepat tidur dengan teknik ini.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Pola Tidur Sehat, Tips Tidur 26 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit

Body Scan Meditation, Meditasi untuk Bantu Atasi Nyeri Tubuh

Nyeri yang Anda rasakan bisa jadi disebabkan oleh tekanan mental. Coba lakukan body scan meditation untuk bantu mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Latihan Kelenturan, Kebugaran 26 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Tips Tidur Nyenyak Selama Perjalanan Jarak Jauh

Perjalanan jauh bukan berarti tidak bisa mendapatkan tidur nyenyak. Berikut beberapa tips agar mendapatkan tidur berkualitas selama perjalanan jauh.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Pola Tidur Sehat, Tips Tidur 13 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Mager Olahraga Saat Karantina? Ini 7 Tips Agar Anda Tetap Semangat

Masa karantina membuat badan jadi malas gerak. Padahal, olahraga penting agar tubuh tetap fit. Ini tips agar Anda tetap semangat olahraga saat karantina.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
COVID-19, Penyakit Infeksi 30 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mitos tentang tidur

Mengenal 4 Tahapan Tidur: Dari “Tidur Ayam” Hingga Tidur Pulas

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
manfaat tidur telanjang

7 Manfaat Tidur Telanjang bagi Kesehatan, Apa Saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 10 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
tidur tidak pakai celana dalam

6 Manfaat Tidur Tidak Pakai Celana Dalam Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 3 November 2020 . Waktu baca 4 menit
bahaya tidur dengan rambut basah

Bahayakah Tidur dengan Rambut Basah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit