home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sering Susah Tidur? Ini Cara Cepat Tidur Dalam Satu Menit

Sering Susah Tidur? Ini Cara Cepat Tidur Dalam Satu Menit

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Namun, beberapa orang memang mengalami masalah tidur sehingga cara apa pun yang ditempuh tak berhasil membuatnya terlelap. Anda mungkin sudah mencoba mendengarkan musik yang lembut, tidur dengan penutup mata, memasang sumbat telinga, dan meredupkan lampu. Padahal, ada teknik yang lebih mudah dan alami untuk membantu Anda cepat tidur. Ingin tahu caranya? Simak terus informasi di bawah ini.

Cara cepat tidur dalam 1 menit

Setiap orang mungkin memiliki alasan yang berbeda-beda mengapa sulit sekali untuk langsung tidur. Ada yang susah tidur karena terlalu asyik bermain media sosial atau game, tapi ada juga yang susah tidur karena insomnia atau masalah kesehatan lainnya.

Apa pun masalah Anda, tak ada salahnya mencoba teknik 4-7-8 untuk membantu Anda tidur lebih cepat dan nyenyak. Perhatikan langkah-langkah menerapkan teknik cepat tidur berikut ini.

  1. Posisikan ujung lidah menempel di langit-langit mulut, tepat di belakang deretan gigi atas Anda. Tahan posisi ini sampai langkah terakhir.
  2. Buang napas melalui mulut pelan-pelan, sampai ada bunyi desis angin yang keluar.
  3. Katupkan kedua bibir Anda dan tarik napas dalam melalui hidung sembari menghitung sampai empat.
  4. Tahan napas sambil menghitung sampai tujuh dalam hati.
  5. Buang napas lewat mulut dalam hitungan sampai delapan.
  6. Ulangi teknik ini dari awal hingga langkah ke lima sebanyak tiga kali. Totalnya Anda akan melakukan teknik ini sebanyak empat kali.

Mengenal teknik 4-7-8

Cara cepat tidur ini pertama kali dikembangkan oleh seorang dokter penyakit dalam lulusan sekolah kedokteran Harvard, dr. Andrew Weil. Fokus dari teknik ini sendiri adalah menjadikan pikiran Anda lebih rileks dan tenang. Dr. Andrew Weil percaya bahwa pernapasan adalah sebuah senjata yang ampuh dalam menenangkan tubuh dan pikiran. Pasalnya, teknik pernapasan ini sebenarnya sudah dikenal sejak berabad-abad lalu dalam tradisi kuno India bernama pranayama.

Lebih lanjut, dr. Andrew Weil mengingatkan bahwa teknik ini harus dilatih secara terus-menerus. Anda mungkin tidak akan langsung terlelap nyenyak dalam percobaan pertama dan kedua. Namun, semakin tubuh Anda terbiasa dengan relaksasi semacam ini, lama-lama sistem saraf Anda akan terlatih untuk cepat tidur, bahkan dalam waktu kurang dari semenit.

Perlu diingat, teknik ini bukan pengganti perawatan medis atau obat yang sudah diresepkan dokter untuk Anda. Langkah-langkah relaksasi ini hanya ditujukan sebagai pelengkap. Maka, konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum memulai teknik 4-7-8 di rumah.

Manfaat melakukan relaksasi dengan teknik pernapasan

Teknik pernapasan 4-7-8 ini rupanya tak hanya berguna untuk membantu Anda tidur lebih cepat dan berkualitas. Anda juga bisa memanfaatkan teknik 4-7-8 untuk berbagai tujuan. Selain itu, karena teknik ini tidak membutuhkan peralatan atau ruangan khusus, Anda bisa melakukannya di mana pun.

Seorang spesialis bedah dari Amerika Serikat, dr. Michelle Gordon bahkan menganjurkan teknik ini bagi orang-orang yang akan dioperasi atau sedang dalam masa pemulihan setelah dioperasi. Menurutnya, teknik ini ampuh dalam menenangkan dan meningkatkan kualitas istirahat pasien. Anda juga bisa memanfaatkan teknik 4-7-8 untuk membantu meredakan kecemasan, stres, depresi, serta meningkatkan fungsi kognitif otak dan sistem saraf.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

A Life Hack for Sleep: The 4-7-8 Breathing Exercise Will Supposedly Put You to Sleep in Just 60 Seconds. http://www.medicaldaily.com/life-hack-sleep-4-7-8-breathing-exercise-will-supposedly-put-you-sleep-just-60-332122 Diakses pada 27 Februari 2017.

4-7-8 Breathing Exercises. http://www.livestrong.com/article/149332-4-7-8-breathing-exercises/ Diakses pada 27 Februari 2017.

Simple 4-7-8 breathing trick can induce sleep in 60 seconds. http://www.telegraph.co.uk/science/2016/03/12/simple-4-7-8-breathing-trick-can-induce-sleep-in-60-seconds/ Diakses pada 27 Februari 2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Irene Anindyaputri
Tanggal diperbarui 26/08/2020
x