Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Selain Mempercantik Kamar, 7 Tanaman Ini Juga Bisa Bantu Tidur Nyenyak

    Selain Mempercantik Kamar, 7 Tanaman Ini Juga Bisa Bantu Tidur Nyenyak

    Tidur yang nyenyak membawa serangkaian manfaat kesehatan untuk tubuh. Salah satu cara untuk membuat tidur Anda nyenyak adalah dengan menciptakan suasana kamar yang nyaman dan asri. Salah satu cara unik untuk membuat kamar lebih nyaman adalah dengan meletakkan tanaman hias. Pasalnya, beberapa jenis tanaman untuk kamar membawa efek menenangkan dan membantu membersihkan udara dari polusi, bau tak sedap, dan jamur.

    Berbagai tanaman untuk kamar yang membantu tidur lebih nyenyak

    1. Lavender

    lavender bahan alami mengusir nyamuk

    Lavender termasuk salah satu tanaman untuk kamar yang memiliki aroma menenangkan. Aroma tanaman yang satu ini mampu mengurangi kecemasan dan insomnia. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Southampton Inggris, mengamati pola tidur 10 orang dewasa yang diberikan minyak esensial lavender dengan minyak yang bukan lavender.

    Hasil penelitian menunjukkan orang yang tidur sambil mencium aroma lavender memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Peneliti menemukan bukti bahwa lavender meningkatkan gelombang lambat pada otak saat tidur. Artinya, tidur jadi lelap dengan detak jantung yang melambat dan otot merileks. Saat bangun pun Anda cenderung jadi lebih bersemangat dan produktif.

    2. Lidah buaya

    lidah buaya untuk wajah obat psoriasis

    Aloe vera atau lidah buaya termasuk salah satu tanaman super yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Selain dijadikan makanan, minuman, dan obat, tanaman yang satu ini ternyata dapat membantu melawan insomnia dan meningkatkan kualitas tidur. Mengapa begitu? Lidah buaya yang ditaruh di kamar dapat mengeluarkan oksigen di malam hari. Selain itu, tanaman yang dikenal sebagai antiradang ini juga dapat membantu menghilangkan bahan kimia yang mencemari udara kamar Anda.

    Pemeliharaannya yang mudah juga membuat Anda tidak perlu repot menyiramnya setiap hari. Lidah buaya akan tumbuh dengan baik tanpa memerlukan sinar matahari langsung.

    3. Lidah mertua

    lidah mertua tanaman
    Sumber: House of Home

    Lidah mertua juga terbukti mampu mengeluarkan oksigen di malam hari saat Anda tidur. Selain itu, secara bersamaan tumbuhan ini juga mengambil karbon dioksida dari kamar dan menyaring senyawa jahat dari udara termasuk formalin dan benzena.

    Dengan kata lain, tanaman untuk kamar ini mampu membersihkan udara sehingga Anda tidak terlalu terganggu dengan berbagai bau-bauan yang tercium di dalam kamar. Tanaman ini sangat ideal untuk orang-orang yang memiliki alergi berat, asma, dan serangkaian masalah pernapasan lainnya.

    4. Valerian

    valerian
    Sumber: Opting Health

    Valerian adalah salah satu tanaman untuk kamar yang telah terbukti meningkatkan sistem otak yang bertanggung jawab mengendalikan rasa rileks. Oleh karena itu, akar bunga valerian dianggap sebagai salah satu herbal terbaik untuk mengatasi insomnia. Bahkan, tanaman yang satu ini juga menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk obat penenang.

    5. English ivy

    tanaman english ivy
    Sumber: Molekule

    Dikutip dari PsychCentral, penelitian NASA menunjukkan english ivy merupakan salah satu tanaman yang sangat baik untuk membersihkan udara. Penelitian menunjukkan tanaman rambat ini dapat mengurangi 90 hingga 94 persen jamur di udara dalam waktu 12 jam.

    Untuk itu, bagi Anda yang memiliki masalah pernapasan, menaruh tanaman ini di kamar dapat membantu kualitas tidur. Pasalnya, orang yang memiliki masalah pernapasan akan sangat mudah terbangun dan kambuh ketika kualitas udara di sekitarnya buruk dan juga kotor.

    English ivy juga menjadi tanaman untuk kamar yang tepat karena sangat mudah untuk tumbuh dan dirawat, sama seperti lidah buaya. Tanaman ini juga hanya membutuhkan sedikit sinar matahari sehingga Anda cukup menaruhnya di dekat jendela kamar.

    6. Melati

    melati
    Sumber: Johnstown Garden Centre

    Meski sering dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis, penelitian membuktikan bahwa melati termasuk salah satu tanaman yang ampuh meningkatkan kualitas tidur Anda. Aromanya terbukti ampuh dapat mengurangi tingkat kecemasan. Penurunan tingkat kecemasan bisa mengurangi risiko sulit tidur dan mencegah Anda terbangun di malam hari. Keduanya tentu dapat merusak kualitas tidur Anda.

    7. Peace lily

    tanaman peace lily
    Sumber: Phil-Amy Florist

    Peace Lily atau Spathiphyllum adalah salah satu tanaman hias populer yang bisa tumbuh di dalam ruangan. Tanaman ini dapat menyaring lima racun berbahaya di udara yaitu benzena, formalin, trikloretilena, xilena, dan amonia.

    Tanaman dengan bunga yang indah ini tak hanya membersihkan udara, tetapi juga mempercantik kamar tidur Anda. Peace lily tumbuh subur di area yang rendah cahaya. Menaruhnya di kamar pun menjadi pilihan yang tepat.

    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Lavender – The Sweet Scent of Sleep

    https://www.prevention.com/life/a20428348/how-lavender-can-help-you-sleep/ accessed on June 7th 2018

    Planting Healthier Indoor Air

    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3230460/ accessed on June 7th 2018

    Top 6 Bedroom Plants to Promote Better Sleep

    https://psychcentral.com/blog/top-6-bedroom-plants-that-promote-better-sleep/ accessed on June 7th 2018

    11 Plants for Your Bedroom to Help You Sleep Better

    https://www.organicconsumers.org/news/11-plants-your-bedroom-help-you-sleep-better accessed on June 7th 2018

    The Peace Lily Filters Out Five Dangerous Toxins From The Air

    https://matteroftrust.org/14359/the-peace-lily-filters-out-five-dangerous-toxins-from-the-air accessed on June 7th 2018

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui Mar 02, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita