home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Cara Ampuh Menenangkan Pikiran Sebelum Anda Pergi Tidur

7 Cara Ampuh Menenangkan Pikiran Sebelum Anda Pergi Tidur

Tidur adalah kebutuhan setiap orang. Ya, bisa tidur nyenyak pada malam hari setelah aktivitas yang melelahkan seharian penuh memang menyenangkan. Namun, Anda mungkin akan sulit tidur saat pikiran tidak bisa tenang. Hal tersebut biasanya terjadi karena stres atau banyak masalah yang sedang melanda. Nah, Anda tak perlu cemas, karena ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menenangkan pikiran sebelum tidur. Apa saja? Temukan jawabannya pada artikel berikut ini.

Tips agar pikiran tenang sebelum tidur

Saat stres atau banyak masalah yang menjadi beban pikiran, Anda cenderung tidak bisa fokus melakukan banyak hal, termasuk tidak bisa tidur. Hal ini terjadi karena pikiran tidak bisa tenang sepanjang hari.

Nah, salah satu cara agar Anda bisa tetap tidur dengan nyenyak dan berkualitas adalah menenangkan pikiran. Berikut beberapa cara untuk menenangkan pikiran sebelum tidur yang bisa Anda coba:

1. Buat tubuh dan pikiran rileks

meditasi-e1592220609299.jpg” alt=”mencegah neuropati berpikir positif negatif demensia” width=”640″ height=”427″ />

Salah satu cara terbaik untuk menenangkan pikiran sebelum tidur adalah melakukan relaksasi tubuh dan juga pikiran. Meditasi menjadi salah satu cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk membuat pikiran tenang.

Meditasi adalah latihan yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan pikiran dan tubuh yang rileks tanpa memerlukan alat bantu khusus. Anda hanya perlu melakukannya pada suasana yang tenang.

Anda bisa melakukan meditasi dengan cara memusatkan pikiran sembari duduk bersila. Setelah itu, ambil napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Lakukan berulang kali hingga Anda merasa tenang dan jauh lebih baik. Cobalah praktikkan setiap hari satu hingga dua jam sebelum tidur.

2. Membuat rutinitas sebelum tidur

peregangan sebelum tidur

Menerapkan suatu rutinitas sebelum tidur juga bisa membantu pikiran menjadi lebih tenang sebelum tidur. Selain itu, rutinitas dapat membantu tubuh menyadari bahwa aktivitas yang Anda lakukan berikutnya adalah tidur.

Dengan begitu, menciptakan suatu rutinitas tertentu sebelum tidur adalah cara terbaik untuk menenangkan pikiran sebelum tidur hingga meningkatkan kualitas tidur Anda.

Rutinitas ini bisa berupa apa saja, mulai dari membaca buku, mendengarkan musik, atau melakukan peregangan ringan sebelum tidur. Anda boleh menentukan rutinitas tersebut selama bisa membantu membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks.

3. Mandi air hangat

Mandi dan berendam air hangat sebelum tidur bisa menjadi salah satu cara relaksasi yang nyaman. Air hangat membantu menenangkan tubuh dengan melepaskan hormon endorfin.

Bahkan, berendam air hangat bisa membantu membangkitkan semangat karena aliran darah ke kulit meningkat. Dengan begitu, pikiran akan masalah yang Anda miliki tergantikan dengan pikiran positif yang membuat Anda semangat untuk menjalani hari esok.

Apalagi, jika setelah mandi kemudian Anda masuk ke kamar dengan suhu yang sejuk maka rasa kantuk akan semakin terasa. Pasalnya, udara yang sejuk membuat suhu internal tubuh menurun dan secara otomatis membuat Anda mengantuk.

4. Buat jadwal tidur teratur

tidak cukup tidur

Meski sulit, tetapi Anda perlu mencoba untuk menetapkan jadwal tidur yang sama setiap harinya. Hal ini penting sebagai salah satu cara untuk menetapkan konsistensi demi mendapatkan jam tidur yang cukup dan berkualitas.

Untuk membantu Anda tidur di waktu yang sama setiap harinya, cobalah untuk menghentikan aktivitas satu jam sebelum waktu tidur Anda. Kemudian, bersiaplah untuk tidur di kamar yang sudah Anda persiapkan senyaman mungkin.

Setelah itu, jauhkan gawai (gadget) dari tempat tidur Anda dan matikan lampu saat tidur. Meski Anda merasa belum mengantuk tetapi tetap pejamkan mata. Lama kelamaan, Anda akan tertidur dengan sendirinya.

Tanamkan dalam pikiran bahwa Anda mencintai tubuh Anda dan jangan biarkan stres dan berbagai masalah hidup merenggutnya, termasuk waktu tidur berkualitas yang seharusnya Anda dapatkan.

5. Tulis buku harian

manfaat menulis jurnal mental

Percaya atau tidak, menulis buku harian termasuk salah satu cara jitu untuk menenangkan pikiran sebelum tidur. Apalagi, jika Anda memang sedang banyak masalah atau stres.

Untuk menuliskannya, Anda tidak perlu menulis panjang kali lebar. Hal yang terpenting, curahkan semua pikiran dan perasaan yang sedang mengganggu. Biasanya, setelah menulis, pikiran menjadi tenang.

Ya, rasanya seolah baru saja mengeluarkan pikiran yang seharian terus membebani Anda. Baru setelah itu, biasanya Anda akan mulai merasa mengantuk dan tertidur.

6. Ciptakan suasana tidur yang nyaman

tanaman untuk kamar

Menurut HelpGuide, salah satu cara untuk membantu Anda menenangkan pikiran sebelum tidur adalah menciptakan suasana tidur yang nyaman. Mulai dari suasana yang sunyi, suhu udara yang sesuai, hingga kasur yang nyaman.

Detail-detail tersebut mungkin tergolong kecil, tapi tetap perlu Anda perhatikan jika ingin cepat tidur. Selain itu, suasana kamar tidur yang mendukung, dapat membuat Anda lebih rileks hingga lebih mudah terlelap.

Jika bisa konsisten untuk mempertahankan suasana kamar tidur yang nyaman, Anda akan lebih mudah untuk tidur, meski sedang memiliki banyak pikiran. Pasalnya, tubuh akan terbiasa dengan suasana kamar sebagai suasana saat tidur.

7. Rutin berolahraga

alat olahraga di rumah

Olahraga secara teratur membantu tubuh menurunkan hormon kortisol dan epinefrin. Sebaliknya, kadar hormon norepinefrin atau hormon antidepresan justru meningkat.

Selain itu, olahraga juga memicu peningkatan hormon serotonin dan endorfin, atau hormon bahagia. Oleh sebab itu, cara ini dapat membantu Anda lebih rileks dan tenang.

Olahraga juga dapat memaksa sistem fisiologis tubuh yang terlibat dalam respons stres untuk berkomunikasi lebih erat dari biasanya. Hal ini menjadi semacam latihan bagi tubuh untuk dapat mengatasi stres.

Usahakan untuk berolahraga minimal dua jam sebelum tidur agar suhu tubuh dapat kembali normal. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih rileks dan Anda pun bisa tidur dengan nyenyak.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to release stress for bedtime. Retrieved 29 April 2021, from https://www.sleepfoundation.org/sleep-hygiene/how-to-relieve-stress-for-bedtime

How to Sleep Better If You’re Stressed. Retrieved 29 April 2021, from https://sleep.org/articles/sleep-better-when-stressed/

Learning to relax. Retrieved 29 April 2021, from https://www.sleep.org/learning-relax/

How to sleep better. Retrieved 29 April 2021, from https://www.helpguide.org/articles/sleep/getting-better-sleep.htm

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Annisa Hapsari pada 4 minggu lalu
x