Benarkah Menghirup Aromaterapi Membuat Tidur Lebih Nyenyak?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 30 November 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tidur nyenyak membantu Anda beraktivitas dengan baik keesokan harinya. Ada banyak cara yang bisa anda coba agar tidur setiap malam bisa lebih nyenyak. Misalnya dengan menggunakan aromaterapi. Namun, apakah manjur menggunakan aromaterapi untuk membantu tidur lebih nyenyak? Yuk, cari tahu kebenarannya pada ulasan berikut ini.

Aromaterapi ampuh untuk tidur lebih nyenyak?

Aromaterapi adalah perawatan untuk memulihkan kembali kesehatan fisik maupun psikis dengan mengandalkan ekstrak dari tumbuhan alami. Teknik ini disebut juga dengan terapi minyak esensial karena bahan utama yang digunakan adalah minyak esensial.

Nah, cara menggunakan minyak esensial untuk aromaterapi ada berbagai cara, yakni dihirup langsung dari botol atau diubah menjadi uap dengan bantuan diffuser. Selain itu, bisa juga dioleskan dan dipijatkan ke kulit atau dicampur dengan untuk berendam.

Salah satu potensi aromaterapi adalah membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak. Melansir dari laman Sleep, aroma dari minyak esensial dapat membantu meringankan pikiran dan merelaksasi otot tubuh yang tegang sehingga bisa mengurangi stres, kecemasan, dan rasa sakit yang sering mengganggu tidur.

Sebuah studi dalam Iranian Red Crescent Medical Journal melaporkan manfaat aromaterapi untuk meningkatkan kualitas tidur pada ibu yang baru saja bersalin.

Sebanyak 158 ibu dibagi menjadi 2 kelompok: satu kelompok diminta untuk menggunakan minyak lavender di malam hari dan satunya tidak menggunakan wewangian. Selama delapan minggu, ibu yang menggunakan minyak lavender untuk aromaterapi dapat tidur lebih nyenyak.

Deretan aromaterapi yang membantu tidur jadi lebih baik

manfaat minyak lavender

Di pasaran ada banyak minyak esensial yang dijual. Namun, untuk meningkatkan kualitas tidur ada beberapa minyak esensial yang direkomendasikan untuk aromaterapi, di antaranya:

  • Minyak lavender. Minyak yang berasal dari tanaman Lavandula angustifolia yang beraroma harum ini bisa menyegarkan udara sehingga membuat Anda dapat tidur dengan nyenyak.
  • Minyak cedarwood. Minyak ini berasal dari kayu pohon cedar, yakni Cedrus atlantica dapat membantu Anda tidur lebih lama.
  • Minyak bergamot. Minyak yang berasal dari buah yang mirip jeruk dengan nama latin Citrus bergamia. Minyak ini membantu menenangkan pikiran sehingga membuat Anda lebih mudah terlelap.

Tidak semua minyak esensial cocok digunakan sebagai aromaterapi untuk membantu tidur jadi lebih nyenyak. Beberapa minyak diketahui dapat meningkatkan kewaspadaan sehingga dapat mengganggu tidur, seperti minyak esensial sage, vetiver, dan petitgrain.

Kemungkinan efek samping yang terjadi

Meski penelitian telah menunjukkan potensi aromaterapi untuk membantu tidur lebih nyenyak, tidak semua orang akan merasakan manfaatnya. Malah menyebabkan masalah setelah digunakan.

Hal ini kemungkinan terjadi jika orang yang menggunakan metode ini memiliki alergi pada kandungan tertentu yang ada pada minyak esensial. Mungkin juga disebabkan oleh penggunaan minyak esensial yang tidak benar sebagai aromaterapi.

Perlu Anda ketahui bahwa minyak esensial sangat kuat sehingga tidak boleh digunakan secara berlebihan. Saat Anda ingin memijat tubuh dengan minyak esensial, campurkan minyak pembawa seperti jojoba oil atau almond oil.

Bila merasa cara ini tidak membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak, konsultasikan pada dokter mengenai kondisi Anda. Dokter akan membantu mencari penyebab sekaligus menentukan perawatan yang cocok.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Manfaat Tidur Telanjang bagi Kesehatan, Apa Saja?

Banyak orang yang enggan untuk tidur telanjang karena merasa risih atau tidak nyaman. Padahal, ada banyak manfaat tidur telanjang bagi kesehatan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Pola Tidur Sehat, Tips Tidur 10 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Mengubah Jam Tidur Ternyata Berpengaruh Pada Kesehatan

Apa yang terjadi pada tubuh saat jam tidur kita mundur 3 jam, atau waktu tidur berkurang 2 jam, atau jika kita mendadak menambahkan tidur siang 2 jam?

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Pola Tidur Sehat, Gangguan Tidur 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Sebagian dari Anda mungkin lebih suka tidur dalam keadaan terang. Namun riset menunjukkan matikan lampu saat tidur itu lebih baik. Kenapa?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Pola Tidur Sehat, Tips Tidur 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Serba Serbi Obat Tidur yang Perlu Anda Ketahui (Plus Penyebab Kenapa Susah Tidur)

Anda susah tidur? Mungkin Anda bisa menggunakan obat tidur apotek atau obat tidur alami. Namun sebelumnya, ketahui juga apa saja efek obat tidur pada tubuh.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Pola Tidur Sehat, Gangguan Tidur 23 November 2020 . Waktu baca 14 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengobati sakit kepala

5 Jenis Minyak Esensial untuk Meringankan Sakit Kepala dan Migrain

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mitos tentang tidur

Mengenal 4 Tahapan Tidur: Dari “Tidur Ayam” Hingga Tidur Pulas

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
manfaat minyak argan untuk kecantikan

8 Manfaat Minyak Argan: Rahasia Cantik Gadis Timur Tengah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
gangguan tidur berat badan

Kenapa Gangguan Cemas Seringkali Berkaitan dengan Gangguan Tidur?

Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit