home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Jenis dan Efektivitas Aroma Terapi untuk Tidur, Serta Efek Sampingnya

Jenis dan Efektivitas Aroma Terapi untuk Tidur, Serta Efek Sampingnya

Tidur nyenyak membantu Anda beraktivitas dengan baik keesokan harinya. Ada banyak cara yang bisa anda coba agar tidur setiap malam bisa lebih nyenyak, misalnya dengan menggunakan aroma terapi. Namun, apakah manjur menggunakan aroma terapi untuk meningkatkan kualitas tidur? Yuk, cari tahu kebenarannya pada ulasan berikut ini.

Aroma terapi ampuh untuk tidur lebih nyenyak?

kualitas tidur

Aroma terapi adalah perawatan untuk memulihkan kembali kesehatan fisik maupun psikis dengan mengandalkan ekstrak dari tumbuhan alami. Teknik ini juga Anda kenal dengan terapi minyak esensial karena bahan utama yang digunakan adalah minyak esensial.

Nah, cara menggunakan minyak esensial untuk aroma terapi ada berbagai cara, yakni Anda hirup langsung dari botol, atau Anda ubah menjadi uap dengan bantuan diffuser. Selain itu, bisa juga Anda oleskan atau pijatkan ke kulit atau campur dengan air untuk berendam.

Salah satu potensi aroma terapi adalah membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak. Aroma dari minyak esensial dapat membantu meringankan pikiran dan merelaksasi otot tubuh yang tegang sehingga bisa mengurangi stres, kecemasan, dan rasa sakit yang sering mengganggu tidur.

Sebuah studi dalam Iranian Red Crescent Medical Journal melaporkan manfaat terapi minyak esensial untuk meningkatkan kualitas tidur pada ibu yang baru saja bersalin.

Sebanyak 158 ibu dibagi menjadi 2 kelompok; satu kelompok diminta untuk menggunakan minyak lavender di malam hari dan satunya tidak menggunakan wewangian. Selama delapan minggu, ibu yang menggunakan minyak lavender, dapat tidur lebih nyenyak.

Pilihan aroma terapi yang membantu tidur jadi lebih baik

manfaat minyak lavender

Di pasaran ada banyak minyak esensial yang dijual. Namun, untuk meningkatkan kualitas tidur ada beberapa minyak esensial yang direkomendasikan untuk aromaterapi, di antaranya:

  • Lavender oil. Kandungan minyak dari bunga yang berasal dari tanaman Lavandula angustifolia yang beraroma harum ini bisa menyegarkan udara sehingga membuat Anda dapat tidur dengan nyenyak.
  • Cedarwood oil. Minyak ini berasal dari kayu pohon cedar, yakni Cedrus atlantica dapat membantu Anda tidur lebih lama.
  • Bergamot oil Aroma terapi untuk tidur ini berasal dari buah yang mirip jeruk dengan nama latin Citrus bergamia. Minyak dari buah ini membantu menenangkan pikiran sehingga membuat Anda lebih mudah terlelap.
  • Valerian root oil. Banyak yang menyajikan minyak akar valerian ini sebagai bahan utama teh herbal untuk membantu tidur lebih cepat dan bangun lebih berenergi.
  • Chamomile oil. Studi menunjukkan bahwa penggunaan minyak esensial dari tanaman chamomile dapat mengurangi frekuensi lansia bangun di tengah malam. Perlu Anda ketahui bahwa lansia merupakan kelompok usia yang rentan mengalami gangguan tidur.

Meski ada banyak deretan aroma terapi yang bisa membantu Anda untuk tidur lebih baik, tidak semua memiliki efek yang sama. Beberapa jenis minyak esensial bisa menimbulkan efek sebaliknya, yakni membuat Anda jadi lebih waspada sehingga tidak cocok untuk Anda gunakan di malam hari.

Contoh minyak esensial yang bisa mengganggu tidur adalah minyak esensial dari kayu cendana, rosmary, atau ranting pohon jeruk pahit. Ketiga minyak esensial ini bisa meningkatkan kewaspadaan dengan menaikkan denyut jantung dan tekanan darah, serta laju pernapasan Anda.

Efek samping aroma terapi untuk tidur

dermatitis atopik eksim

Meski penelitian telah menunjukkan potensi minyak esensial untuk membantu tidur lebih nyenyak, tidak semua orang akan merasakan manfaatnya. Malah menyebabkan masalah setelah digunakan, salah satunya menimbulkan reaksi alergi.

Hal ini kemungkinan terjadi jika orang yang menggunakan metode ini memiliki alergi pada kandungan tertentu yang ada pada minyak esensial. Mungkin juga disebabkan oleh penggunaan minyak esensial yang tidak benar sebagai aromaterapi.

Perlu Anda ketahui bahwa minyak esensial sangat kuat sehingga tidak boleh Anda gunakan secara berlebihan. Saat Anda ingin memijat tubuh dengan minyak esensial, campurkan minyak pembawa seperti jojoba oil atau almond oil.

Bila aroma terapi tidak membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak, Anda bisa mencoba cara lain. Mulai dari menghindari kebiasaan yang mengganggu tidur atau melakukan terapi relaksasi sebelum tidur.

Namun, jika kesemua cara tersebut tidak berhasil, konsultasikan pada dokter mengenai kondisi Anda. Dokter akan membantu mencari penyebab sekaligus menentukan perawatan yang cocok.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Aromatherapy (essential oils therapy). (n.d.). Retrieved April 30, 2021, from https://www.uofmhealth.org/health-library/aa118637spec.

Aromatherapy: Do essential oils really work? (n.d.). Retrieved April 30, 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/aromatherapy-do-essential-oils-really-work.

Song, X., Peng, J., Jiang, W., Ye, M., & Jiang, L. (2021). Effects of aromatherapy on sleep disorders:a protocol for systematic review and meta-analysis. doi:10.37766/inplasy2021.4.0035.

Keshavarz Afshar, M., Behboodi Moghadam, Z., Taghizadeh, Z., Bekhradi, R., Montazeri, A. and Mokhtari, P. (2015). Lavender Fragrance Essential Oil and the Quality of Sleep in Postpartum WomenIranian Red Crescent Medical Journal, 17(4).

Essential oils that promote positive sleep health. (2021, February 08). Retrieved April 30, 2021, from https://www.sleep.org/best-essential-oils-good-nights-sleep/.

Adib-Hajbaghery, M., & Mousavi, S. N. (2017). The effects of chamomile extract on sleep quality among elderly people: A clinical trialComplementary therapies in medicine35, 109–114. https://doi.org/10.1016/j.ctim.2017.09.010.

 

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 30/11/2019
x