4 Manfaat Minyak Lavender untuk Rambut Lebih Indah dan Sehat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 1 April 2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Minyak esensial memang sering digunakan untuk pengobatan atau perawatan. Salah satu jenisnya adalah minyak lavender. Minyak ini berasal dari tanaman lavender yang sebelumnya dilakukan proses penyulingan dan dijadikan ekstrak. Selain untuk meringankan migrain atau menyegarkan udara, minyak lavender juga dikenal dalam perawatan rambut. Apa manfaat minyak lavender untuk rambut? Yuk, ketahui jawabannya dalam ulasan berikut.

Berbagai manfaat minyak lavender untuk rambut Anda

Sama seperti bagian tubuh lainnya, rambut juga membutuhkan banyak nutrisi. Bila Anda memiliki kondisi rambut yang buruk, ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Kekurangan nutrisi yang dibutuhkan rambut merupakan penyebab yang paling umum terjadi. Ketidakcocokan penggunaan produk dan teknik perawatan rambut yang salah juga bisa menyebabkan kondisi demikian. Selain itu, kondisi rambut yang buruk juga bisa dikaitkan dengan beberapa penyakit hingga stres.

Untuk mengatasi hal demikian, Anda bisa menggunakan minyak lavender pada rambut Anda sebagai bentuk perawatan. Berikut manfaat minyak lavender untuk rambut.

1. Mendukung pertumbuhan rambut

Minyak lavender memiliki khasiat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Dilansir dari Healthline, sebuah studi tahun 2006, menemukan bahwa minyak lavender yang dioleskan pada tikus membuat rambut pada tikus tersebut merangsang jumlah folikel rambut. Ini menyebabkan rambut tikus menjadi lebih lebat dengan waktu lebih cepat.

Penelitian kemudian dilanjutkan oleh beberapa dokter kulit di Skotlandia pada pasien alopecia (kebotakan). Alopecia adalah penyakit autoimun yang menyebabkan tubuh salah mengartikan pertumbuhan folikel rambut sebagai benda asing. Akibatnya, pertumbuhan rambut mereka menjadi terhenti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 44 persen pasien alopecia yang menggunakan minyak lavender sebagai perawatan mengalami pertumbuhan rambut baru. Mereka melakukan perawatan dengan memijat kulit kepala dengan minyak tersebut setiap hari selama tujuh bulan, seperti dikutip dari Live Strong.

2. Mencegah rambut rontok

Rambut rontok sering menjadi keluhan banyak orang. Bila tidak diatasi, kemungkinan rambut Anda akan semakin tipis. Selain membantu pertumbuhan rambut, minyak lavender juga bisa menghentikan kerontokan rambut. Aroma manis dan lembut yang dihasilkan dari minyak tersebut bisa menenangkan pikiran sekaligus mengendalikan ketegangan pada otot. Karenanya, stres maupun rasa gelisah yang menjadi penyebab rambut rontok pun berkurang.

3. Mengurangi peradangan kulit, bau apek, dan ketombe

Lavender memiliki khasiat antimikroba yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Khasiat tersebut dapat mengatasi ketombe pada kulit kepala. Ketombe yang dihasilkan sebum (minyak) berlebih ini membuat keadaan kulit kepala dan rambut juga berminyak. Dengan menggunakan minyak lavender akan membantu menyeimbangkan produksi sebum pada kulit kepala sehingga ketombe lebih mudah diatasi.

Selain itu, aroma yang dihasilkan oleh bunga lavender dapat membuat rambut menjadi lebih harum. Ini menghindari bau apek akibat jamur atau bakteri pada rambut atau kulit kepala. Kandungan antiradang pada minyak lavender bisa mempercepat proses penyembuhan iritasi atau luka pada kulit kepala akibat garukan kulit kepala yang gatal.

4. Membasmi kutu rambut

Sebuah penelitian di tahun 2011 menemukan bahwa minyak lavender membantu mencegah perkembangan kutu rambut sekaligus membunuh kutu tersebut. Hasilnya akan lebih maksimal bila minyak lavender dicampurkan dengan tea tree oil (minyak pohon teh).

Panduan menggunakan minyak lavender untuk rambut

Selain mengetahui manfaat minyak lavender yang melimpah, kandungannya juga cocok untuk semua jenis rambut. Namun, untuk menghindari adanya reaksi alergi yang tidak diinginkan, sebaiknya oleskan sedikit minyak tersebut pada area kulit Anda. Bila muncul rasa gatal atau ruam pada kulit, hentikan penggunaan minyak tersebut.

Manfaat minyak lavender akan didapat secara maksimal bila penggunaannya dilakukan dengan tepat. Berikut panduannya:

1. Bersihkan rambut Anda terlebih dahulu

Sebelum menggunakan minyak lavender, sebaiknya bersihkan rambut Anda terlebih dahulu, kemudian keringkan rambut Anda.

2. Tambahkan minyak lavender dengan produk perawatan rambut lainnya

Selain menggunakan minyak lavender, produk perawatan kulit lainnya yang mengandung lavender hydrolate juga bisa mendukung perawatan rambut yang Anda lakukan. Anda bisa mencampurkan setetes atau dua tetes minyak lavender dengan sampo atau kondisioner yang Anda gunakan.

3. Masker minyak lavender

Anda bisa mengencerkan minyak lavender dengan minyak lain, seperti jojoba oil atau minyak kelapa. Kemudian oleskan terlebih dahulu pada kulit kepala yang bermasalah lalu ratakan. Pijat kepala secara perlahan, tutup dengan handuk. Kemudian, diamkan selama 5-10 menit atau bisa seharian penuh ketika Anda memakainya di malam hari.

Selain digunakan dengan benar, perawatan ini juga harus dilakukan secara rutin. Misalnya masker dilakukan seminggu sekali selama 7 bulan. Selama proses penggunaan, jangan sampai mata Anda kena tetesan minyak lavender. Bila terjadi, segera bilas mata Anda dengan air bersih yang mengalir. Bila Anda mengalami iritasi akibat penggunaan minyak tersebut, segera periksa kondisi Anda ke dokter untuk mencegah keparahan dan mempercepat proses penyembuhan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Micellar water populer di kalangan makeup artist dan pencinta produk skincare. Namun, apakah produk ini aman dan bermanfaat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Fakta Mengagumkan Soal Lutut Manusia yang Tangguh Tapi Rawan Cedera

Lutut manusia bertugas untuk menopang aktivitas Anda sehari-hari. Yuk, cari tahu berbagai fakta menarik soal kesehatan lutut berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

BAB Sering Berdarah? Hati-hati, Bisa Jadi Tanda Kanker pada Saluran Cerna

Penyebab BAB berdarah bukan cuma ambeien alias wasir saja. Darah pada feses bisa jadi pertanda adanya kanker pada salah satu organ saluran cerna Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Kanker, Kanker Lambung 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Ragam Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan yang enak, gurih, dan lebih sehat. Simak beragam resep membuat bakwan yang mudah berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Resep Sehat, Nutrisi 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit



Direkomendasikan untuk Anda

penyakit dari tikus

Hati-hati! Ini 6 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Tikus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
keluar air mani

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
efek bleaching gigi

Efek Bleaching untuk Memutihkan Gigi, Adakah yang Perlu Diwaspadai?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
mie instan atau nasi

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit