3 Vitamin Penting yang Membantu Mengatasi Masalah Sulit Tidur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 17 Januari 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Insomnia adalah gangguan tidur yang bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari konsumsi kafein berlebihan, pengaruh obat-obatan, stres berat dan gangguan psikologis lainnya, hingga pola tidur yang berantakan dari awalnya. Ada banyak cara mengatasi insomnia. Salah satunya adalah dengan meningkatkan asupan beberapa vitamin penting. Apa saja itu?

Asupan vitamin terbaik sebagai cara mengatasi insomnia

1. Vitamin A

Vitamin A atau retinol adalah salah satu vitamin yang terkenal punya banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk mengatasi insomnia. Dikutip dari Livestrong, sebuah artikel yang diterbitkan dalam STKE Science edisi Februari 2006 mengatakan bahwa asam retinoat, bentuk aktif dari vitamin A, berperan penting dalam pengaturan beberapa fungsi otak, terutama yang bertugas mengatur sinyal tidur dan untuk ketajaman memori.

Vitamin A dapat diperoleh dari makanan yang kaya akan daging, telur, unggas dan produk susu. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin A yang bisa dibeli di toko obat atau apotek. Jangan mengonsumsi vitamin A secara berlebihan. Overdosis vitamin A dapat menyebabkan nyeri tulang, pusing, sakit kepala, dan kerusakan hati yang malah bisa membuat tidur makin tidak nyenyak.

2. Vitamin B-12

Vitamin B-12 adalah vitamin yang larut dalam air yang berperan penting dalam metabolisme dan pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, kehilangan keseimbangan, dan kelemahan fisik. 

Mencukupi kebutuhan vitamin B-12 bisa menjadi cara mengatasi insomnia yang patut Anda pertimbangkan. Pasalnya, kekurangan vitamin B-12 juga dapat menyebabkan masalah tidur nyenyak.

Sumber vitamin B-12 terbaik adalah telur, daging, kerang, unggas dan produk susu. Jika Anda memilih suplemen, dosis standar yang direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas tidur malam adala 1,5-3 mg setiap hari. Mendapatkan waktu tidur malam yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi, mood, dan kebugaran tubuh sepanjang hari.

3. Vitamin D

Selain vitamin A dan B-12, cara mengatasi insomnia lainnya adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin D. Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, kulit, juga gigi.

Dilansir dari Science Daily, sebuah studi yang dipresentasikan di European Congress of Endocrinology pada bulan April 2010 lalu melaporkan bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelelahan kronis dan sulit tidur pada pasien yang mengalami kerusakan otak.

Kekurangan vitamin D bisa dihindari dengan mengonsumsi produk susu, ikan dan tiram. Tubuh manusia juga dapat menghasilkan porsi besar vitamin D melalui paparan sinar matahari. Jika Anda termasuk orang yang jarang terpapar sinar matahari, boleh menggunakan suplemen vitamin D asal berkonsultasi dulu sebelumnya dengan dokter. Dosis yang berlebihan bisa menyebabkan batu ginjal, muntah dan nyeri otot.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Jenis Beras, Mana yang Paling Sehat?

Kita mungkin setiap hari makan nasi putih, tapi ada berbagai jenis berasa lain yang tersedia. Kira-kira beras jenis apa yang lebih sehat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Fakta Gizi, Nutrisi 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Waspada Bahaya Infeksi Telinga Akibat Pakai Earphone Saat Tidur

Banyak orang yang tak bisa lepas dari musik dalam hidupnya, bahkan sampai keterusan pakai earphone saat tidur. Tapi awas bahayanya bagi pendengaran Anda.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Kesehatan THT, Gangguan Telinga 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Tambal gigi digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada gigi. Berikut ini, merupakan jenis-jenis tambalan pada gigi dan proses pemasangannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Banyak orang yang mengonsumsi obat penambah tinggi badan yang dianggap bisa membuat mereka tinggi. Tapi, benarkah klain tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

alat reproduksi wanita

Mengenal Alat Reproduksi Wanita dan Fungsinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
manfaat kulit manggis

5 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
toxic people

Kenali 5 Ciri Utama “Toxic People”, Racun Dalam Persahabatan Anda

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
tuba falopi tersumbat, gejala tukak lambung

Waspadai Gejala yang Menandakan Anda Kena Tukak Lambung

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit