Berbagai Makanan yang Perlu Dikonsumsi Jika Anda Kurang Tidur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Kekurangan waktu tidur adalah kondisi yang tidak menguntungkan bagi tubuh, karena otak kekurangan waktu untuk beristirahat. Akibatnya, kita cenderung merasa lelah saat kurang tidur. Di samping penurunan performa aktivitas pada siang hari, kondisi mengantuk biasanya juga menyebabkan rasa lapar yang berlebih akibat peningkatan hormon ghrelin. Namun, memenuhi keinginan makan yang banyak saat mengantuk tidak akan membuat otak kita “fresh” kembali, malah terkadang dapat membuat mengantuk lebih parah.  

Beberapa pilihan makanan yang baik dikonsumsi saat sedang kurang tidur

Makanan dapat meningkatkan atau menurunkan energi, bergantung jumlah dan frekuensi konsumsi. Sering kali saat sedang mengantuk, kita mengonsumsi makanan lebih banyak makanan namun tidak dapat mencukupi kebutuhan energi. Berikut beberapa contoh makanan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan energi secara optimal saat Anda kekurangan waktu tidur:

1. Ikan dengan kandungan minyak tinggi

Pada umumnya, berbagai jenis ikan laut memiliki kandungan minyak yang tinggi, misalnya ikan salmon, tuna, dan sarden. Lemak tak jenuh dan protein yang bersumber dari berbagai ikan jenis ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan lebih bertenaga, sehingga dapat meminimalisir rasa lapar lebih baik dan mencegah Anda mengemil. Lemak tak jenuh juga membantu efisiensi kerja otak sehingga Anda tetap dapat berkonsentrasi dan menjaga kestabilan mood walaupun sedang merasa lelah.

2. Kacang-kacangan

Kandungan lemak tak jenuh pada kacang baik untuk menjaga rasa lapar berlebih dan dapat menjaga peningkatan hormon stress berlebih. Pemilihan konsumsi kacang tinggi lemak seperti kacang mede lebih baik, dibandingkan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan pemanis yang dapat memicu kenaikan kadar gula darah.

3. Makanan bersumber gandum utuh

Gandum utuh atau whole-grain seperti pada oatmeal dan roti gandum membantu untuk menahan kita memakan makanan lebih banyak saat merasa lelah. Jenis makanan ini tidak hanya mengandung banyak serat, tetapi juga karbohidrat kompleks yang dapat menghasilkan energi lebih banyak, dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh, serta dapat mencegah peningkatan kadar glukosa berlebih di dalam tubuh.

4. Telur

Salah satu dampak dari kondisi mengantuk adalah tekanan pada sel otot, namun hal ini dapat dikurangi dengan asupan asam lemak seperti EPA dan DHA yang terdapat di dalam putih telur. Senyawa asam lemak ini juga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dengan mencegah peningkatan tekanan darah.

5. Buah mangga

Salah satu efek mengantuk adalah keinginan untuk memakan makanan manis. Konsumsi buah manga dapat mengatasi kondisi ini karena mangga mengandung banyak gula alami yang lebih baik untuk mengatur kadar energi tubuh dibandingkan gula tambahan pada makanan.

6. Buah blueberry

Salah satu kandungan buah blueberry adalah senyawa antioksidan yang dapat menguatkan imun tubuh. Dengan mengonsumsi blueberry kita dapat meminimalisir terjadinya infeksi penyakit akibat penurunan imunitas saat tubuh kekurangan waktu untuk beristirahat. Buah blueberry juga berkhasiat untuk menyeimbangkan kadar gula darah sehingga kita tidak menjadi mudah lapar.

Saat kekurangan waktu tidur, batasi konsumsi kafein

Jika Anda masih merasa mengantuk, kemungkinan Anda akan mengonsumsi kopi. Namun, tahukah Anda bahwa kafein yang terlalu tinggi akan menyebabkan Anda insomnia? Akibatnya, waktu tidur di malam hari berkurang dan kemungkinan Anda akan mengalami rasa mengantuk kembali pada keesokan harinya. Salah satu alternatif untuk mengganti kopi adalah konsumsi teh hijau karena memiliki kandungan kafein yang dilepas secara bertahap. Teh hijau juga memiliki efek relaksasi sehingga mengurangi kadar hormon stress dan membantu Anda lebih baik untuk berkonsentrasi.

Hal ini juga berlaku pada kafein yang berasal dari minuman energi. Di samping kafein yang tinggi, minuman berenergi juga memiliki kandungan gula yang tinggi. Efek kesegaran instan ini tidak akan bertahan lama jika Anda benar-benar mengalami kelelahan. Oleh karena itu, istirahat sebentar lebih efektif dibandingkan mengkonsumsi minuman energi.

Sertai konsumsi makanan dengan kecukupan air minum

Kondisi dehidrasi dapat membuat rasa kelelahan yang lebih parah saat Anda mengantuk. Dengan memenuhi kecukupan air minum, ini dapat membantu tubuh menjaga cadangan energi dan meningkatkan kemampuan berkonsentrasi Anda. Air juga sangat dibutuhkan untuk dapat aktif bergerak meskipun Anda sedang lelah.

BACA JUGA:

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Jenis Beras, Mana yang Paling Sehat?

Kita mungkin setiap hari makan nasi putih, tapi ada berbagai jenis berasa lain yang tersedia. Kira-kira beras jenis apa yang lebih sehat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Fakta Gizi, Nutrisi 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

3 Penyebab Berat Badan Anda Naik Setelah Diet

Jangan keburu girang setelah berat badan kembali ideal. Masih ada kemungkinan berat Anda mendadak naik lagi karena tiga penyebab berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 25 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Keduanya sama-sama karbohidrat, tapi apakah benar nasi lebih baik dari mie? Cari tahu lebih lanjut sebelum menentukan pilihan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Fakta Gizi, Nutrisi 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Berapa Kalori yang Diperlukan Jika Ingin Menambah Berat Badan?

Menambah berat badan ternyata tidak mudah. Salah satu syarat agar berat badan naik adalah menambahkan kalori. Lalu berapa banyak kalori yang diperlukan?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Tips Berat Badan Turun 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

panduan memilih makanan untuk gastroparesis

7 Panduan Memilih Makanan untuk Penderita Gastroparesis

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
akupresur untuk insomnia

Sering Insomnia? Ini 4 Titik Akupresur Agar Tidur Lebih Nyenyak

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu Lestari
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat goji berry

5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan, Termasuk untuk Diet

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
penyebab orang mengigau

Mengapa Ada Orang yang Suka Mengigau Saat Tidur?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit