Ini Alasannya Kenapa Banyak Orang Tidur Mangap

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tidak sedikit orang yang punya kebiasaan tidur mangap. Ya, tidur mangap adalah kebiasaan mulut terbuka selama tidur dan tidak disadari sama sekali. Jika tidur di tempat umum atau bukan di rumah, tidur mangap bisa menjadi kebiasaan yang memalukan. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan seseorang punya kebiasaan tidur mangap?

Berbagai penyebab tidur mangap

Seseorang yang memiliki kebiasaan tidur mangap bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun pada kebanyakan kasus tidur mangap diakibatkan oleh kebiasaan bernapas melalui mulut selama tidur. Berikut adalah beberapa alasan mengapa seseorang memiliki kebiasaan tidur mangap:

  • Alergi terhadap sesuatu hal. Ketika seseorang mengalami alergi, maka orang tersebut akan mengalami gangguan pernapasan. Pada keadaan normal, Anda memang bernapas melalui hidung, tetapi saat alergi datang maka saluran hidung untuk bernapas akan mengalami gangguan. Untuk menghindari kekurangan oksigen maka tubuh akan secara otomatis membuka mulutnya agar udara masuk ke dalam tubuh.
  • Mempunyai kebiasaan mengisap jari. Kebiasaan buruk mengisap jari biasanya dilakukan oleh anak-anak, karena sudah terbiasa sejak ia kecil. Mengisap jari ketika tidur juga akan berpeluang untuk menimbulkan masalah pernapasan saat tidur.
  • Memiliki amandel yang berukuran besar. Amandel atau tonsil akan menjadi sumber masalah jika ukurannya terlalu besar sehingga menyumbat saluran pernapasan. Ketika seseorang memiliki amandel atau tonsil yang besar, maka orang tersebut tidak akan mendapatkan udara yang cukup jika melakukan pernapasan melalui hidung, karena itu secara tidak sadar ia membuka mulutnya untuk mendapatkan udara.
  • Hidung tersumbat. Apabila Anda mengalami pilek, maka saluran hidung akan tersumbat dan membuat udara yang masuk tidak maksimal sesuai dengan kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhan udaranya, mulut akan terbuka dan kemudian bernapas melalui mulut.

Efek buruk dari kebiasaan tidur mangap

Ternyata, kebiasaan tidur mangap atau bernapas melalui mulut selama tidur bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Apa saja dampak buruknya?

1. Mendengkur saat tidur

Walaupun mendengkur adalah hal yang sering terjadi dan dianggap wajar, tetapi mendengkur saat tidur dapat mengganggu orang-orang yang ada di sekitar Anda. Saat mulut terbuka, maka udara akan keluar masuk melalui mulut melewati lidah dan langit-langit mulut. Udara yang masuk membuat lidah dan langit-langit bergetar dan getaran tersebut akhirnya menimbulkan suara dengkuran.

2. Dapat memicu asma

Kebiasaan tidur mangap dapat memperburuk gejala asma. Hal ini terjadi terutama karena udara yang Anda hirup tidak disaring oleh bulu-bulu halus – yang harusnya terjadi di dalam lubang hidung – sehingga menyebabkan udara yang masuk masih mengandung alergen dan kotoran lainnya. Udara kotor ini akan langsung masuk ke dalam paru-paru kemudian memperparah penyakit asma yang dialami.

3. Meningkatkan bau mulut dan karies gigi

Udara kotor yang masuk ke dalam mulut – tidak tersaring oleh bulu hidung – membuat bakteri dengan mudahnya tumbuh di dalam mulut. Kondisi ini mengakibatkan mulut menjadi penuh dengan bakteri dan menimbulkan bau yang tidak sedap dari mulut. Bakteri yang tumbuh di dalam mulut tersebut juga menyebabkan gigi menjadi keropos dan timbul karies gigi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Fungsi Testis, Anatomi, dan Risiko Penyakit yang Menyertainya

Fungsi testis sangat penting sebagai salah satu bagian organ reproduksi pria. Kenali anatomi testis normal dan risiko penyakit yang menyertai berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Semua Hal yang Penting Diperhatikan Pasca Operasi Usus Buntu

Pasca operasi usus buntu Anda tidak dianjurkan kembali beraktivitas. Anda juga perlu menghindari beberapa pantangan setelah operasi usus buntu.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Pencernaan, Radang Usus Buntu 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah yang Sayang Dilewatkan

Anda pasti sudah akrab dengan manfaat daun sirih untuk hentikan mimisan. Meski begitu, masih ada banyak lagi khasiat daun sirih untuk kesehatan. Penasaran?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

11 Cara Jitu Mengusir Rasa Sedih dan Galau Dalam Hati

Ternyata menonton film sedih bukan cuma membuat kita menangis, tapi ada juga manfaat lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara tahan lama

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
hidung meler

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
urat menonjol pada orang muda

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
pertolongan pertama keracunan makanan

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit