home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

8 Cara Agar Bisa Cepat Tidur Saat Sedang Merasa Gelisah

8 Cara Agar Bisa Cepat Tidur Saat Sedang Merasa Gelisah

Saat beranjak tidur, perasaan seperti sedih, marah, kesal, dan gelisah bisa membuat Anda yang awalnya mengantuk dan ingin tidur menjadi terjaga sepanjang malam. Jika sering tidak bisa tidur nyenyak akibat perasaan gelisah yang mengganggu, jangan khawatir karena ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Nah, apa saja sih cara cepat tidur saat gelisah? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Cara agar cepat tidur saat merasa gelisah

manfaat psikologis puasa

Saat merasa gelisah, rasanya otak tidak bisa tenang dan berbagai pikiran aneh bermunculan. Alih-alih pergi tidur, Anda justru hanya berganti-ganti posisi sepanjang tetapi tak tidur sama sekali.

Jika tidak segera diatasi, Anda bisa jadi mengalami kurang tidur yang dapat menyebabkan berbagai gangguan tidur dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, ikuti cara agar bisa cepat tidur saat gelisah berikut ini:

1. Mencari kegiatan yang dapat menenangkan pikiran

mencegah neuropati berpikir positif negatif demensia

Jika Anda gelisah dan tidak bisa tidur, hindari kasur dan kamar tidur terlebih dahulu. Jangan memaksakan diri untuk berbaring di atas tempat tidur karena cara tersebut tidak akan membuat Anda tertidur.

Lebih baik, lakukan kegiatan yang dapat membuat Anda lebih tenang hingga rasa kantuk datang sendiri. Sebagai contoh bermeditasi, melakukan peregangan sebelum tidur, atau membaca buku.

Jika pikiran sudah mulai tenang dan rasa kantuk telah datang, barulah kembali masuk ke dalam kamar dan mulai mencoba tidur kembali. Biasanya, cara ini ampuh agar Anda bisa tidur cepat saat merasa gelisah.

2. Membuat jadwal tidur

tidak cukup tidur

Memiliki jadwal tidur teratur setiap hari dapat membantu tubuh memahami kapan waktunya Anda tidur dan bangun pada keesokan paginya. Hal ini menandakan tubuh telah menyesuaikan diri dengan ritme sirkadian.

Dengan begitu, saat memasuki jam tidur, tubuh akan menerima sinyal bahwa sudah waktunya Anda tidur. Hal ini tentu bisa membantu Anda tidur lebih cepat dan sesuai jadwal meski sedang merasa gelisah.

Namun, pastikan saat sedang membuat jadwal tidur, Anda sudah tidur cukup setiap harinya. Setidaknya, orang dewasa membutuhkan 7-8 jam tidur setiap malam.

3. Mengubah tata letak perabot di kamar

menginap di hotel selama pandemi

Menurut The American Institute of Stress, salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar cepat tidur saat merasa gelisah adalah melakukan perubahan tata letak perabot di kamar tidur.

Mungkin saja Anda merasa bosan dan suntuk dengan suasana kamar, sehingga setiap pergi tidur rasanya tak nyaman. Perubahan atau makeover kamar tidur yang Anda lakukan ini mungkin saja memberikan rasa nyaman.

Semakin nyaman kamar tidur, Anda akan semakin cepat untuk tidur pada malam hari. Jika perlu, keluarkan perabot atau benda yang membuat kamar terlihat lebih sempit dan berantakan.

4. Menjaga suhu kamar tetap nyaman

penataan kamar

Upayakan untuk menjaga suhu kamar tidur Anda tetap nyaman jika ingin tidur cepat meski sedang merasa gelisah. Suasana kamar yang dingin, gelap, dan sunyi ternyata dapat membantu Anda agar cepat terlelap.

Oleh sebab itu, saat tidur, matikan semua lampu yang mungkin dapat mengganggu, termasuk lampu pada jam meja atau berbagai gadget atau perabot yang memiliki lampu khusus. Semakin gelap dan tenang kamar Anda, semakin cepat Anda tidur.

Namun, jika merasa takut atau belum terbiasa tidur dalam kondisi gelap, Anda bisa menggunakan lampu tidur dengan cahaya yang sangat redup. Setelah terbiasa, baru cobalah untuk tidur tanpa lampu sama sekali.

5. Mengurangi konsumsi kafein

minum kopi bikin perut kembung

Bagi penggemar setia kopi dan minuman yang mengandung kafein lainnya, Anda mungkin perlu sedikit mengurangi asupan kafein harian jika ingin cepat tidur pada malam hari. Pasalnya, kafein termasuk salah satu stimulan yang dapat membuat Anda terjaga dan tidak bisa tidur.

Bahkan, stimulan yang satu ini juga dapat memperparah rasa cemas yang Anda miliki. Alhasil, bukannya cepat tidur, Anda justru akan semakin sulit tidur pada malam hari karena merasa gelisah.

Oleh sebab itu, hindari mengonsumsi kafein menjelang tidur. Tak hanya kafein, berbagai stimulan lain seperti rokok dan alkohol juga berpotensi membuat Anda mengalami insomnia hingga kurang tidur.

6. Melakukan aktivitas fisik secara rutin

mengatur jadwal olahraga

Ternyata, rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya dapat membantu memperbaiki suasana hati serta meningkatkan kualitas tidur Anda pada malam hari.

Hal ini mungkin menjadi salah satu cara cepat yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa gelisah saat hendak tidur. Alhasil, Anda bisa tidur lebih nyenyak tanpa gangguan.

Untuk rutin berolahraga, Anda tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang berat. Aktivitas fisik seperti menari, membersihkan rumah, berolahraga online dari rumah, atau berjalan-jalan santai juga bisa menjadi pilihan.

7. Mengeluarkan jam dari kamar tidur

penyebab insomnia penyebab tidak bisa tidur, penyebab susah tidur

Jika Anda terbiasa meletakkan jam dalam kamar tidur, sebaiknya keluarkan jam tersebut, baik jam meja maupun jam dinding, terlebih dahulu. Suara detak jarum jam biasanya justru memperparah rasa gelisah pada malam hari.

Alhasil, bukannya tidur dengan cepat, Anda justru tidak bisa tidur setiap kali mendengarnya. Oleh sebab itu, biasakan untuk tidak meletakkan jam dalam kamar tidur.

Apabila memang harus memeriksa waktu dengan melihat jam, Anda bisa melihatnya dari ponsel. Namun, akan lebih baik jika Anda tidak melihat jam sama sekali. Masalahnya, jika terus-menerus melihat jam, Anda akan semakin gelisah dan sulit tidur.

8. Melakukan teknik relaksasi

ablutophobia adalah

Cara lain agar tubuh bisa lebih rileks sehingga Anda bisa mengatasi gelisah dan bisa cepat tidur adalah melakukan teknik relaksasi sebelum tidur. Anda bisa melakukannya dengan cara berikut:

  • Mandi dengan air hangat beberapa saat sebelum pergi tidur.
  • Mendengarkan musik yang menenangkan pikiran sambil bersiap tidur.
  • Melakukan latihan pernapasan atau meditasi tepat sebelum tidur.

Melakukan rutinitas tersebut sambil menerapkan jadwal tidur teratur setiap harinya dapat membantu Anda untuk lebih tenang menjelang tidur.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

13 tips on getting the sleep you need for good mental health. Retrieved 30 April 2021, from https://www.anxiety.org/sleep-a-fundamental-cure-for-anxiety

Anxiety and sleep. Retrieved 30 April 2021, from https://www.sleepfoundation.org/mental-health/anxiety-and-sleep

Get rid of sleep anxiety and insomnia: your guide to a better night’s rest. Retrieved 30 April 2021, from https://www.stress.org/get-rid-of-sleep-anxiety-and-insomnia-your-guide-to-a-better-nights-rest

Sleep Anxiety: Tips to Manage Anxiety and Improve Sleep. Retrieved 30 April 2021, from https://sleepcouncil.org.uk/sleep-anxiety-tips-to-manage-anxiety-and-improve-sleep/

Foto Penulis
Ditulis oleh Annisa Hapsari pada 4 minggu lalu
x