9 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Flu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 September 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Flu atau influenza adalah penyakit yang tidak boleh dianggap remeh. Meski gejalanya terlihat ringan, seperti batuk dan pilek, penyakit ini berisiko menimbulkan masalah kesehatan lain yang lebih parah. Penyakit ini memang belum ada pengobatan khusus untuk penyembuhannya, tetapi Anda bisa mempercepat pemulihan dengan memilih menu makanan yang bergizi. Penasaran apa saja makanan yang dianjurkan untuk penderita flu? Simak terus artikel berikut ini!

Daftar makanan yang direkomendasikan untuk penderita flu

Umumnya, tubuh akan membentuk antibodi sebagai sistem kekebalan ketika terserang virus. Namun, beda cerita dengan virus influezna.

Virus flu terus bermutasi dengan sedikit perubahan dalam struktur DNA mereka. Akibatnya, mustahil bagi tubuh kita untuk menciptakan kekebalan terhadap virus ini.

Meski begitu, Anda bisa mempercepat penyembuhan dan membantu tubuh mengusir virus dengan makan makanan yang sehat. Mari kita lihat beberapa makanan untuk flu berikut ini!

1. Sayur sop

Menu ini sudah bertahan dalam waktu yang lama sebagai pengobatan flu klasik untuk alasan yang baik. Kuah yang panas akan memiliki efek yang menguntungkan yang sama seperti air putih dan teh panas.

Selain itu, kaldu ayam yang berada di dalamnya memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh yang dapat membantu meredakan pembengkakan yang terjadi pada hidung dan bagian sinus. Sayuran yang ditambahkan pada kuah kaldu ayam ini juga penuh dengan antioksidan dan fitokimia yang dapat membantu mempercepat pemulihan.

2. Bawang putih

bawang putih untuk obat batuk berdahak

Salah satu bahan makanan yang dikenal memiliki kekuatan besar dalam komunitas kesehatan adalah bawang putih. Bawang putih merupakan bahan makanan untuk flu yang penuh dengan antioksidan.

Antioksidan ini menjadikan bawang putih sebagai agen antibakteri dan antivirus yang kuat dan dapat mempercepat proses penyembuhan pada individu yang menderita flu.

Menurut sebuah artikel dari Cochrane, bawang putih juga diyakini mengandung agen antimikrobial dan antivirus yang bermanfaat untuk meredakan gejala-gejala flu.

Bawang putih yang pedas dan beraroma mungkin tidak memiliki rasa yang begitu enak. Namun, bumbu dapur ini memiliki kekuatan untuk melawan serangan bakteri dan kuman, serta mengurangi rasa sakit akibat hidung tersumbat.

3. Pisang

manfaat pisang

Ketika Anda mulai pulih, jangan langsung memutuskan untuk banyak makan makanan padat. Hari-hari sebelumnya, Anda lebih banyak mengonsumsi makanan yang sebagian besar mengandung banyak cairan. Perlu ada masa transisi sebelum Anda benar-benar kembali ke kebiasaan waktu sehat.

Makanan yang memudahkan transisi kembali ke kebiasaan makan normal, seperti pisang, akan memungkinkan perut Anda melakukan penyesuaian tanpa merasa mual atau kembung. Pisang juga memiliki banyak kalium yang dapat membantu meringankan nyeri otot dan kram, dan gejala flu biasa (common cold).

4. Jus sayur

jus sayur yang sehat makanan untuk flu

Cara lain untuk tetap terhidrasi adalah untuk mengonsumsi jus sayur segar. Tidak seperti jus buah, jus sayur umumnya rendah gula. Ini juga jadi salah satu menu makanan untuk flu yang memiliki banyak antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan membentuknya menjadi jus, segala jenis sayuran ini akan lebih mudah dikonsumsi, terutama jika sedang tidak nafsu makan.

5. Ayam atau kalkun

menyimpan ayam di kulkas

Unggas merupakan sumber protein yang sehat dan baik untuk mencukupi kebutuhan Anda saat tubuh sedang pada kondisi lemah. Makan makanan berprotein saat flu dapat memberikan tubuh Anda asupan energi yang diperlukan untuk melawan penyakit.

Meskipun tubuh sangat tangguh dan dapat menghadapi sebagian besar penyakit tanpa bantuan, dorongan dari protein dapat memberikan energi pada sistem kekebalan tubuh, membantu mempercepat pemulihan, serta mencegah flu datang kembali.

6. Rempah-rempah

menjaga kesehatan otak makanan untuk flu

Rempah-rempah seperti kunyit, cengkeh, dan kayu manis yang dikemas dengan antioksidan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda disarankan untuk mengonsumsi satu sendok teh rempah-rempah setiap hari untuk membantu menangkal flu.

Anda dapat mencoba untuk mencampur beberapa kayu manis ke dalam oatmeal pagi. Jika Anda telah merasa bahwa flu telah menyerang Anda, Anda bisa membuat makanan untuk flu untuk membantu mengeluarkan keringat demam dari campuran beberapa rempah. Cobalah mencampur ½ sendok teh kayu manis dan ½ sendok teh ketumbar ke dalam air mendidih untuk membuat teh. Anda juga bisa menambahkan ¼ sendok teh jahe bubuk untuk membantu menurunkan suhu tubuh Anda ketika demam.

7. Makanan pedas

jangan makan pedas saat sahur

Saat flu, Anda mungkin tak berselera karena lidah Anda rasanya tak bisa merasakan rasa masakan. Nah, masakan pedas bisa membantu memberikan potensi rasa yang lebih besar dari makanan yang terasa hambar.

Anda dapat menambahkan cabai rawit pada sup, teh, dan makanan lain. Anda bisa juga menikmati sayuran pedas, kari ayam, atau hidangan tumis yang pedas untuk mengurangi hidung mampet yang berhubungan dengan flu. 

Namun, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan untuk flu ini. Jangan sampai Anda memakan cabai terlalu banyak dan justru berisiko membuat Anda mengalami gangguan pencernaan.

8. Yogurt

yogurt makananuntuk flu

Yogurt juga bisa menjadi makanan pilihan untuk mengatasi flu. Tidak hanya mengandung bakteri baik, yogurt juga merupakan sumber protein tinggi.

Sebuah studi pada tahun 2011 dalam jurnal International Immunopharmacology menyebutkan bahwa kandungan yogurt dapat membantu melawan virus flu pada tikus. Namun, tentunya efek yogurt pada virus flu di tubuh manusia masih perlu diteliti lebih lanjut.

9. Sayur dan buah yang kaya akan vitamin C

vitamin c makanan untuk flu

Sudah bukan rahasia lagi kalau vitamin C memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk membantu mengatasi gejala-gejala flu.

Manfaat vitamin C untuk penderita flu sendiri adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh dapat melawan virus flu dengan baik dan pulih lebih cepat.

Nah, itu dia pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu mengurangi gejala-gejala flu. Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, Anda juga bisa minum obat flu apabila gejala yang muncul cukup mengganggu. Berkonsultasilah ke dokter apabila gejala yang Anda rasakan tak kunjung membaik meski telah minum obat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Vaksin MMR: Manfaat, Jadwal, dan Efek Samping

MMR adalah singkatan dari tiga macam penyakit infeksi fatal yang paling rentan menyerang anak-anak di tahun pertama kehidupannya. Kapan harus vaksin MMR?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit

Mengenal Berbagai Efek Samping Imunisasi: Bahaya Atau Tidak?

Jangan sampai berbagai efek samping imunisasi (vaksin) bikin Anda takut apalagi ragu diimunisasi. Pelajari dulu seluk-beluknya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit

11 Prinsip Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sehari-hari

Banyak kebiasaan sehari-hari yang tanpa Anda sadari dapat berdampak negatif pada kesehatan mulut dan gigi. Begini cara mengakalinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 16 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Pilihan Obat Sakit Gigi Antibiotik dan Apotek yang Ampuh untuk Anda

Obat apa yang Anda andalkan ketika sakit gigi menyerang? Berikut adalah obat sakit gigi paling ampuh yang bisa dijadikan pilihan!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 16 Oktober 2020 . Waktu baca 13 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bikin kopi yang sehat

6 Cara Praktis Membuat Kopi Anda Lebih Sehat dan Nikmat

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
daging ayam belum matang

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
perlukah lansia minum susu

Apakah Lansia Masih Perlu Minum Susu? Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
bahaya makanan asin

Kenapa Kita Tak Boleh Terlalu Banyak Makan Makanan Asin?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit