backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

6 Macam Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Terserang Flu

Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri · General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Shylma Na'imah · Tanggal diperbarui 23/09/2021

    6 Macam Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Terserang Flu

    Saat terkena flu, berbagai gejala seperti hidung meler dan sakit kepala tentu menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada banyak langkah sederhana untuk mengatasi flu secara alami, salah satunya dengan rutin makan buah. Untuk tahu apa saja jenis buah yang sebaiknya dikonsumsi saat terserang flu, berikut penjelasannya.

    6 pilihan buah untuk membantu mengatasi flu

    Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Ketika Anda terserang flu, gejala-gejala seperti bersin, hidung tersumbat, dan sakit kepala dapat mengganggu aktivitas Anda.

    Oleh karena itu, saat sedang kena flu, sebaiknya Anda memperbanyak waktu beristirahat di rumah untuk mempercepat pemulihan. Selain dengan beristirahat yang cukup, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, termasuk buah-buahan.

    Kira-kira, apa saja jenis buah yang ampuh membantu mengurangi gejala flu? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

    1. Buah-buahan sitrus

    manfaat jeruk mandarin

    Untuk membantu melawan infeksi virus, dibutuhkan buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Nah, buah-buahan sitrus tergolong sebagai sumber kandungan vitamin C yang baik.

    Buah dengan vitamin C bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus flu secara maksimal. Sifat antioksidan dalam vitamin C juga membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Tak hanya itu, vitamin C juga diyakini berpotensi mengurangi keparahan gejala serta menurunkan risiko komplikasi akibat flu.

    Beberapa buah yang termasuk dalam jenis sitrus adalah jeruk, lemon, jeruk nipis, dan grapefruit. Kandungan vitamin C di dalam buah-buahan tersebut tidak perlu diragukan lagi khasiatnya, termasuk untuk mengatasi flu.

    Anda bisa menikmati buah-buahan sitrus dengan cara dimakan langsung, diolah menjadi jus, atau diseduh dengan air hangat dan madu.

    2. Buah-buahan beri

    Selain dari golongan sitrus, buah-buahan beri seperti stroberi, rasberi, dan blueberry juga direkomendasikan untuk membantu mengurangi gejala flu.

    Buah beri mengandung antioksidan yang sangat tinggi, seperti anthocyanin dan resveratrol. Antioksidan tersebut yang membantu memelihara kesehatan sel-sel tubuh, terutama saat sedang terserang penyakit.

    Ditambah lagi, buah beri memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Inflamasi alias peradangan adalah salah satu reaksi tubuh saat terkena infeksi.

    Namun, inflamasi yang berlebihan, terutama saat sedang terserang flu, berpotensi memicu sepsis. Sepsis adalah salah satu komplikasi flu yang berisiko membahayakan nyawa.

    Dengan rutin mengonsumsi buah-buahan bersifat anti-inflamasi seperti beri, Anda akan terhindar dari risiko komplikasi flu.

    3. Nanas

    buah nanas termasuk tinggi gula

    Buah selanjutnya yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat terkena flu adalah nanas. Di dalam buah nanas, terkandung enzim bromelain yang berpotensi meredakan peradangan akibat infeksi virus.

    Tak hanya itu, bromelain juga memiliki khasiat mengencerkan dahak yang menumpuk di tenggorokan dan saluran pernapasan.

    Untuk Anda yang terserang flu dan mengalami gejala batuk berdahak serta hidung meler, makan buah nanas bisa menjadi solusi terbaik.

    4. Apel

    Apel adalah buah yang kaya akan beraneka macam vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh.

    Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam apel menjadikannya sebagai salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi saat terserang flu.

    Di dalam buah apel, terdapat berbagai macam jenis antioksidan, seperti quercetin, catechin, phloridzin, dan asam klorogenat.

    Apel yang belum dikupas dan masih segar menawarkan kandungan nutrisi terbaik untuk tubuh Anda, terutama jika Anda sedang terkena flu.

    5. Pisang

    apa itu diet BRAT, gambar pisang

    Buah berikutnya yang wajib dikonsumsi untuk penderita flu adalah pisang. Ya, buah berwarna kuning ini juga memberikan banyak manfaat untuk Anda yang sedang terkena flu.

    Pisang terkenal sebagai buah yang tinggi akan kalium. Nah, kalium sendiri dipercaya dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan tulang, yaitu gejala yang sering ditemukan pada penyakit flu.

    Ditambah lagi, kandungan antioksidan dalam pisang juga berpotensi meningkatkan sistem imun tubuh pada pasien yang mengalami gangguan pernapasan.

    6. Kelapa

    Buah kelapa, terutama air yang terdapat di dalamnya, memang terasa sangat menyegarkan. Selain rasanya yang segar, buah kelapa juga memberikan manfaat untuk pasien penderita flu dan pilek.

    Ketika Anda sedang sakit, mendapatkan asupan cairan yang cukup sangatlah penting, terlebih jika Anda sedang terkena flu.

    Menurut CDC, flu rentan menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi. Bahkan, dalam kasus yang serius, dehidrasi parah harus ditangani di rumah sakit.

    Untuk mencegah dehidrasi, diperlukan asupan cairan yang banyak selama masa pemulihan. Nah, air kelapa adalah pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan cairan saat terkena flu.

    Kandungan di dalam air kelapa membantu menyeimbangkan kadar elektrolit di dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya dehidrasi.

    Itulah 6 pilihan buah yang direkomendasikan untuk pasien yang terkena flu. Selain rajin makan buah, pastikan Anda juga minum obat flu untuk membantu mengurangi gejala.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Tania Savitri

    General Practitioner · Integrated Therapeutic


    Ditulis oleh Shylma Na'imah · Tanggal diperbarui 23/09/2021

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan