Tips Bernapas Lebih Lega Saat Sedang Flu

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/03/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Ketika terserang flu, Anda mungkin akan merasakan demam, menggigil, batuk, sakit tenggorokan, hidung berair atau tersumbat, nyeri sendi, sakit kepala, dan merasa lemas. Dari semua gejala flu yang muncul, bisa jadi susah bernapaslah yang paling menyebalkan.

Demam, rasa linu, serta lemas mungkin dapat Anda hilangkan sementara dengan membawanya tidur. Namun, apabila hidung Anda terus berair, tersumbat sampai membuat Anda susah bernapas, tidur akan menjadi tugas kegiatan yang sangat berat.

Lantas, bagaimana caranya agar Anda bisa bernapas lebih lega saat terserang flu?

Tips bernapas lebih lega saat terserang flu

1. Mandi air hangat

Saat terserang flu, sinus Anda akan penuh dengan lendir sehingga membuat Anda kesulitan bernapas. Daripada terus-terusan berusaha keras untuk membuang ingus, sebaiknya Anda mandi air hangat sehingga uap panasnya dapat membantu mengeluarkan lendir yang terkumpul dan melegakan hidung Anda.

Jika belum saatnya mandi atau tak sanggup, Anda bisa menampung air panas di dalam bak mandi sehingga uapnya memenuhi kamar mandi. Alternatif lain, Anda dapat menampung air panas pada baskom dan meletakan kepala Anda untuk menangkap uap panas.

2. Makan makanan hangat

Cobalah untuk makan sesuatu yang hangat, seperti sup. Prinsip ini sebenarnya mirip dengan mandi air hangat. Uap panas makanan yang Anda makan dapat melegakan saluran hidung Anda dan menghilangkan lendir yang terkumpul. Sebuah studi menyatakan bahwa makan sup dapat mengurangi pembengkakan pada saluran pernapasa atas, yang biasanya terjadi pada orang yang terserang flu.

Menyeruput minuman hangat seperti teh juga dapat membantu. Minum teh hangat dapat membantu melegakan tenggorokan yang mungkin sakit karena gejala flu serta melegakan pernapasan Anda. para peneliti dari Cardiff University menemukan bahwa minum minuman hangat dapat melegakan pernapas Anda dengan cepat.

Hal ini juga dapat membantu Anda meringankan batuk serta bersin yang Anda alami. Selain itu, dengan banyak mengonsumsi minuman atau makanan berkuah yang hangat, Anda sekaligus menjaga asupan cairan dalam tubuh Anda yang berguna untuk melawan infeksi.

3. Melembapkan udara

Sekarang ini sudah banyak alat pelembap udara ruangan. Jika memilikinya, Anda dapat memanfaatkan alat ini sebagai salah satu cara melegakan hidung Anda yang tersumbat karena flu. Flu dan pilek bisa membuat saluran pernapasan atas Anda menjadi kering.

Itu sebabnya, kelembapan udara akan membantu Anda bernapas lebih mudah. Apalagi, sebuah studi menunjukkan bahwa menjaga kelembapan udara di atas 40 persen dapat membantu Anda terhindar dari risiko flu.

Saat terserang flu, Anda mungkin saja terpaksa bernapas dari mulut saat tidur secara otomatis. Bernapas dari mulut membuat mulut Anda terbuka sehingga berisiko menyebabkan mulut kering bahkan terasa sakit atau tenggorokan gatal.

Ketika menggunakan pelembap udara, hal ini akan menghindarkan Anda dari mulut kering. Akan tetapi, pastikan bahwa alat pelembap udara yang Anda miliki dibersihkan secara berkala sehingga tidak memicu pertumbuhan jamur.

4. Tidur dengan bantal tambahan

Posisi kepala saat tidur dapat membantu Anda bernapas lebih lega saat flu. Ketika terserang flu, Anda mungkin saja sulit terlelap karena sibuk berusaha bernapas dengan nyaman. Letak kepala yang lebih tinggi membuat tekanan pada sinus Anda tidak terlalu tinggi, sehingga Anda tidak perlu terbangun di tengah malam karena kesulitan bernapas.

Akan tetapi, sebaiknya perhatikan pula ketinggian bantal. Meski harus menjaga kepala lebih tinggi agar dapat bernapas lega saat flu, pastikan hal itu tidak akan mencederai leher Anda. Anda bisa meletakkan bantal di bawah sprei Anda agar posturnya lebih alami.

5. Menggunakan semprotan garam

Semprotan hidung yang mengandung garam dapat membantu mengencerkan ingus sehingga Anda dapat bernapas dengan lebih mudah dan melegakan sakit tenggorokan. Anda bisa mendapatkan produk ini di apotek secara bebas. Nebulizer juga dapat membantu Anda dalam pemberian cairan garam pada saluran pernapasan Anda.

6. Minum obat

Tablet dekongestan dan semprotan hidung yang dijual bebas di apotek atau toko obat dapat membantu melegakan hidung tersumbat yang Anda alami. Namun, pastikan Anda membaca dengan saksama petunjuk yang tertera dalam kemasan. Pastikan bahwa obat itu aman untuk Anda konsumsi tanpa menimbulkan masalah baru.

7. Menggunakan balsam

Balsam yang mengandung mentol dan minyak eukaliptus dapat membantu melegakan hidung Anda. Batasi penggunaannya hanya di dada sampai leher.

Sebenarnya, balsam mentol tidak secara langsung melegakan pernapasan Anda. Akan tetapi, aroma kuat yang dihasilkan dapat memanipulasi otak sehingga Anda akhirnya berpikir bahwa hidung Anda menjadi lega. Namun, perhatikan penggunaannya, khususnya pada anak-anak. Terkadang penggunaan balsam dapat membuat beberapa orang mengalami iritasi kulit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Rutin Minum Air Putih Bisa Mencegah Risiko Flu

Selain baik untuk kesehatan Anda, terbiasa minum air putih juga bisa bantu mencegah Anda dari penyakit flu. Berikut penjelasannya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Flu, Health Centers 11/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Bahaya Dry Ice yang Dicampurkan ke Kolam Renang, Bisa Sebabkan Kematian

Tiga orang meninggal dalam sebuah pool party setelah 25 kg dry ice dituangkan ke kolam renang. Apa dan bagaimana dry ice bisa bahaya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Berita Luar Negeri, Berita 06/03/2020 . Waktu baca 5 menit

Jangan Anggap Remeh, Flu Bisa Sebabkan Komplikasi Berikut Ini

Banyak yang menganggap bahwa flu adalah penyakit ringan dan tidak akan membawa akibat yang fatal. Padahal, influenza juga bisa menyebabkan komplikasi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Flu, Kesehatan Pernapasan 04/12/2019 . Waktu baca 5 menit

Pilihan Obat Sesak Napas yang Aman dan Manjur untuk Anak

Selain menggunakan obat medis dari dokter, Anda memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapur untuk mengatasi sesak nafas pada anak.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Anak, Parenting 21/11/2019 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
Batuk ke arah siku etika batuk

Etika Batuk yang Benar untuk Mencegah Penularan Penyakit

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . Waktu baca 7 menit
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020 . Waktu baca 5 menit
Latihan pernapasan asma

Teknik Latihan Pernapasan untuk Mengurangi Gejala Asma

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 11/05/2020 . Waktu baca 4 menit
puasa saat flu saat puasa

Kena Flu Saat Puasa Itu Baik! Kok Bisa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 04/05/2020 . Waktu baca 3 menit