Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin di usia kehamilan 29 minggu?

Bayi Anda sekarang sudah seukuran labu, berat 1,1 kg dan panjang 38,1 cm dari kepala sampai tumit.

Bayi Anda terus aktif, dan gerakan yang awalnya halus telah menjadi pukulan kencang yang mungkin dapat membuat Anda terkejut. Jika Anda melihat penurunan aktivitas gerakan, hitunglah tendangan janin: bayi Anda harus bergerak setidaknya 10 kali dalam dua jam. Jika bayi Anda kurang bergerak, bicarakan dengan dokter Anda.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh ibu hamil di minggu 29?

Beberapa gejala yang telah sejak lama ada seperti mulas dan sembelit mungkin sekarang lebih meningkat. Hormon kehamilan progesteron melemaskan jaringan otot polos seluruh tubuh Anda, termasuk saluran pencernaan. Kondisi ini, ditambah dengan penuhnya perut Anda membuat pencernaan bekerja lamban dan dapat menyebabkan adanya gas dan mulas, terutama setelah makan besar, dan membuat sembelit.

Membesarnya rahim Anda mungkin juga berkontribusi terhadap wasir. Pembuluh darah yang bengkak di daerah dubur ini umum selama kehamilan. Untungnya, kondisi ini biasanya mereda dalam minggu-minggu awal setelah melahirkan.

Menjaga kehamilan yang berjalan 29 minggu

Pada akhir kehamilan, gerakan janin yang dapat Anda rasakan akan menurun. Bayi Anda sekarang memiliki sedikit ruang untuk bergerak di sekitar rahim, terutama ketika kepalanya sudah jatuh ke daerah panggul. Namun selalu waspada karena penurunan gerakan bayi secara drastis di trimester ketiga juga dapat menunjukkan bahwa bayi Anda sedang dalam risiko atau masalah yang mungkin berhubungan dengan tali pusar atau plasenta.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 29?

Pergilah ke dokter segera jika Anda merasa khawatir tentang gerakan yang kurang dari bayi Anda. Anda mungkin akan ditanyakan tentang kapan terakhir kali Anda merasakan gerakan bayi atau berapa kali gerakan yang dapat Anda rasakan dalam beberapa jam. Dokter mungkin hanya ingin memeriksa kondisi janin dan semuanya biasanya baik-baik saja.

Jika ada masalah, Anda harus melahirkan dengan prematur atau melakukan beberapa metode lain yang mendukung. Anda mungkin melihat beberapa pembuluh darah laba-laba pada kulit Anda yang berwarna merah menyebar dari pusat dan terlihat seperti kaki laba-laba. Ini adalah hasil dari peningkatan sirkulasi darah. Anda juga bisa melihat kondisi ini di wajah, leher, payudara atau lengan dan kondisi ini akan hilang beberapa minggu setelah melahirkan.

Tes yang mungkin dibutuhkan di usia kehamilan 29 minggu

Minggu ini mungkin menjadi yang terakhir kalinya untuk menjalani tes bulanan. Ke depannya, Anda mungkin harus mengunjungi dokter Anda setiap 2 minggu atau bahkan setiap minggu sampai kelahiran. Pada tes bulan ini, Anda akan diuji tekanan darah dan berat badan dan ditanyakan tentang tanda-tanda dan gejala yang mungkin Anda miliki. Dokter juga meminta Anda untuk menggambarkan gerakan dan jadwal kegiatan bayi Anda: ketika bayi Anda bergerak dan ketika dia tidak. Anda akan diperiksa ukuran rahim seperti sebelumnya.

Sumber

Direview tanggal: July 16, 2017 | Terakhir Diedit: July 16, 2017

Yang juga perlu Anda baca