Apa itu polio?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu polio?

Polio (disebut juga poliomyelitis) adalah penyakit menular yang disebabkan virus polio. Virus ini menyerang sistem saraf pusat, menyebabkan nyeri atau merusak saraf motorik, sehingga menyebabkan kelumpuhan otot (ketidakmampuan untuk menggerakan tungkai atau bagian tubuh lain). Pada kasus yang berat, penyakit ini sering terjadi pada kaki, walau pada kasus terparah, penyakit dapat mempengaruhi kemampuan bernapas dan menelan. Saat ini, sudah terdapat vaksin yang sangat efektif. Penyakit menular ini jarang terjadi namun tetap ada di negara berkembang.

Kebanyakan gejala infeksi ini berlangsung selama hanya beberapa hari hingga minggu. Namun polio sering menyebabkan gejala berat dan biasanya bertahan dari 2 – 6 bulan. Setelah itu, pasien akan baik kembali.

Seberapa umumkah polio?

Kondisi kesehatan ini sering terjadi. Penyakit ini biasanya terjadi pada wanita hamil, anak kecil yang belum diimunisasi polio, dan orang dengan sistem imun lemah.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala polio?

Ada 3 macam infeksi: atipikal, paralisis, dan tidak paralisis. Polio dapat ringan, tidak berhubungan dengan sistem saraf pusat, namun juga dapat sangat serius, terjadi paralisis alias kelumpuhan. Sebagian besar pasien yang terinfeksi tidak bergejala.

Gejala yang paling sering terjadi pada polio ringan yaitu gejala mirip flu, atau seperti infeksi virus: sakit kepala, demam, sakit tenggorokan, mual, muntah, dan konstipasi atau diare.

Gejala yang paling sering terjadi yaitu sakit kepala, kaku leher, dan perubahan fungsi mental.

Gejala paling sering yaitu demam, sakit kepala dan punggung, konstipasi, dan menjadi lebih sensitif. Pasien akan merasakan hilangnya sensasi dan lumpuh anggota gerak bawah. Lalu pasien akan membaik secara bertahap selama 2 – 6 bulan.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab polio?

Virus polio menyebabkan poliomyelitis. Penyakit ini menular melalui kontak dengan air dan makanan yang terinfeksi feses penderita. Keadaan ini sering terjadi pada daerah dengan sistem drainase yang buruk. Penyakit ini juga dapat menular melalui kontak langsung dengan pembawa virus atau yang baru saja divaksin polio oral (vaksin dibuat dari virus hidup).

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk polio?

Ada banyak faktor risiko untuk polio, yaitu:

  • Bepergian ke daerah dengan virus polio atau epidemik polio
  • Anda tinggal dengan orang yang terinfeksi virus polio
  • Keadaan imunodefisiensi seperti HIV/AIDS
  • Riwayat tonsilektomi
  • Stres atau aktivitas berat lama dan terpapar virus polio, karena keduanya dapat menurunkan kekebalan Anda

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk polio?

Polio tidak dapat disembuhkan. Ibuprofen atau obat sejenis hanya membantu mengontrol nyeri. Terapi fisik dengan diet bergizi dapat meningkatkan kesehatan dan stamina. Dokter Anda akan menganjurkan Anda untuk menggunakan metode lain untuk membantu Anda merasa lebih nyaman pada masa terinfeksi.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk polio?

Dokter Anda akan mendiagnosis apakah Anda mengalami paralisis atau kaku leher dan punggung, sulit menelan dan bernapas, dan reflek abnormal. Dokter akan mengambil sampel dari sumsum tulang belakang dengan suntikan lumbar dan memeriksa cairan untuk mencari tanda infeksi. Dokter Anda dapat melakukan pemeriksaan virus dari sampel feses, cairan tenggorokan, dan darah.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi polio?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi poliomyelitis:

  • Fisioterapi teratur agar otot tidak mengecil.
  • Hubungi dokter Anda jika Anda merasa terpapar penyakit ini atau polio
  • Hubungi dokter Anda jika Anda didiagnosis polio dan gejala memburuk
  • Pastikan Anda sudah divaksin untuk mencegah paralisis dengan vaksin polio sebelum bepergian ke area dengan penyakit polio

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca