Definisi

Apa itu penyakit celiac?

Celiac adalah alergi makanan yang mencegah tubuh untuk menggunakan beberapa nutrisi. Alergi ini adalah terhadap kandungan protein yang disebut gluten. Gluten ditemukan di banyak biji-bijian seperti jenis gandum (gandum hitam, atau yang terdapat dalam tepung). Alergi biasanya menyerang saluran pencernaan kecil yang adalah tempat di mana makanan berjalan setelah meninggalkan perut. Biasanya pertama kali muncul ketika bayi mulai memakan makanan yang mengandung gluten.

Seberapa umumkah penyakit celiac?

Celiac sangat umum pada keturunan Eropa Barat. Sering kali diturunkan di dalam keluarga. Celiac tidak dapat disembuhkan tetapi bisa dikontrol dengan diet bebas gluten.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala penyakit celiac?

Gejala termasuk diare, yang berair atau sebagian padat, seringkali berbau tidak sedap, dan terlihat berminyak atau berbuih; penurunan berat badan; kegagalan untuk tumbuh dan berkembang (bayi dan anak-anak); sering buang gas; perut kembung; bisul pada mulut; kelelahan, atau lemas; pucat; ruam; dan kram otot.

Banyak orang dewasa yang mengidap celiac disease namun menunjukkan gejala yang lebih sedikit dari anak-anak, dan diagnosis disarankan dilakukan dengan tes darah yang menunjukan anemia yang tidak dapat dijelaskan. Bentuk gejala celiac disease yang jarang adalah ruam yang gatal disebut dermatitis herpetiformis.

Kemungkinan terdapat beberapa tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda mendapati suatu gejala, segera hubungi dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda atau gejala yang disebutkan di atas atau mengalami masalah pencernaan lebih dari dua minggu, segera hubungi dokter Anda. Tanda-tanda lain juga termasuk kulit pucat, perut kembung, atau bau kotoran yang tidak sedap.

Penyebab

Apa penyebab penyakit celiac?

Reaksi alergi terhadap gluten menyebabkan penyakit celiac, yang disebut juga sariawan nontropis dan enteropati sensitif gluten. Sistem imun, genetik, dan faktor lingkungan semua berpengaruh pada perkembangan celiac disease. Ketika orang-orang dengan celiac disease mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, sistem imun mereka menyerang dan merusak tonjolan kecil seperti jari yang dikenal dengan nama villi yang berada di dinding usus kecil. Usus kecil tidak dapat menyerap beberapa nutrisi, sehingga membuat orang-orang kekurangan nutrisi.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk penyakit celiac?

Ada banyak faktor risiko yang menyebabkan penyakit celiac, seperti:

  • Sejarah keluarga dengan celiac disease atau herpes
  • Sindrom Turner atau Sindrom Down
  • Penyakit kelenjar tiroid
  • Diabetes jenis 1
  • Sindrom Sjogren
  • Kolitis

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk penyakit celiac?

Pengobatan utama adalah makan makanan diet khusus yang bebas kandungan gluten, termasuk biji-bijian dan beberapa jenis gandum.

Mungkin juga dibutuhkan suplemen makanan untuk meningkatkan level nutrisi, dan obat-obatan untuk membantu mengontrol alergi.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk penyakit celiac?

Dokter mengetes darah untuk memeriksa kekurangan nutrisi dan antibodi yang diproduksi untuk merespon gluten.

Dokter juga mungkin menganjurkan melakukan tes lain (seperti endoskopi) untuk mengonformasi diagnosis penyakit lain di luar celiac. Dalam endoskopi, pipa tipis yang fleksibel dengan kamera di ujungnya diletakkan di tenggorokan dan terus ke perut hingga ke usus kecil. Kemudian dokter mengambil sebuah jaringan untuk dipelajari dengan mikroskop. Di tes terbaru juga digunakan kapsul endoskopi, kamera kecil yang ditelan dalam pil dan dapat melihat isi perut.

Dokter juga dapat meminta melakukan x-ray (small bowel series), yang dilakukan setelah meminum cairan putih kapur (barium).

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit celiac?

Perubahan gaya hidup dan pengobatan rumah berikut dapat membantu Anda menangani celiac disease:

  • Dapatkan bantuan dari ahli diet atau ahli gizi untuk merencanakan diet Anda
  • Ikuti diet bebas gluten setiap hari. Jaga diet Anda walaupun kondisi Anda baik
  • Minum suplemen makanan dalam resep yang dianjurkan
  • Bergabung dengan support group jika Anda tertarik mempelajari celiac disease dari orang lain
  • Hubungi dokter Anda jika gejala tidak sembuh dalam 3 minggu setelah melakukan diet bebas gluten
  • Hubungi dokter Anda jika demam meningkat

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016