Definisi

Apa itu kapalan?

Kapalan atau kalus adalah penebalan dan pengerasan lapisan kulit yang muncul ketika kulit Anda mencoba untuk melindungi diri terhadap gesekan dan tekanan. Kapalan biasanya terbentuk pada kaki, jari kaki atau tangan, jari tangan.

Seberapa umumkah kapalan?

Kondisi kesehatan ini sangat umum karena hal ini bisa terjadi pada pasien di usia berapa pun. Hal ini dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko Anda. Silakan diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kapalan?

Kapalan mudah untuk dilihat dan disentuh sehingga kita dapat mengenali gejala dengan karakteristik di bawah ini:

  • Bagian kulit terasa tebal dan kasar
  • Kulit mengeras atau terdapat benjolan
  • Ngilu atau nyeri di bawah kulit Anda
  • Kulit pecah-pecah atau kering

Kapalan jarang terasa menyakitkan. Mereka biasanya muncul pada telapak kaki Anda, terutama di bawah tumit, di telapak tangan, atau di atas lutut Anda. Selain itu, kapalan bervariasi dalam ukuran, bentuk dan sering berukuran lebih besar dari jagung.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Kapalan tidak perlu diobati. Namun, jika Anda merasa frustasi atau tak sedap dipandang, Anda dapat menghubungi dokter kulit. Umumnya, kapalan bisa dihilangkan dengan mudah.

Penyebab

Apa penyebab kapalan?

Penyebab kapalan mungkin:

  • Memakai sepatu yang tidak pas: sepatu yang sempit dan sepatu hak tinggi dapat menekan daerah kaki Anda. Ketika alas kaki terlalu longgar, kaki Anda mungkin berulang kali bergesekan dengan sepatu. Kaki Anda juga dapat bergesekan dengan jahitan atau di dalam sepatu.
  • Tidak mengenakan kaus kaki: memakai sepatu dan sandal tanpa kaus kaki dapat menyebabkan gesekan pada kaki Anda, yang menyebabkan kapalan.
  • Memainkan instrumen atau menggunakan alat dengan tangan: kapalan di tangan Anda mungkin hasil dari tekanan berulang dari memainkan instrumen, menggunakan perkakas tangan atau bahkan menulis.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kapalan?

Ada banyak faktor risiko untuk kapalan, seperti:

  • Bunion adalah benjolan tulang tidak normal, yang terbentuk pada sendi di pangkal jempol kaki Anda.
  • Hammertoe adalah suatu kelainan di mana jari kaki Anda menekuk seperti cakar.
  • Kelainan kaki lainnya seperti taji tulang dapat menyebabkan gesekan konstan di dalam sepatu Anda.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk kapalan?

Jika Anda memiliki diabetes atau aliran darah yang buruk, hubungi dokter Anda sebelum merawat kapalan Anda sendiri karena bahkan cedera ringan pada kaki Anda dapat menyebabkan infeksi luka terbuka (ulkus).

Pengobatan umum untuk kapalan adalah:

  • Pengurangan kulit berlebih: dokter Anda dapat memotong kulit yang tebal dengan pisau bedah.
  • Obat penghilang kapalan: asam salisilat adalah bahan paling umum yang terkandung dalam obat penghilang kapalan. Anda dapat menggunakan obat ini tanpa resep. Juga, Anda bisa mendapatkan resep untuk asam salisilat dalam bentuk gel untuk diterapkan pada wilayah yang lebih luas.
  • Obat untuk mengurangi risiko infeksi: dokter mungkin menyarankan menerapkan salep antibiotik untuk mengurangi risiko infeksi.
  • Foot orthotics: jika Anda memiliki riwayat cacat kaki, dokter mungkin meresepkan lapisan khusus alas sepatu (orthotics) untuk mencegah terjadinya kapalan secara berulang.
  • Pada kasus yang jarang, dokter dapat merekomendasikan operasi untuk memperbaiki keselarasan dari gesekan tulang.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk kapalan?

Dokter Anda akan memeriksa kaki Anda dan mengesampingkan penyebab lain dari penebalan kulit, seperti kutil dan kista. Untuk membuat diagnosis lebih lanjut, Anda mungkin disarankan menjalani tes sinar-x, yang membantu dokter melihat apakah ada kelainan fisik yang menyebabkan kapalan Anda.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kapalan?

Berikut gaya hidup dan pengobatan rumah dapat membantu Anda mengatasi kapalan:

  • Gunakan pad yang dijual bebas: gunakan pad untuk melindungi bagian di mana kapalan berkembang. Anda harus menggunakan produk ini dengan instruksi dari dokter.
  • Merendam tangan atau kaki menggunakan air hangat, air sabun untuk melunakkan kapalan. Hal ini dapat mempermudah untuk menghilangkan kulit yang tebal.
  • Selama atau setelah mandi, gosok bagian yang terkena kapalan dengan batu apung, kikir kuku, papan amril, atau kain lap untuk membantu menghilangkan lapisan kulit yang keras. Namun, ingat untuk tidak menggunakan benda tajam ketika memangkas kulit, gunakan batu apung jika Anda memiliki diabetes karena kulit Anda berisiko tinggi terkena infeksi.
  • Oleskan pelembap pada tangan, kaki Anda untuk menjaga kulit lembut dan mencegah berkembangnya kapalan.
  • Anda harus memakai sepatu dan kaus kaki yang nyaman, dan hindari sepatu yang sempit atau sepatu bertumit tinggi.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan