home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Obat Kapalan di Kaki dan Tangan yang Efektif, Apa Saja?

Obat Kapalan di Kaki dan Tangan yang Efektif, Apa Saja?

Bukan hanya kulit pecah-pecah, kapalan sering menjadi keluhan banyak orang karena dirasa mengganggu penampilan. Meski tidak bahaya, Anda sebaiknya tidak menyepelekan kondisi ini. Lakukan beberapa perawatan menggunakan obat kapalan.

Cara mengobati kapalan di rumah

merendam kaki pakai garam

Kapalan menandakan adanya penebalan kulit. Kapalan bisa terjadi di tangan, siku, lutut, tapi paling sering menyerang telapak kaki. Kondisi ini terjadi akibat adanya gesekan dan tekanan yang berlebihan atau iritasi kulit pada telapak kaki Anda.

Selain terasa menebal ketika disentuh, kapalan juga membuat warna kulit berubah jadi kuning kepucatan. Kondisi ini tidak hanya menimbulkan kaki terasa tidak nyaman ketika bergesekan dengan alas kaki atau lantai, rasa sakit pun kadang terjadi.

Karena penyakit pada kulit ini disebabkan oleh penebalan kulit, maka solusinya adalah mengikis permukaan kulit yang menebal. Untungnya, Anda bisa melakukan langkah ini sendiri di rumah.

Mulailah dengan merendam kaki atau tangan yang bermasalah dalam air hangat. Cara ini bisa bantu menghilangkan kapalan di kaki dengan melunakkan penumpukan kulit sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Siapkan juga alat scrubbing seperti batu apung atau sikat. Lalu, rendam kaki Anda selama 10 menit dalam larutan tersebut. Setelahnya, gosok telapak kaki dengan alat yang sudah dicelupkan dalam rendaman air supaya kulit yang menumpuk terlepas.

Setelah digosokkan, bilas kaki Anda dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk lembut. Oleskan pelembap agar kulit menjadi lembut.

Ragam Manfaat Produk Pelembap (Moisturizer) untuk Kulit

Anda juga bisa menggunakan foot files. Foot flies adalah alat khusus untuk membantu pengelupasan sel kulit mati yang menumpuk.

Bentuknya seperti sisir vent brush tanpa sikat, tapi dilengkapi dengan logam dan pegangan dari karet atau karet. Anda bisa menggunakan alat ini seperti menggosokkan batu apung.

Meski demikian, sebelumnya Anda perlu merendam kaki dengan air hangat. Gunakan setelah Anda mandi, bilas hingga bersih, dan oleskan dengan pelembap supaya kulit tidak kering dan tetap halus.

Obat-obatan dan penanganan medis untuk mengatasi kapalan

relaksasi tubuh

Bila setelah perawatan di atas kapalan di kulit tidak menunjukkan perubahan dan malah menimbulkan rasa tak nyaman, dokter akan meresepkan beberapa obat atau melakukan prosedur lain yang dapat membantu menghilangkan kapalan. Berikut adalah berbagai pilihannya.

Obat asam salisilat

Krim atau losion yang mengandung asam salisilat merupakan salah satu obat yang paling sering diberikan untuk mengatasi kapalan. Terkadang, obat asam salisilat juga diberikan dalam bentuk plester.

Asam salisilat merupakan obat golongan keratolitik yang digunakan untuk mengobati masalah yang membuat kulit menjadi menebal, bersisik, dan kering.

Obat ini bekerja untuk melembutkan keratin, protein yang merupakan bagian terbesar dari struktur kulit. Penggunaan obat ini dapat membantu mengendurkan kulit bersisik sehingga mudah untuk dilepaskan.

Dosis penggunaannya akan disesuaikan dengan kondisi kulit Anda. Untuk memastikannya, sebaiknya pakai obat sesuai dengan yang telah dianjurkan oleh dokter.

Obat antibiotik

Terkadang, bila kapalan sudah terkena infeksi, dokter akan memberikan obat antibiotik untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri. Jenis obat yang diberikan bisa berbeda-beda, bergantung kepada kondisi Anda.

Saat menjalani pengobatan dengan antibiotik, ingatlah untuk minum obat di waktu yang telah ditentukan. Jangan melewatkan minum obat atau menghentikan pengobatan tanpa berkonsultasi dengan dokter.

5 Fakta Seputar Antibiotik yang Perlu Anda Tahu

Operasi

Operasi baru akan dilakukan bila Anda memiliki kelainan bentuk di kaki dan jari kaki yang mengakibatkan pertumbuhan kapalan yang berulang, atau bila kapalan menimbulkan nyeri yang teramat sangat sampai membuat Anda sulit berjalan.

Operasi adalah prosedur terakhir yang akan dilakukan setelah pengobatan lain tidak membuahkan hasil.

Biasanya prosedur ini melibatkan pengangkatan atau perbaikan struktur jaringan tulang. Meski efektif, prosedur ini tidak seutuhnya menjamin kapalan tidak akan muncul kembali.

Obat alami untuk mengatasi kapalan

natrium bikarbonat

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk bantu mengatasi kapalan. Namun, perlu diingat, pengobatan alami belum tentu bekerja efektif untuk semua orang.

Anda sebaiknya memastikan bahwa Anda tidak memiliki reaksi alergi terhadap bahan tertentu sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Bahan alami tersebut meliputi.

Baking soda

Baking soda atau soda kue, sering kali digunakan sebagai obat alami untuk beberapa masalah kulit, salah satunya kapalan di telapak kaki. Caranya cukup mudah, yaitu buat pasta soda kue dan oleskan pada kaki.

Campurkan 2 sendok makan air dengan soda kue dalam wadah. Kemudian, aduk secara merata hingga membentuk pasta. Tambahkan beberapa tetes air perasan jeruk nipis dan aduk kembali hingga rata.

Bersihkan kaki terlebih dahulu dan keringkan. Oleskan pasta pada telapak kaki, tutupi dengan kaus kaki atau perban kasa supaya pasta tidak mengotori benda sekitarnya. Lakukan perawatan kaki kapalan ini setiap malam secara rutin dan bersihkan di esok harinya.

Garam epsom

Disebut juga magnesium sulfat, garam epsom terbuat dari senyawa kimia mengandung magnesium, belerang, dan oksigen. Garam ini memiliki fungsi sebagai eksfoliator alami yang dapat membantu mengelupas sel-sel kulit.

Untuk menggunakan bahan ini sebagai obat kapalan, Anda cukup mencampurkan 2 – 3 sendok makan garam ke dalam satu baskom air. Kemudian, rendamlah kaki dan tangan yang terkena kapalan ke dalam larutan tersebut.

Tea tree oil

Minyak esensial satu ini mengandung komponen antijamur, antibakteri, dan antiseptik alami. Dengan mencampurkannya pada satu baskom air, kulit yang tadinya kasar akan menjadi lebih lembut.

Ingat, jangan merendam tangan atau kaki lebih dari 15 menit. Sebab, kandungan tea tree oil (minyak pohon teh) sangat kuat dan dapat merusak lapisan kulit bila terpapar terlalu lama.

Supaya lebih efektif, perhatikan beberapa hal ini

membersihkan kaki

Supaya proses penyembuhan lebih cepat dan kapalan tidak lagi kambuh, ikuti beberapa tips yang direkomendasikan oleh Nada Elbuluk, MD, FAAD, asisten dosen dermatologi di NYU Langone Medical Center berikut ini.

  • Jangan terlalu keras saat menggosok kulit yang menebal. Ini dapat menyebabkan kulit menjadi tipis dan mudah terluka, berdarah, dan infeksi.
  • Selalu oleskan pelembap setelah pengobatan dilakukan supaya kulit tidak kering.
  • Gunakan kaus kaki atau bantalan di sepatu Anda supaya tekanan pada kaki tidak terlalu besar dan menimbulkan kaki kapalan.
  • Gunakan sepatu yang pas ukuran dan sesuai untuk kegiatannya. Ini dilakukan untuk menghindari gesekan pada kaki.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Corns and Calluses – Diagnosis and Treatment. (2020). Mayo Clinic. Retrieved 11 November 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/corns-and-calluses/diagnosis-treatment/drc-20355951

How To Treat Corns and Calluses. (n.d.). America Academy of Dermatology. Retrieved 11 November 2020, from https://www.aad.org/public/everyday-care/injured-skin/burns/treat-corns-calluses

Salicylic Acid. (2005). DermNet NZ. Retrieved 11 November 2020, from https://dermnetnz.org/topics/salicylic-acid/

Antibiotics. (2005). DermNet NZ. Retrieved 11 November 2020, from https://www.dermnetnz.org/topics/antibiotics/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 28/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro