Definisi

Apa itu kanker prostat?

Kanker prostat adalah pertumbuhan berlebih sel abnormal di kelenjar prostat. Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker pada laki-laki yang sering terjadi. Kanker prostat biasanya tumbuh lambat. Jika kanker dideteksi dini (saat kanker masih terbatas di kelenjar prostat) keberhasilan pengobatan akan lebih tinggi.

Seberapa umumkah kanker prostat?

Risiko kanker prostat meningkat pada usia tua. Berdasarkan survey, kanker prostat merupakan jenis kanker yang paling terjadi dan merupakan salah satu penyebab kematian pada laki-laki. Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker prostat dengan mengurangi faktor risiko. Diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kanker prostat?

Kanker prostat biasanya tidak bergejala saat stadium awal.

Kanker prostat stadium lanjut dapat menyebabkan gejala seperti:

  • Sulit berkemih
  • Penurunan aliran urin
  • Darah pada semen
  • Sering buang air kecil

Selain itu, jika kanker sudah menyebar ke organ lain seperti tulang (pelvis, iga atau tulang belakang) dan ginjal, pasien akan sering merasa nyeri di punggung bawah dan pelvis, tulang akan rapuh dan mudah patah. Kanker prostat dapat menyebar ke otak, menyebabkna kejang, bingung, sakit kepala, depresi atau gejala neurologi lain.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab kanker prostat?

Sel prostat diproduksi berlebihan dan membentuk tumor, tumor tersebut menginvasi jaringan sekitar dan terus berkembang menjadi kanker. Penyebab kanker masih belum jelas hingga saat ini.

Meski begitu, dokter mengetahui kanker prostat diawali saat sel prostat Anda tidak normal. Mutasi DNA sel abnormal menyebabkan pertumbuhan sel dan membelah menjadi banyak dengan cepat dibanding sel normal.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kanker prostat?

Ada banyak faktor risiko untuk kanker prostat, yaitu:

  • Usia: risiko meningkat dengan bertambahnya usia
  • Riwayat keluarga menderita kanker prostat
  • Obesitas

Tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak dapat terkena penyakit ini  Faktor ini hanyalah referensi saja. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk kanker prostat?

Terapi tergantung dari pertumbuhan tumor dan kondisi kesehatan Anda. Jika tumor belum menyebar dari prostat, terapi yang biasa dilakukan yaitu pembedahan (prostatektomi) atau radioterapi. Jika Anda berusia tua dan tidak dapat menjalankan terapi tersebut, dokter Anda akan memonitor perubahan kanker dengan pemeriksaan PSA atau biopsi.

Jika tumor sudah menyebar, dokter akan memberikan terapi hormonal. Selain itu, jika kanker sudah menyebar ke organ lain, namun metode di atas tidak efektif, dokter Anda akan menganjurkan untuk dilakukan radioterapi. Radioterapi bisa dilakukan dalam bentuk radiasi eksternal atau impan radioaktif.

Setelah terapi kanker prostat, Anda butuh pemeriksaan darah secara periodik untuk memonitor adanya kekambuhan.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk kanker prostat?

Dokter akan melakukan biopsi jika Anda dicurigai kanker prostat. Selain itu, metode lain seperti CT scan, magnetic resonance imaging (MRI) dan pemeriksaan darah untuk mengukur kadar PSA juga dapat dilakukan untuk mendapatkan diagnosis yang akurat.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker prostat?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi kanker prostat:

  • Kontrol sesuai jadwal untuk melihat perkembangan penyakit dan kondisi kesehatan Anda
  • Ikuti instruksi dokter Anda, dan konsumsi obat sesuai anjuran
  • Diet sehat dengan konsumsi banyak buah dan sayuran
  • Olahraga
  • Jaga berat badan dalam rentang yang normal

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: December 14, 2016 | Terakhir Diedit: December 14, 2016