Cara Mencegah Kanker Prostat yang Penting untuk Pria Ketahui

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Kanker prostat menjadi salah satu masalah kesehatan yang mengancam pria. Dilansir dari World Cancer Reasearch Journal, penyakit ini menempati urutan ke-6 sebagai penyebab kematian pria terbanyak. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda melakukan pencegahan kanker prostat sejak dini agar penyakit ini tidak mengancam nyawa Anda. Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker prostat?

Berbagai cara mencegah kanker prostat

Sel kanker bisa tumbuh pada prostat secara perlahan tanpa disadari, bahkan menyebar dengan sangat cepat. Kondisi ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi kanker prostat atau bahkan bisa mengancam nyawa Anda bila terus dibiarkan.

Oleh karena itu, upaya pencegahan kanker prostat perlu dilakukan untuk mengurangi risiko terbentuknya sel kanker tersebut. Adapun cara pencegahan kanker prostat yang sederhana, yaitu mengubah kebiasaan atau pola hidup menjadi lebih sehat yang bisa Anda terapkan dalam keseharian Anda.

Berikut beberapa cara dan kebiasaan sehat yang dapat membantu Anda mencegah kanker prostat:

1. Kurangi konsumsi lemak hewani dan produk susu

kebanyakan makan daging

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi lemak, seperti daging merah (sapi, babi, domba) dan produk susu (susu, keju), merupakan salah satu faktor risiko kanker prostat. Selain itu, pria yang mengonsumsi banyak kalsium, baik dari asupan makanan maupun suplemen, pun lebih berisiko terkena kanker prostat agresif.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari makanan-makanan tersebut untuk menurunkan risiko kanker prostat. Di sisi lain, pilihlah makanan pencegah kanker prostat yang mengandung rendah lemak atau yang mengandung lemak sehat, seperti asam lemak omega-3.

Adapun kandungan asam lemak omega-3 dapat Anda temukan di beberapa makanan, seperti ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat. Selain itu, Anda pun sebaiknya menghindari suplemen kalsium dan mengurangi makanan berkalsium tinggi, seperti susu, sebagai salah satu cara untuk mencegah kanker prostat.

2. Perbanyak makan sayuran dan buah

Selain lemak sehat, Anda pun perlu mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan. Kedua jenis makanan ini mengandung nutrisi, vitamin, dan serat tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh, yang secara tidak langsung dapat menjadi pencegah kanker prostat.

Adapun salah satu jenis sayuran yang baik untuk mencegah kanker, yaitu dari keluarga cruciferous. Dikutip dari National Cancer Institute, sayuran ini kaya akan nutrisi, seperti karotenoid, vitamin C, E, dan K, folat, serta mineral.

Selain itu, sayuran ini juga mengandung sekelompok zat yang dinamakan glucosinolates, yang bisa memberikan efek antikanker. Jenis sayuran cruciferous yang perlu Anda konsumsi sebagai cara mencegah kanker prostat yaitu pokcoy, brokoli, kubis, kembang kol, lobak, dan selada air.

Selain dari keluarga cruciferous, Anda pun perlu memperkaya nutrisi dari sayuran dan buah lainnya. Salah satunya yang baik dikonsumsi, yaitu tomat. Tomat mengandung salah satu zat antioksidan, yaitu likopen, yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat.

3. Minum teh hijau dan susu kedelai

Beberapa penelitian menyebut, protein dalam kedelai yang disebut isoflavon telah terbukti dapat menurunkan risiko terjadinya kanker prostat, dengan menurunkan kadar PSA (protein specific antigen) di dalam tubuh. Anda bisa mendapat manfaat tersebut dengan mengonsumsi susu kedelai atau makanan mengandung kedelai lainnya, seperti tahu atau tempe.

Selain kedelai, teh hijau pun disebut dapat menurunkan risiko kanker prostat, terutama bagi pria yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit ini.

4. Hindari merokok

Selain bisa menyebabkan kanker paru-paru, merokok juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker prostat agresif, yaitu jenis kanker yang penyebarannya lebih cepat. Oleh karena itu, sayangi diri Anda dan keluarga dengan cara berhenti merokok sekarang juga untuk membantu mencegah kanker prostat sejak ini.

5. Olahraga secara teratur

Menjaga tubuh tetap aktif dengan berolahraga secara teratur membantu Anda untuk tetap sehat dan bugar, termasuk terhindar dari kanker prostat. Olahraga juga membantu Anda untuk mempertahankan berat badan ideal. Tak perlu lama-lama, olahraga 15-30 menit setiap hari atau tiga jam dalam seminggu sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Jaga berat badan tetap ideal

menurunkan berat badan

Beberapa penelitian menyebut, obesitas dapat meningkatkan risiko kanker prostat agresif. Oleh karena itu, menjaga berat badan tubuh ideal merupakan salah satu cara untuk mencegah kanker prostat sejak dini pada diri Anda. Adapun cara ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan rendah kalori dan berolahraga secara rutin.

7. Tidak mengonsumsi suplemen vitamin E tambahan

Beberapa penelitian menyebut, terlalu sering mengonsumsi vitamin E dapat meningkatkan risiko kanker prostat agresif. Oleh karena itu, selama asupan Anda telah mengandung 15 mg vitamin E, Anda tidak membutuhkan suplemen vitamin E tambahan. Cukup penuhi kebutuhan vitamin E harian dari makanan yang Anda makan sehari-hari, seperti almond, bayam, brokoli, dan alpukat.

Hal ini pun berlaku bagi suplemen lainnya. Lebih baik Anda memenuhi nutrisi harian dari asupan makanan, dibandingkan dari suplemen, untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah kanker prostat pada diri Anda.

Obat-obatan yang dapat membantu mencegah kanker prostat

Selain menerapkan kebiasaan sehat di atas, obat-obatan tertentu dapat menurunkan risiko kanker prostat, terutama bagi yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit ini. Adapun obat yang bisa mencegah kanker prostat, yaitu 5-alpha reductase inhibitors, seperti finasteride (Proscar) dan dutasteride (Avodart).

Obat ini bekerja dengan menghalangi enzim 5-alpha reductase yang mengubah hormon testosteron menjadi dihidrotestosteron (DHT), yang dapat menyebabkan sel kanker bertumbuh. Konsultasikan dengan dokter apakah Anda berisiko tinggi dan perlu mengonsumsi obat ini sebagai langkah pencegahan kanker prostat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenali Penyebab dan Gejala Kanker Prostat pada Usia Muda

Tidak hanya lansia, kanker prostat juga bisa terjadi pada pria usia muda. Apa penyebab dan gejala kanker prostat pada usia muda serta bagaimana mencegahnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker Prostat, Kanker 12 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

Mengenal Prostatektomi, Operasi untuk Masalah Penyakit Prostat

Kanker prostat dan BPH dapat disembuhkan dengan melakukan prostatektomi. Apa itu prostatektomi? Simak penjelasannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Urologi, Prostat 5 Agustus 2020 . Waktu baca 7 menit

Obat-obatan yang Bisa Digunakan untuk Mengatasi Penyakit Prostat

Memiliki masalah di sekitar daerah intim sering membuat pria enggan konsultasi ke dokter. Lantas, obat penyakit prostat apa yang bisa digunakan?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Urologi, Prostat 5 Agustus 2020 . Waktu baca 8 menit

Bahaya Kesehatan yang Mengintai di Balik Lezatnya Kol Goreng

Kol goreng kini menjadi favorit bagi banyak orang karena cita rasanya amat menggugah selera. Namun, inilah beragam bahaya dari mengonsumsi kol goreng.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu Lestari
Fakta Gizi, Nutrisi 13 Januari 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab air mani berdarah

Apa yang Menyebabkan Air Mani Bercampur Darah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
menambah berat badan

3 Jenis Nutrisi untuk Menambah Berat Badan Dengan Cepat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 20 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
umur memengaruhi berat badan

Usia Ternyata Berpengaruh terhadap Naik Turunnya Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 17 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
obat herbal dan alami untuk kanker prostat

Beragam Obat Herbal dan Pengobatan Alami untuk Kanker Prostat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 13 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit