Definisi

Apa itu kanker lidah?

Kanker lidah adalah jenis kanker mulut yang dibedakan berdasarkan lokasinya di mulut dan lidah. Ada dua bagian dari bagian mulut Anda yang terkena sel kanker. Bagian pertama adalah lidah oral, yaitu bagian yang Anda lihat ketika Anda menjulurkan lidah Anda, yaitu adalah bagian depan dua pertiga dari lidah Anda. Kanker yang berkembang di bagian lidah ini disebut kanker mulut atau kanker oral. Bagian kedua adalah dasar lidah, yang merupakan sepertiga bagian belakang lidah. Bagian ini sangat dekat tenggorokan (juga dikenal sebagai faring). Kanker yang berkembang di bagian ini disebut kanker orofaring.

Seberapa umumkah kanker lidah?

Umumnya, kanker lidah relatif jarang. Sama seperti kanker pada umumnya, kanker lidah lebih sering terjadi pada orang tua. Secara statistik, hanya ada sekitar 1 di 8 kasus terjadi pada orang berusia kurang dari 50 tahun. Mulut dan kanker oropharyngeal rata-rata dua kali lebih umum pada pria dibandingkan pada wanita.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kanker lidah?

Gejala kanker lidah sangat mirip dengan gejala pada kanker mulut lainnya. Hal ini sering disalahartikan sebagai flu yang tak kunjung sembuh, atau sakit terus-menerus dalam mulut.

  • Kesulitan menelan
  • Nyeri di daerah yang terinfeksi yang tidak sembuh-sembuh
  • Penurunan berat badan
  • Perdarahan di mulut
  • Bercak merah atau putih di lidah
  • Adanya nyeri pada bagian atau benjolan di lidah
  • Gumpalan di leher

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Buatlah janji dengan dokter atau dokter gigi jika Anda memiliki tanda-tanda dan gejala yang mengganggu Anda dan bertahan lebih dari dua minggu. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab kanker lidah?

Kanker lidah terjadi ketika sel-sel di mulut Anda mengalami perubahan DNA. Perubahan ini memungkinkan sel-sel kanker untuk terus tumbuh dan membelah ketika sel-sel sehat akan mati. Sel-sel kanker berakumulasi di lidah dapat membentuk tumor. Seiring waktu mereka bisa menyebar ke area lain dari mulut dan ke area lain dari kepala dan leher atau bagian lain dari tubuh. Kebanyakan kanker mulut termasuk kanker lidah adalah karsinoma sel gepeng. Selain itu, kanker pada dasar lidah sering dikaitkan dengan human papillomavirus (HPV) virus, yang ditularkan melalui hubungan seksual, memiliki efek mendalam pada prognosis dan pengobatan kanker.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kanker lidah?

Ada banyak faktor risiko untuk kanker lidah, seperti:

  • Merokok dan konsumsi alkohol
  • Mengunyah tembakau atau sirih
  • Pola makan yang buruk
  • Human Papiloma Virus (HPV)
  • Kekebalan rendah karena HIV atau AIDS
  • Sebelumnya telah memiliki kanker lainnya
  • Riwayat kesehatan keluarga

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana kanker lidah didiagnosis?

Semakin cepat Anda didiagnosis, kemungkinan Anda mendapatkan perawatan terbaik semakin tinggi. Selain melalui skrining tahunan untuk kanker mulut, mungkin Anda juga akan menyadari adanya beberapa perubahan di mulut atau tenggorokan yang membutuhkan pemeriksaan diantara skrining tahunan. Diri Anda adalah faktor yang paling penting dalam diagnosis dini. Hati-hati dalam memeriksa gejala sehingga dokter bisa dengan mudah menemukan penyebab dan mengusulkan perawatan yang tepat untuk Anda.

Apa saja pengobatan untuk kanker lidah?

Pengobatan untuk kanker lidah tergantung pada ukuran kanker dan apakah sudah atau belum menyebar ke kelenjar getah bening di leher. Anda mungkin harus menggunakan salah satu terapi atau kombinasi dari mereka:

  • Operasi
  • Radioterapi
  • Kemoterapi
  • Terapi obat target

Berdasarkan kondisi Anda saat itu, dokter akan mempertimbangkan pilihan pengobatan yang tepat. Jika Anda memiliki kanker lidah yang sangat kecil, dokter akan melakukan operasi untuk Anda. Untuk tumor yang lebih besar yang telah menyebar ke kelenjar getah bening di leher, Anda kemungkinan besar akan menjalani operasi untuk mengangkat kanker dari lidah Anda dan kelenjar getah bening di leher. Ini menurunkan risiko kanker Anda untuk datang kembali di masa depan. Anda kemudian akan melakukan program radioterapi untuk membantu menyingkirkan sel-sel kanker yang tertinggal.

Jika kanker Anda telah tumbuh cukup besar, Anda mungkin harus memiliki operasi besar untuk menghapus sebagian atau seluruh lidah Anda (glossectomy). Anda juga mungkin melakukan operasi rekonstruksi. Karena setelah operasi ini, pengangkatan lidah Anda secara permanen akan mengubah kemampuan komunikatif dan menelan Anda. Ini bisa sangat sulit untuk diatasi dan Anda mungkin membutuhkan banyak dukungan dan bantuan setelah operasi Anda.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker lidah?

Kanker mulut terkait erat dengan penggunaan tembakau, termasuk rokok, cerutu, pipa, dan mengunyah tembakau. Tidak semua orang yang didiagnosis dengan kanker mulut menggunakan tembakau. Namun, pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Selain itu, kebiasaan minum alkohol dan penggunaan tembakau bisa sangat meningkatkan risiko kanker mulut.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: April 6, 2017 | Terakhir Diedit: April 6, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan