home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Miliki Rambut Sehat Bercahaya Dengan Masker Minyak Alpukat

Miliki Rambut Sehat Bercahaya Dengan Masker Minyak Alpukat

Anda mengalami masalah dengan rambut kering, rambut rontok, ketombe, ataupun rambut berminyak? Usut punya usut, semua masalah rambut yang selama ini Anda alami dapat diatasi dengan satu solusi sederhana: minyak alpukat. Pasalnya, minyak alpukat sangat mudah diserap oleh akar rambut sehingga sangat bagus untuk dijadikan perawatan rambut kering dan masalah rambut lainnya. Penasaran apalagi khasiat minyak alpukat lainnya? Simak dalam artikel ini.

Khasiat minyak alpukat

Minyak alpukat diekstrak dari buah alpukat, yang menawarkan beberapa sifat alami yang khas. Minyak ini lebih ringan dibanding minyak lain, sehingga mudah menyerap ke dalam rambut dan tidak meninggalkan sisa minyak. Kandungan lemak, antioksidan, anti-inflamasi, mineral, dan vitamin A, B, D, dan E dalam alpukat berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut, membersihkan kulit kepala dari kotoran, memperbaiki kerusakan folikel rambut, dan lain sebagainya.

Alpukat juga sumber asam amino, yang berfungsi sebagai keratin untuk membuat rambut bercahaya. Kandungan asam folat dalam alpukat juga bekerja sebagai SPF alami untuk rambut dan mendorong regenerasi folikel rambut baru. Tidak hanya itu, sebuah studi International Journal of Trichology tahun 2015 menemukan bahwa mineral yang terkandung dalami minyak alpukat dapat membantu menutup sel-sel kutikula, yang dapat mencegah rambut patah.

Cara menggunakan minyak alpukat untuk perawatan rambut

Anda dapat menggunakan minyak ini sebagai masker rambut, shampo, ataupun kondisioner. Berikut ini beberapa resep minyak alpukat yang bisa Anda coba di rumah.

1. Masker rambut

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa minyak esensial seperti lavender dan peppermint dapat merangsang pertumbuhan rambut. Nah, Anda bisa melakukan perawatan rambut sendiri untuk merangsang pertumbuhan rambut dengan mencampurkan 3 sdm minyak alpukat dan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda.

Setelah semua minyak tercampur rata, oleskan minyak ke seluruh kulit kepala dan rambut Anda secara merata. Pijat kepala Anda dengan lembut agar minyak cepat meresap ke dalam kulit. Jika digunakan secara rutin, maka masker rambut dari kombinasi minyak sehat ini akan membantu menstimulasi aliran darah dan folikel rambut yang tersumbat sehingga mengurangi rambut rontok.

2. Kondisioner rambut

Berikut ini langkah-langkah membuat minyak alpukat sebagai kondisioner alami yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan:

  • 1 sdt minyak alpukat
  • 1 sdt minyak kelapa
  • 1 sdt madu alami
  • 1 buah alpukat
  • 1 buah pisang

Cara membuat:

  • Blender semua bahan sampai halus dan tercampur merata, kemudian tuang isinya ke dalam mangkuk.
  • Gunakan sisir bergigi lebar untuk mengurai rambut Anda. Sisir rambut dari bagian tengah rambut sampai ke bawah.
  • Bagi rambut menjadi kelompok kecil, lalu oleskan minyak rambut tersebut secara merata.
  • Pijat kulit kepala menggunakan jari-jari dengan lembut selama 10 menit.
  • Ikat rambut dengan ikatan longgar, lalu tutup kepala Anda dengan shower cap. Biarkan sampai satu jam.
  • Setelah itu bilas sampai bersih, gunakan sampo, dan beri kondisioner.

Setelah pemakaian pertama, rambut akan dua kali lebih lembut dan mengkilap. Untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, perawatan ini dapat dilakukan setidaknya dua kali selama sebulan.

3. Hot oil treatment

Bahan:

Cara membuat:

  • Siapkan panci dan atur kompor dalam api kecil, tambahkan 3 sendok makan minyak alpukat, dan biarkan mendidih selama beberapa detik.
  • Tambahkan minyak zaitun dan madu. Lalu biarkan hangat selama 30 detik atau sampai mencapai suhu yang nyaman. Matikan api dan biarkan minyak dingin. Jangan pernah menerapkan minyak panas langsung ke kulit.
  • Pastikan minyak dalam kondisi suam-suam kuku agar dapat menyerap dengan baik. Pijat kulit kepala menggunakan jari-jari dengan lembut selama 10 menit.
  • Diamkan rambut selama kurang lebih satu jam. Lalu bilas dan keramas sampai bersih.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What Are the Benefits of Using Avocado Oil on Hair? – http://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/avocado-oil-for-hair diakses pada 18 Juli 2017

Health Benefits of Avocado Oil – https://draxe.com/avocado-oil/ diakses pada 18 Juli 2017

What Are the Benefits of Avocado Oil? – http://www.livestrong.com/article/408594-what-are-the-benefits-of-avocado-oil/ diakses pada 18 Juli 2017

Avocado Oil for Hair Mask – http://www.allure.com/story/diy-avocado-hair-mask diakses pada 18 Juli 2017

Hass Avocado Composition and Potential Health Effects – https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3664913/ diakses pada 19 Juli 2017

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 06/09/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x