home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apa Saja Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut?

Apa Saja Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut?

Produk untuk perawatan rambut berbahan dasar Aloe vera atau lidah buaya marak di pasaran. Banyak yang meyakini jika ekstrak lidah buaya sangat baik untuk perawatan wajah hingga rambut. Apa saja manfaat lidah buaya untuk rambut?

Segudang manfaat lidah buaya untuk rambut

Artikel Kesehatan Perawatan Rambut dan Kulit Kepala

Dilansir dari laman Medical News today, ada segudang manfaat lidah buaya untuk rambut. Salah satu yang paling terkenal yaitu kemampuannya untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Kemampuan ini dimiliki Aloe vera karena di dalamnya terdapat:

Tak hanya itu, manfaat lain lidah buaya untuk rambut yakni membantu menyembuhkan dan memperbaiki sel-sel yang rusak di kulit kepala.

Jadi, ketika rambut rusak akibat sering menggunakan catok atau karena terkena sinar matahari, ekstrak lidah buaya bisa jadi solusinya.

Lidah buaya membuat kulit kepala nyaman dan mengurangi gatal

Tak sampai di situ, manfaat lidah buaya untuk rambut yang bisa Anda dapatkan selanjutnya yaitu mengurangi gatal di area kepala. Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh dermatitis seboroik.

Dermatitis seboroik merupakan masalah yang terjadi karena kulit kepala meradang hingga membuat lapisan kulit mengelupas dan akhirnya muncul masalah ketombe. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh jamur.

Lidah buaya memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri yang bisa membantu melawan kondisi dermatitis seboroik tersebut. Di samping itu, Aloe vera juga memiliki sifat anti-radang yang bisa membuat kulit kepala yang teriritasi jadi terasa lebih baik.

Cara menggunakan Aloe vera di rambut

perawatan rambut

Orang yang menggunakan Aloe vera untuk rambut bisa memilih sendiri ingin menggunakan lidah buaya seperti apa. Ada yang menggunakan gel lidah buaya, atau bisa juga menggunakan gel lidah buaya segar langsung ke kulit kepala.

Jika Anda ingin menggunakan tanaman Aloe vera asli, Anda dapat melakukannya dengan cara di bawah ini.

  • Potong daun dari tanaman Aloe vera.
  • Gunakan sendok untuk mengambil gel dalam daun lidah buaya.
  • Kumpulkan semua gelnya dan tambahkan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Campuran dengan minyak ini pilihan, Jika tidak suka, Anda dapat melewatinya.
  • Kemudian gosokan gel Aloe vera tersebut langsung ke kulit kepala.
  • Biarkan gel Aloe vera menempel hingga satu jam.
  • Ulangi proses ini setiap 2 – 3 kali seminggu.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Dresden Daniele. Benefits of Aloe Vera for Hair. [Online] Tersedia pada: https://www.medicalnewstoday.com/articles/319114.php?sr (Diakses 15 September 2018)

Rajapet Meenal. 2017. How to Use Aloe Vera Gel for Hair Growth. [Online] Tersedia pada: https://www.stylecraze.com/articles/aloe-vera-for-hair/#gref (Diakses 15 September 2018)

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Tanggal diperbarui 3 minggu lalu
x