Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Yuk, Pakai Minyak Kelapa untuk Rambut Indah dan Berkilau!

    Yuk, Pakai Minyak Kelapa untuk Rambut Indah dan Berkilau!

    Tidak hanya berguna bagi kesehatan, minyak kelapa ternyata juga bisa dipakai sebagai perawatan rambut. Nah, agar Anda tidak salah memakai minyak kelapa untuk rambut, simak penjelasannya di sini.

    Manfaat minyak kelapa untuk rambut

    minyak kelapa memengaruhi testosteron

    Minyak kelapa adalah salah satu minyak terbaik untuk merawat rambut. Pasalnya, minyak yang berasal dari buah tropis ini bekerja dengan memenuhi protein di rambut.

    Sejumlah penelitian melaporkan bahwa minyak kelapa baik untuk mencegah kekurangan protein di rambut. Temuan ini kemudian dibandingkan dengan minyak mineral dan minyak bunga matahari, baik sebelum maupun setelah mencuci rambut (keramas).

    Hal ini mungkin dikarenakan minyak kelapa mengandung asam laurat yang cukup tinggi. Dengan begitu, minyak rambut yang satu ini memiliki struktur yang panjang dan lurus. Alhasil minyak kelapa lebih mudah diserap oleh batang rambut.

    Nah, berikut ini ada berbagai manfaat yang ditawarkan oleh minyak kelapa untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

    1. Merawat rambut yang mudah rontok

    Salah satu manfaat minyak kelapa yang sudah terbukti adalah merawat rambut rontok. Penelitian dari Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research menyebutkan bahwa minyak kelapa dapat menumbuhkan dan menebalkan rambut.

    Meski begitu, penelitian ini hanya diujicobakan pada tikus percobaan, sehingga masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk melihat keefektifannya.

    Selain itu, hasil dari minyak yang kaya akan asam lemak ini dinilai lebih manjur dibandingkan kondisioner rambut dan minyak mineral pada umumnya.

    2. Membantu mengatasi ketombe

    Selain rambut rontok, minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe.

    Begini, ketombe adalah serpihan kulit yang berasal dari lapisan sel kulit mati di kepala. Masalah ini bisa diperparah oleh infeksi jamur, eksim, psoriasis, dan masalah kulit kepala lainnya.

    Dengan hadirnya minyak kelapa, kandungan antioksidan di dalamnya dipercaya dapat melindungi kulit kepala dari radikal bebas. Bahkan, minyak rambut ini juga dinilai membantu merangsang pertumbuhan dan perbaikan jaringan kulit.

    Itu sebabnya, banyak orang yang menggunakan minyak kelapa (coconut oil) sebagai salah satu obat masalah ketombe.

    3. Mencegah rambut mengembang dan keriting

    Pernahkah ketika berada di tempat yang lebih lembap, rambut Anda mulai menjadi ikal dan berantakan? Jika iya, tentu hal ini dapat mengganggu penampilan, bukan?

    Solusi dari masalah tersebut adalah minyak kelapa. Hal ini dikarenakan minyak kelapa dapat mencegah rambut menyerap air pada iklim yang lembap. Alih-alih air, batang rambut akan menyerap minyak kelapa yang membuat rambut terasa lebih lembut.

    Oleh karena itu, usahakan untuk mengaplikasikan minyak kelapa sebelum mengunjungi daerah beriklim lembap dan kering.

    4. Mengurangi risiko rambut bercabang

    Ujung rambut yang bercabang tentu dapat merusak kesehatan rambut secara keseluruhan. Satu-satunya jalan untuk mengatasi masalah ini adalah memotong ujung rambut.

    Anda juga tidak perlu khawatir karena ternyata ada salah satu cara mengurangi risiko ujung rambut yang bercabang, yaitu menggunakan minyak kelapa. Khasiat minyak kelapa untuk rambut yang satu ini terjadi karena tingkat penyerapannya yang tinggi.

    Maksudnya, minyak kelapa lebih mudah terserap oleh batang rambut dibandingkan minyak lainnya. Hal ini ternyata membantu mencegah rambut mudah patah dan ujung rambut yang bercabang.

    Meski begitu, Anda tetap disarankan untuk rutin memotong ujung rambut sambil mengoleskan minyak kelapa pada ujung rambut. Dengan begitu, rambut akan tumbuh lebih cepat.

    minyak kelapa lebih baik menyerap ke helai rambut daripada minyak mineral dan jenis minyak lainnya. Ini dapat membantu mencegah rambut patah dan bercabang.

    5. Mencegah kerusakan rambut akibat terpapar panas

    mengembalikan warna rambut

    Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa ternyata sangat berpengaruh terhadap protein keratin yang ada pada rambut. Protein keratin ini penting untuk kesehatan rambut.

    Sebagai contoh, rambut yang terpapar panas terlalu sering akan mengikis rambut dan menyebabkan rambut rusak. Minyak kelapa juga dapat mengisi ruang yang dapat dimasuki oleh debu, kotoran, dan bahan kimia pada rambut karena menyerap lebih dalam.

    Cara memakai minyak kelapa untuk kesehatan rambut

    Selain mengoleskan langsung ke kulit kepala, ternyata ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh manfaat bahan ini untuk rambut. Apa saja?

    1. Masker rambut

    Salah satu cara memanfaatkan minyak kelapa sebagai perawatan rambut adalah mengolahnya menjadi masker untuk rambut. Nah, Anda bisa membuat masker rambut yang terbuat dari minyak kelapa dengan cara di bawah ini.

    Bahan:

    • 2 sdm minyak zaitun
    • 2 sdm madu
    • 2 sdm yogurt
    • 2 sdm minyak kelapa

    Cara membuatnya:

    • Campurkan semua bahan hingga teksturnya membentuk pasta
    • Oleskan pada kulit kepala
    • Pijat selama 5 – 10 menit
    • Biarkan selama 45 – 60 menit
    • Cuci rambut dengan sampo
    • Bila sudah kering, oleskan 1 sendok teh minyak kelapa pada kulit kepala
    • Biarkan menyerap

    2. Mencampurnya dengan produk perawatan rambut lain

    manfaat minyak kelapa untuk kesehatan

    Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan rambut berketombe dengan mencampurnya ke dalam produk sampo dan kondisioner. Bahkan, Anda juga bisa menambahkannya pada produk penata rambut.

    Cara memakainya:

    • Campurkan beberapa tetes minyak kelapa ke dalam sampo atau kondisioner
    • Aduk hingga rata
    • Gunakan seperti biasanya pada rambut
    • Lihat hasilnya setelah beberapa minggu pemakaian

    Penggunaan minyak kelapa memang bermanfaat untuk kesehatan rambut, mulai dari mengatasi rambut yang kering, bercabang, hingga rambut rontok. Namun, belum ada penelitian khusus yang membuktikan bahwa minyak kelapa dapat mempercepat pertumbuhan rambut.


    Pernah alami gangguan menstruasi?

    Gabung bersama Komunitas Kesehatan Wanita dan dapatkan berbagai tips menarik di sini.


    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Understanding Hair Loss due to Air Pollution and the Approach to Management. (2015), 05(01). https://doi.org/10.4172/2167-0951.1000133. Retrieved 11 November 2020. 

    Jain, Pushpendra & Das, Debajyoti. (2015). Evaluating hair growth potential of some traditional herbs. Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research. 8. 150-152. Retrieved 11 November 2020. 

    Gavazzoni Dias M. F. (2015). Hair cosmetics: an overview. International journal of trichology, 7(1), 2–15. https://doi.org/10.4103/0974-7753.153450. Retrieved 11 November 2020. 

    Vala GS, et al. (2014). Medicinal benefits of coconut oil. Retrieved 11 November 2020, from https://www.researchgate.net/profile/Gambhirsinh_Vala2/publication/280574942_Medicinal_Benefits_of_Coconut_Oil_A_Review_paper/links/55bb561b08ae092e965ed871/Medicinal-Benefits-of-Coconut-Oil-A-Review-paper.pdf 

    Get radiant skin, hair, and nails naturally. (2015). Mayo Clinic Health System. Retrieved 11 November 2020, from https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/get-radiant-hair-skin-and-nails-naturally

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui Jan 06
    Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro
    Next article: