Perawatan Rambut Botak, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Rambut rontok yang tidak ditangani dengan baik memang dapat berujung pada kebotakan. Alhasil, beberapa orang memilih untuk tetap memiliki kepala botak dibandingkan harus menumbuhkan rambut kembali. Bagaimana langkah perawatan rambut botak?

Segudang perawatan rambut botak

mencegah kebotakan pada pria

Beberapa orang percaya bahwa memiliki kepala botak artinya tidak perlu melakukan perawatan terlalu banyak seperti saat ditumbuhi rambut. Anda mungkin tidak akan menghabiskan waktu lebih banyak ketika keramas (mencuci rambut), tetapi hal ini tidak benar adanya. 

Faktanya, Anda tetap harus merawat kepala botak meski tidak ada rambut yang tumbuh di atasnya. Apa saja yang perlu dilakukan?

1. Tetap pakai sampo dan kondisioner

Kepala yang botak nantinya akan ditumbuhi rambut-rambut kecil. Nah, hal ini yang membuat Anda harus tetap mempertahankan perawatan rambut seperti biasanya. 

Hal ini dikarenakan minyak dan kotoran akan lebih mudah menumpuk pada kulit kepala yang botak. Itu sebabnya, Anda tetap perlu memakai sampo dan kondisioner saat keramas agar kulit kepala tidak mengelupas. 

Beberapa dari Anda mungkin memilih sabun mandi biasa sebagai perawatan rambut yang botak. Namun, hal ini tidak dianjurkan karena dapat membuat kulit kepala kering. 

2. Lindungi kepala dari paparan sinar matahari

topi penyebab kebotakan pria

Selain tetap menggunakan sampo saat keramas, perawatan rambut botak lainnya adalah melindungi kulit kepala dari paparan sinar matahari. 

Anda bisa memulainya dengan mengoleskan tabir surya pada kulit kepala sebelum ke luar rumah, lalu kenakan topi sebagai perlindungan tambahan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko terkena sengatan sinar UV yang dapat menyebabkan kanker kulit. 

Cara merawat rambut botak ini juga membantu membuat kulit kepala terasa lebih nyaman. Selalu gunakan tabir surya pada kulit kepala meskipun cuaca dalam keadaan mendung karena tetap dapat menyebabkan masalah pada kulit kepala

3. Pijat kulit kepala

Pijat kulit kepala memang sudah menjadi salah satu ritual untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Mengapa demikian? 

Perawatan rambut botak ini diperlukan untuk meningkatkan aliran darah di kulit kepala agar rambut tumbuh dengan sehat. Untungnya, pijatan kulit kepala sangat mudah dilakukan sendirian tanpa bantuan dari orang lain. 

Cara melakukannya

  • Pijat kulit kepala dengan 10 ujung jari dengan lembut
  • Gerakkan jari-jari mulai dari dahi, puncak kepala, hingga leher
  • Lakukan pijatan selama 2 – 5 menit 

4. Kelola stres dengan baik

Masalah kebotakan akibat rambut rontok yang parah terkadang bisa dipicu oleh tingkat stres yang tinggi. Jika Anda stres, tentu hal ini akan memengaruhi pertumbuhan rambut dan mempercepat rambut rontok kembali.

Nah, agar hal ini tidak terjadi pada Anda, usahakan untuk mengelola stres dengan baik. Anda bisa mulai hal-hal yang cocok untuk diri sendiri, seperti meditasi dan yoga untuk membantu mengurangi siklus rambut rontok.

Tips Mengatasi Kulit Kepala Gatal Berdasarkan Penyebabnya

5. Rutin berkonsultasi dengan dokter

Sebenarnya perawatan rambut botak, terutama ketika Anda mengalami alopecia areata adalah menemui dokter spesialis kulit. Berkonsultasi dengan dokter akan membantu untuk mencari tahu perawatan apa yang tepat untuk kulit kepala Anda.

Penting untuk dipahami bahwa terkadang dokter kulit akan merekomendasikan untuk menunggu dan melihat terlebih dahulu kondisi Anda. Jika Anda memiliki beberapa titik pada area rambut yang rontok, ada kemungkinan rambut akan tumbuh dengan sendirinya.

Dokter kulit juga akan memberikan cara merawat rambut botak. Bahkan, perawatan ini bisa dilakukan ketika Anda mengalami kerontokan pada bulu mata, alis, atau rambut pada tubuh area lainnya.

Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar perawatan rambut botak, silakan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Cara Memanfaatkan Es Batu Untuk Wajah Lebih Cerah

Es batu tidak hanya menyegarkan tubuh saat diminum, namun es batu untuk wajah banyak manfaatnya. Es batu dapat mengatasi masalah pada kulit wajah Anda.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Kulit 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Pilihan Cara Menghilangkan Selulit yang Mengganggu

Banyak yang menyangka penyebab selulit adalah tumpukan lemak di tubuh, namun ini ternyata kurang tepat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan selulit?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 5 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

5 Cara untuk Mengetahui Produk Skincare Anda Cocok dengan Kulit

Kulit dapat menunjukkan tanda tertentu saat dipakaikan produk skincare baru. Begini cara mengetahui apakah skincare Anda cocok atau tidak.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 2 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Begini Urutan Pemakaian Skincare Wajah untuk Malam Hari

Setelah cuci muka sebelum tidur, Anda kemudian pakai pelembap atau krim mata dulu? Simak urutan skincare malam yang tepat berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit



Direkomendasikan untuk Anda

brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
penyebab bulu mata rontok

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
minyak jojoba untuk melawan keriput

Penuaan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit