home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Botox Rambut Efektif Mengatasi Rambut Rontok?

Apakah Botox Rambut Efektif Mengatasi Rambut Rontok?

Setelah mencoba berbagai cara mengatasi rambut rontok tapi tak kunjung membuahkan hasil, Anda mungkin sedang kehabisan akal untuk mencari cara lain. Ada satu cara baru yang dipercaya bisa mengatasi rambut rontok, yaitu botox rambut. Ya! Bukan cuma penampilan wajah yang bisa kembali diremajakan dengan botox, rambut Anda juga bisa. Akan tetapi, apakah benar efektif?

Untuk apa botox rambut?

Tujuan dari melakukan botox pada rambut adalah untuk menguatkan helai rambut dengan mengisi kembali serat-serat rambut yang hilang karena usia. Perawatan ini bisa memperbaiki area batang rambut yang sudah rapuh, pecah-pecah, ataupun rambut yang tipis. Itu sebabnya botox juga dapat membuat rambut tampak lebih tebal, halus, dan sehat bercahaya.

Beda dengan suntik botox wajah yang menggunakan racun botulinum yang sudah dijinakkan, ramuan untuk botox rambut menggunakan banyak bahan berbeda. Umumnya adalah minyak kaviar, peptida BONT-L, vitamin B5, vitamin E, dan kolagen.

Siapa saja yang bisa melakukan botox untuk rambut?

Botox dipercaya efektif untuk mengatasi berbagai masalah rambut yang umum, seperti:

  • Rambut bercabang
  • Rambut menipis, kurang bervolume (lepek), atau warnanya kusam
  • Rambut yang rusak setelah smoothing atau rebonding

Pada umumnya, botox dianggap aman untuk semua jenis rambut, termasuk jenis rambut keriting. Bisa juga dijadikan sebagai perawatan sebelum meluruskan rambut supaya tetap kuat.

Bagaimana cara kerjanya?

Botox rambut dilakukan dengan cara melapisi setiap helai rambut Anda dengan krim atau shampo khusus untuk membuka kutikula rambut. Kemudian, kulit kepala Anda akan dipijat untuk membuat produk semakin meresap. Rambut akan dibiarkan basah selama 20-90 menit kemudian dikeringkan atau mungkin juga dicatok dengan alat filler yang berisi keratin.

Seberapa efektifkah botox rambut?

Botox rambut cukup populer beberapa waktu belakangan ini. Maka, tak jarang ada banyak beberapa salon rumahan yang menawarkan jasa botox semurah mungkin untuk menarik pelanggan.

Meski begitu, sebenarnya sulit untuk mengukur seberapa efektif dan aman metode perawatan ini untuk mengatasi berbagai masalah rambut. Tidak begitu banyak bukti ilmiah yang memfokuskan penelitiannya tentang efektivitas dan risiko bahaya botox rambut yang sebenarnya.

Untuk berjaga-jaga dan supaya mendapatkan hasil yang terbaik, sebaiknya kunjungi salon rambut yang sudah terbukti kualitas jasanya. Hasil botox rambut biasanya bertahan hingga 2-4 bulan, meski bisa bervariasi untuk setiap orang. Gunakan shampo rendah sulfat untuk membuat hasil botox pada rambut Anda lebih tahan lama.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

 

Botoks for hair https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/botox-for-hair Diakses pada 01 Februari 2018.

What is botox for hair https://www.medicalnewstoday.com/articles/320373.php 01 Februari 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 14/02/2018
x