backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

5 Tips Merawat Rambut Panjang yang Katanya Susah

Ditinjau secara medis oleh dr. Yusra Firdaus · General Practitioner · Rumah Sakit Permata Bekasi


Ditulis oleh Diah Ayu Lestari · Tanggal diperbarui 30/11/2022

    5 Tips Merawat Rambut Panjang yang Katanya Susah

    Orang-orang yang memiliki rambut panjang biasanya lebih rentan terhadap berbagai masalah rambut. Namun, jangan jadikan ini penghalang untuk memiliki rambut panjang yang indah tergerai. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat rambut panjang agar tetap sehat berkilau.

    Cara mudah merawat rambut panjang

    Anda tak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk merawat rambut panjang. Berikut adalah beberapa tips yang cukup efektif:

    1. Memotong ujung rambut secara rutin

    Ujung rambut adalah bagian yang paling rentan menjadi bercabang dan mengalami kerusakan. Jika Anda membiarkan ujung rambut yang rusak tetap tumbuh, kerusakan dapat merambat ke bagian rambut yang masih sehat.

    Memotong ujung rambut secara rutin membantu Anda mencegah hal ini. Waktu yang disarankan untuk memotong ujung rambut adalah setiap 10-12 minggu sekali. Jika Anda sering menggunakan catokan, potonglah ujung rambut setiap 6-8 minggu sekali.

    2. Menyisir rambut dengan hati-hati

    Menyisir adalah cara paling sederhana untuk merawat rambut panjang. Saat menyisir rambut, gunakan bagian sisir yang jarang terlebih dulu untuk mengurai bagian rambut yang kusut. Setelah itu, barulah gunakan bagian sisir yang lebih rapat

    Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah. Keringkan dahulu dengan handuk yang lembut, lalu semprotkan vitamin khusus untuk melindungi permukaan rambut. Begitu rambut mulai mengering, sisirlah rambut Anda dari bagian akar hingga ke ujung.

    3. Memijat kulit kepala secara rutin

    Cara yang satu ini terbukti efektif untuk merawat rambut panjang sekaligus meningkatkan ketebalan rambut. Saat Anda memijat kulit kepala, aliran darah menuju folikel rambut akan meningkat. Rambut pun mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh dengan sehat.

    Pastikan Anda memijat kulit kepala dengan cara yang tepat untuk memperoleh manfaatnya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda cermati:

    • Bersihkan rambut Anda dari sisa sampo sebelum memijat.
    • Gunakan minyak saat memijat kulit kepala. Anda dapat menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak nabati lainnya.
    • Pijat seluruh bagian kulit kepala Anda secara merata. Jangan lupa memijat belakang kepala dan batas antara garis tumbuhnya rambut dengan wajah.
    • Saat memijat, gunakan ujung jari Anda. Jangan menggunakan kuku.

    menumbuhkan rambut

    4. Menggunakan masker rambut

    Penggunaan masker rambut adalah cara yang efektif untuk merawat dan membuat rambut panjang semakin indah. Anda dapat membuat masker dari berbagai macam bahan. Pilihlah bahan yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.

    Berikut adalah beberapa contoh bahan yang bisa Anda gunakan:

    • Minyak kelapa dan madu untuk memperbaiki rambut yang rusak
    • Minyak kelapa dan kayu manis untuk pertumbuhan rambut
    • Telur dan lemon untuk rambut berminyak
    • Brown sugar dan minyak zaitun atau telur dan mayones untuk rambut kering
    • Pisang, yogurt, dan madu untuk rambut yang susah diatur

    5. Hindari terlalu sering keramas

    Keramas dapat membersihkan rambut dari berbagai macam kotoran. Namun, terlalu sering keramas justru menghilangkan kandungan minyak alami pada rambut. Rambut akhirnya tidak lagi lembut, lebih mudah rusak, dan tampak lebih tipis.

    Keramas setiap tiga hari sekali masih terbilang cukup jika Anda tidak terlalu banyak berkeringat. Saat keramas, fokuslah pada bagian tengah dan ujung rambut karena di sinilah kotoran paling banyak terkumpul.

    Cara merawat rambut panjang sebetulnya cukup sederhana dan efektif asalkan Anda tekun menjalaninya. Anda bisa memulai dengan menerapkan berbagai tips di atas dan menjadikannya sebagai rutinitas.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Yusra Firdaus

    General Practitioner · Rumah Sakit Permata Bekasi


    Ditulis oleh Diah Ayu Lestari · Tanggal diperbarui 30/11/2022

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan