home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Serba-serbi Sambung Rambut (Hair Extension) yang Kerap Dilakukan di Salon

Serba-serbi Sambung Rambut (Hair Extension) yang Kerap Dilakukan di Salon

Selain rambut sehat, sebagian orang juga menginginkan rambut panjang indah berkilau. Meski begitu, memanjang rambut secara alami ternyata sulit dan lama. Kabar baiknya, Anda bisa mengubah tampilan rambut agar panjang dan terlihat tebal, yaitu dengan sambung rambut (hair extension).

Apa itu sambung rambut (hair extension)?

hair extension atau sambung rambut

Hair extension adalah metode sambung rambut dengan menambahkan sejumlah helai rambut ke rambut yang sudah Anda miliki. Tujuan dari perawatan ini adalah memanjangkan rambut dan membantu mengisi rambut yang tipis.

Metode memanjangkan rambut ini lebih disukai oleh pemilik rambut pendek. Rambut sambungan nantinya akan menyatu dengan rambut alami dan membuat rambut tampak lebih panjang dengan cepat.

Metode sambung rambut

Hair extension ternyata tidak semudah kedengarannya. Anda bisa memilih berbagai jenis hair extension dengan proses waktu yang berbeda-beda. Saat perawatan di salon, penata rambut biasanya akan bertanya dahulu durasi waktu yang Anda miliki untuk menggunakan rambut sambung.

Beberapa metode mungkin akan terlihat bagus, tetapi tentu dengan harga yang tidak sedikit. Semakin banyak tenaga dan fokus yang dibutuhkan untuk menyambung rambut, semakin besar biaya yang akan dikeluarkan.

Kenali apa saja metode sambung rambut yang sesuai dengan waktu dan kantong Anda berikut ini.

Weaving/stitching hair extensions (tenun rambut)

sampo kuda untuk memanjangkan rambut

Salah satu metode sambung rambut yang paling populer adalah weaving hair extensions. Metode yang satu ini memanfaatkan sedikit helai rambut yang ada di kepala Anda dan akan ditenun secara horizontal di kulit kepala.

Lalu, bagian tambahan ini akan dijahit menggunakan jarum dan benang khusus. Jenis sambung rambut yang satu ini disebut lebih aman dan tahan lama. Namun, Anda harus mempunyai rambut yang tebal untuk menutupi kepang dasar dengan benar.

Meski begitu, menenun rambut dapat menyebabkan rasa sakit di kulit kepala dan terkadang terasa berat, serta tidak nyaman.

Micro bonds

Selain tenun rambut, metode hair extension lainnya adalah micro bonds. Micro bonds memakai lingkaran kecil untuk menarik rambut alami dan manik logam untuk menjepit dan mengikat rambut sambung pada rambut alami Anda.

Micro bonds biasanya menciptakan hasil yang cukup memuaskan. Akan tetapi, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari perawatan sambung rambut sebagai berikut.

  • Hanya tergantung pada tekstur rambut.
  • Logam manik dapat membuat rambut tidak seimbang.
  • Membutuhkan panas yang dapat membuat rambut rusak.
  • Membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu 4 – 6 jam.

Fusion bonds

Fusion bonds adalah salah satu metode hair extensions yang membutuhkan paling banyak waktu dan tenaga. Namun, pilihan rambut sambung yang satu ini sifatnya permanen untuk memperpanjang dan meningkatkan volume rambut.

Fusion bonds menggabungkan rambut sambung ke rambut Anda dengan keratin. Cara ini biasanya dilakukan dengan jumlah yang cukup kecil tergantung pada jumlah dan biaya yang dibutuhkan.

Beberapa bahaya di bawah ini bisa muncul akibat menyambung rambut dengan fusion bonds.

  • Panas dari fusion bonds dapat merusak rambut.
  • Tidak dapat digunakan kembali.
  • Muncul reaksi seperti merasa kulit kepala gatal atau sensasi tarikan kencang di kepala.

Hair clip

Hair clip adalah pilihan hair extension yang paling terlihat tidak alami, tetapi tidak bersifat permanen. Itu sebabnya, Anda lebih mudah mencoba tampilan rambut baru tanpa harus merasa khawatir apakah akan merusak rambut atau tidak.

Pilihan rambut sambungan ini juga memiliki risiko rendah terhadap kerusakan dan membutuhkan waktu yang sebentar untuk pemakaian.

Caranya pun mudah. Penata rambut menggunakan rambut berbahan sintetis dan menempelkannya di rambut Anda. Bahkan, Anda malah tidak memerlukan perawatan di salon untuk metode yang satu ini.

Meski begitu, hair clip membutuhkan perawatan yang lebih banyak dibandingkan metode sambung rambut lainnya.

https://wp.hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/bahaya-catok-rambut-setiap-hari/

Jenis hair extension

Tidak hanya menawarkan metode yang berbeda, hair extension pun tersedia dalam berbagai jenis. Jenis rambut sambung nantinya akan ditentukan berdasarkan gerakan dan tipe rambut yang Anda miliki. Berikut daftarnya.

  • Rambut yang tidak pernah terpapar bahan kimia, alias rambut alami.
  • Remy, yaitu rambut yang pernah terpapar bahan kimia dalam tingkat rendah.
  • Composite, yaitu kombinasi rambut dan bahan sintetis lainnya, biasa dikumpulkan dari rambut yang rontok alami.

Cara merawat rambut sambungan

bahan alami rambut rontok

Rambut extension memang membuat rambut tampak lebih cantik dan bervolume. Dengan berbagai metode dan jenis yang ada, tentu cara memanjangkan rambut yang satu ini memerlukan perawatan yang lebih ekstra.

Hal ini dikarenakan rambut akan lebih mudah rusak dan rontok bila salah merawatnya. Berikut ini beberapa cara merawat hair clip dan sambung rambut lainnya.

1. Jaga kesehatan rambut sambung

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat merawat hair extension adalah menjaga kesehatannya secara keseluruhan. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan harus dihindari saat menggunakan rambut yang disambung sebagai berikut.

  • Mengikat rambut dengan kendur agar rambut sambung tidak kusut.
  • Menyisir rapi rambut sambung bila tidak banyak bergerak saat tidur.
  • Menyisir dari bawah ke atas untuk menghindari rambut kering dan kusut.
  • Melepas dan menyimpan hair clip saat tidak dipakai dan gulung menggunakan kertas.
  • Menghindari penggunaan rambut sambung bekas pakai karena akan mudah kusut.
  • Mencatok bagian sambungan rambut yang memiliki lem atau ring.

https://wp.hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/cara-mengatasi-kulit-kepala-berminyak/

2. Keramas dengan benar

Mencuci rambut (keramas) adalah salah satu cara merawat rambut, termasuk saat Anda menggunakan hair extension. Namun, mencuci rambut sambungan ternyata memerlukan teknik khusus sebagai berikut.

  • Rutin keramas 3 kali seminggu dengan produk sampo berbahan ringan.
  • Hindari memakai air panas karena dapat merusak lem rambut sambungan.
  • Tegakkan atau dongakkan kepala saat keramas dan gerakkan jari secara vertikal atau horizontal.
  • Jangan gosok rambut atau kulit kepala terlalu keras.
  • Tidak disarankan keramas dengan gerakan memutar karena membuat rambut kusut.
  • Oleskan kondisioner pada ujung rambut untuk menjaga daya tahan lem.
  • Hindari penggunaan hair dryer karena dapat membuat lem sambung tidak kuat.
  • Keringkan rambut secara alami.

3. Ganti gaya rambut sesekali

Untuk menjaga kesehatan rambut sambungan, sebaiknya istirahatkan rambut dari metode penyambungan sesekali. Gunakan gaya rambut sambung ini setidaknya 2 – 3 bulan, lalu beri jeda waktu dengan mengganti gaya rambut.

Tidak hanya itu, Anda juga dianjurkan untuk mengecek rambut sebulan sekali ke salon atau klinik tempat memasang hair extension. Hal ini bertujuan untuk merapikan rambut agar tidak kusut dan menempelkan rambut yang mulai lepas.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to prevenet hair damage from a weave or extensions. (n.d). American Academy of Dermatology. Retrieved 9 November 2020, from https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/insider/stop-damage/prevent-hair-damage-weave-extensions

What are the different types of hair extension?. (2019). Minnesota School of Cosmetology. Retrieved 9 November 2020, from https://www.msccollege.edu/blogs/hair/what-are-the-different-types-of-hair-extensions/ 

Pros and Cons of Hair Extensions. (2017). Ogle School. Retrieved 9 November 2020, from https://www.ogleschool.edu/blog/pros-cons-hair-extensions/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 25/11/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro