home

Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Rekomendasi Vitamin untuk Cegah Kulit Wajah Kusam dan Rambut Rontok

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

DISPONSORI OLEH:

Rekomendasi Vitamin untuk Cegah Kulit Wajah Kusam dan Rambut Rontok

Punya kulit kusam dan rambut rontok meski sudah melakukan perawatan rutin? Bisa jadi, masalah utama dari dua kondisi tersebut belum teratasi. Selain melakukan perawatan dari luar dengan menggunakan produk skincare, perawatan dari dalam tubuh secara alami juga penting. Yuk, cari tahu vitamin untuk mengatasi dan mencegah kulit wajah kusam serta rambut rontok berikut ini!

Penyebab umum kulit kusam dan rambut rontok

Sebelum mengetahui rekomendasi vitamin untuk mencegah kulit wajah kusam dan rambut rontok, Anda perlu tahu dulu penyebab keduanya.

Kulit kusam merupakan salah satu keluhan yang kerap terjadi pada semua jenis kulit.

Berikut beberapa faktor pemicu kulit kusam:

Padahal sebenarnya, kondisi ini bisa dengan mudah dicegah, lho.

Memiliki sedikit kemiripan dengan kulit kusam, rambut rontok juga umumnya terjadi karena rutinitas sehari-hari yang tidak disadari.

Jika dilihat dari berbagai penyebab, American Academy of Dermatology menyebutkan beberapa hal yang dapat membuat rambut rontok:

  • Kekurangan nutrisi tertentu seperti vitamin C, vitamin E, B7, protein, dan zinc
  • Efek samping penggunaan pewarna rambut
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Stres

Di antara keduanya, asupan gizi yang buruk sama-sama memicu kerusakan pada kulit maupun rambut.

Biotin, kolagen, vitamin E, protein, dan zinc merupakan nutrisi penting yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan juga rambut.

Oleh karenanya, kekurangan asupan biotin, vitamin C, vitamin E, protein dan zinc seperti dapat menjadi penyebab masalah pada kulit serta rambut.

Dilansir dari studi dalam jurnal Dermatology Practical & Conceptual, defisiensi nutrisi atau malnutrisi dapat mengakibatkan kerontokan rambut.

Begitu pun dengan kulit kusam yang sering kali dikaitkan akibat radikal bebas seperti polusi udara dan kekurangan nutrisi, dilansir dari Dermato Endocrinology.

Oleh karena itu, untuk mengurangi kondisi ini disarankan untuk memiliki pola makan yang sehat atau konsumsi vitamin untuk kulit wajah kusam dan rambut rontok.

Nutrisi yang baik untuk cegah kulit kusam dan rambut rontok

Setelah mengetahui faktor penyebabnya, ternyata ada cara alami untuk mencegah kulit kusam dan rambut rontok.

Beberapa perubahan gaya hidup misalnya, mulai dari mengubah pola makan menjadi lebih sehat, melindungi diri dari paparan sinar matahari, dan mengelola stres dengan baik.

Selain itu, langkah pencegahan juga bisa dilakukan dengan menambah asupan vitamin yang mengandung nutrisi penting untuk kulit kusam dan rambut rontok, seperti berikut.

Kolagen

Kolagen memiliki fungsi untuk meregenerasi kulit. Dengan begitu bisa menunda penuaan, menyamarkan garis halus, membuat wajah terlihat cerah bebas kusam, dan melembabkan sehingga kulit jadi kenyal.

Tak hanya itu, kolagen juga dapat memperkuat rambut, melancarkan sirkulasi darah ke kulit, serta menjaga folikel rambut dari kerusakan.

Biotin

Biotin yang juga dikenal sebagai Vitamin H atau Vitamin B7 memiliki manfaat untuk menumbuhkan rambut, menutrisi kuku, dan mengatasi kerusakan kulit.

Zinc

Kurangnya asupan zinc pada tubuh akan menyebabkan kondisi rambut rontok dan masalah kulit seperti jerawat.

Jika konsumsi zinc harian terpenuhi, dapat bermanfaat melindungi kulit dari peradangan seperti eksim.

Vitamin E

Vitamin E telah terkenal sebagai antioksidan yang bagus untuk mengatasi permasalahan kulit dan rambut.

Sebagai contoh, mendukung perlindungan lapisan epidermis, mencegah kulit kusam, menstimulasi pertumbuhan rambut, dan memperkuat akar rambut.

Pilih vitamin untuk wajah kusam dan rambut rontok sekaligus

Bingung bagaimana cara mendapatkan semua nutrisi sekaligus dari bahan makanan?

Konsumsi suplemen tambahan dengan komposisi lengkap seperti Youvit Beauti+ dan Youvit x Erha Collagen adalah solusinya!

Youvit Beauti+ dan Youvit x Erha Collagen terbuat dari bahan alami yang membantu kurangi kondisi kulit kusam dan rambut rontok.

Youvit Beauti+ mengandung berbagai nutrisi seperti zinc, vitamin E, dan biotin.

Beragam kandungan ini memiliki beragam manfaat, yaitu sebagai berikut.

Sementara itu, Youvit x Erha Collagen yang terbuat dari VERISOL® cocok dikonsumsi sebagai vitamin untuk mencegah kulit kusam.

Ini karena kandungannya yang terdiri dari vitamin C dan kolagen.

Kombinasi keduanya dapat melembabkan dan meningkatkan kekenyalan kulit, mengurangi garis-garis halus, serta menjaga elastisitas kulit.

Jadi, sudah tak pusing lagi kan mencari vitamin untuk kulit wajah yang kusam dan rambut rontok?

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Emily L. Guo, Rajani Katta (2017). Diet and hair loss: effects of nutrient deficiency and supplement use. Dermatology Practical Conceptual, 7(1):1-10.  doi: 10.5826/dpc.0701a01.

Mohammad Abid Keen, Iffat Hassan (2016). Vitamin E in dermatology. Indian Dermatology Online Journal, 7(4): 311–315. doi: 10.4103/2229-5178.185494

Causes of hair loss | HAIR LOSS: WHO GETS AND CAUSES. Diakses 2 Desember 2021, https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/causes/18-causes 

Liane Bolke, Gerrit Schlippe, Joachim Ger, Werner Voss (2019). A Collagen Supplement Improves Skin Hydration, Elasticity, Roughness, and Density: Results of a Randomized, Placebo-Controlled, Blind Study. Nutrients. 11(10):2494. doi: 10.3390/nu11102494

Min Seong Kil, Chul Woo Kim, Sang Seok Kim (2013). Analysis of Serum Zinc and Copper Concentrations in Hair Loss. Annals of Dermatology, 25(4):405-409. doi: 10.5021/ad.2013.25.4.405

Schagen, S., Zampeli, V., Makrantonaki, E. and Zouboulis, C., 2012. Discovering the link between nutrition and skin aging. Dermato-Endocrinology, 4(3), pp.298-307.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adelia Dwitasari Diperbarui 4 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto