5 Tips Memilih Produk Anti Aging yang Tepat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Banyak produk perawatan kulit yang mengklaim menawarkan sejuta keunggulan untuk membuat kulit Anda tampak awet muda. Nah, untuk memudahkan dalam memilih produk anti aging mana yang cocok untuk Anda, simak sejumlah tips di bawah ini agar belanja produk kecantikan tak perlu lagi jadi momok yang menakutkan.

Tips memilih produk anti aging

1. Mulai dari tabir surya dan pelembap

Para ahli kulit setuju bahwa tabir surya dan pelembap merupakan produk anti aging yang paling efektif. Gunakan kedua produk tersebut secara rutin setiap hari sebelum Anda beraktivitas di luar rungan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Produk pelembap anti penuaan mengandung sejumlah bahan aktif yang bekerja efektif dalam meminimalisir tampilan garis-garis halus di wajah, beserta tanda-tanda penuaan dini lainnya. Maka dari itu, pelembap merupakan kunci utama Anda memerangi masalah penuaan dini.

Penting untuk selalu mengaplikasikan tabir surya yang menawarkan cakupan perlindungan spektrum yang luas, seperti ber-SPF 30 (atau yang lebih tinggi) dan yang tahan air, terutama jika hampir seluruh kegiatan Anda mengharuskan untuk berada di bawah sinar matahari terus menerus. Pastikan Anda mengoleskan kembali tabir surya setiap dua jam sekali saat beraktivitas di luar ruangan.

2. Fokus pada satu masalah dulu

Dalam memilih rangkaian produk perawatan kulit pendukung, yang paling penting adalah fokus terhadap satu masalah tertentu yang ingin Anda singkirkan. Misalnya keriput atau bintik hitam. Mengapa demikian?

Pertama, karena tidak ada produk yang dapat mengatasi semua tanda penuaan pada kulit secara sekaligus. Kedua, menggunakan lebih dari satu produk perawatan kulit anti penuaan dalam satu waktu dengan rutin dapat menimbulkan iritasi akibat efek samping yang ditimbulkan, yang mungkin tidak Anda ketahui. Hal ini justru malah akan membuat kulit Anda terlihat lebih tua.

3. Pilih produk yang diracik khusus untuk jenis kulit Anda

Tabir surya, pelembap, dan beragam produk anti penuaan lainnya akan bekerja lebih baik dan optimal bila mereka memang diformulasikan sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika kulit Anda cenderung berminyak, maka pilih pelembap yang memang dibuat khusus untuk kulit berminyak.

Bagi Anda yang jenis kulitnya sensitif, pastikan bahwa ada kata-kata “kulit sensitif” pada labelnya. Penting untuk mengetahui informasi-informasi sederhana (tapi penting) seperti ini, karena suatu produk belum tentu sesuai untuk jenis kulit semua orang.

Baca label produk dan pilih produk perawatan kulit yang menawarkan hal-hal berikut ini:

  • Hypoallergenic (produk yang masih dapat menimbulkan reaksi alergi tapi risikonya lebih kecil)
  • Non-comedogenic atau non-acnegenic (produk yang tidak menyebabkan komedo dan jerawat)

4. Pilih produk yang sesuai dengan kantong

Merupakan sifat alami manusia bila berpikir bahwa lebih mahal harga sebuah produk, maka hasilnya juga akan lebih baik. Kenyataannya, efektivitas produk perawatan kulit anti penuaan bisa Anda temukan dalam semua variasi harga, mulai dari yang terjangkau hingga yang mahal. Hal ini tergantung dengan kantong keuangan Anda sendiri.

5. Jangan lupa, berharaplah secara realistis

Janji iklan yang berlebihan, seperti, “Membuat kulit terlihat sepuluh tahun lebih muda dalam semalam,” merupakan mimpi yang terlalu indah untuk menjadi kenyataan. Segala produk perawatan kulit anti penuaan hanya akan memberikan hasil yang sederhana dan umumnya akan dirasakan secara bertahap, tidak instan.

Itu sebabnya, Anda tidak bisa mengharapkan kulit Anda hasilnya seperti habis operasi face lift hanya dengan menggunakan krim pelembap. Jadi, berharapkan secara realitis ketika Anda memilih produk antiaging. 

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda, buah stroberi dapat membantu mencegah katarak dan menurunkan tekanan darah? Apalagi manfaat buah merah asam ini untuk kesehatan tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Mengapa Wanita Lebih Sering Mendesah di Ranjang Dibanding Pria?

Menurut penelitian, desahan wanita belum jadi jaminan kalau ia merasa cukup terangsang. Lalu apa artinya? Ini dia jawaban dari para ahli!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Minuman campuran lemon dan madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain membantu meningkatkan imun tubuh, apa saja manfaat campuran lemon dan madu?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Kesehatan, Informasi Kesehatan 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Mengenal Kalori: Pengertian, Sumber, Kebutuhan Harian, dan Jenis-Jenisnya

Kalori adalah asupan penting yang dibutuhkan tiap orang, bahkan saat sedang diet. Namun, sebenarnya apa itu kalori dan berapa kebutuhan yang harus dipenuhi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Brigitta Maharani
Olahraga Lainnya, Kebugaran 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit



Direkomendasikan untuk Anda

pertolongan pertama keracunan makanan

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
fungsi testis

Mengenal Fungsi Testis, Anatomi, dan Risiko Penyakit yang Menyertainya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
ilustrasi pasca operasi usus buntu

Semua Hal yang Penting Diperhatikan Pasca Operasi Usus Buntu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
manfaat daun sirih daun sirih merah, rebusan daun sirih, manfaat daun sirih untuk wajah, manfaat daun sirih untuk kewanitaan

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah yang Sayang Dilewatkan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit