home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bagaimana Cara Membersihkan Make Up yang Tepat?

Bagaimana Cara Membersihkan Make Up yang Tepat?

Cara Anda membersihkan make up berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Jika caranya keliru, sisa make up pada wajah dapat menyumbat pori-pori, memicu timbulnya jerawat, dan mengakibatkan breakout. Simak cara tepatnya berikut ini.

Cara tepat membersihkan make up

menutupi jerawat

Banyak orang berpikir bahwa menggunakan make up remover saja sudah cukup untuk menghilangkan make up. Padahal, sisa make up masih dapat tertinggal di pori-pori kulit, terutama bila Anda tidak membersihkan make up dengan cara yang tepat.

Beberapa bahan tertentu dalam make up bahkan dapat memicu peradangan serta memerangkap minyak dan kotoran. Di bawah ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan guna mencegah masalah kulit akibat sisa make up.

1. Membersihkan area mata dengan lembut

Make up mata umumnya lebih sulit dibersihkan, khususnya bila Anda menggunakan maskara dan eyeliner tahan air. Kulit mata juga lebih tipis dan sensitif, jadi Anda tidak disarankan membersihkan area ini dengan cara menggosoknya.

Untuk membersihkan make up mata, ikuti langkah di bawah ini.

  1. Basahi kapas dengan make up remover berbahan minyak.
  2. Tempelkan kapas pada mata selama 20 detik agar make up terserap.
  3. Usap make up ke arah bawah mata dengan lembut.
  4. Balik kapas, lalu gunakan bagian kapas yang bersih untuk membersihkan kelopak mata. Usap lembut ke arah atas.

2. Membersihkan seluruh foundation

Setelah menghilangkan make up mata, Anda juga perlu membersihkan seluruh foundation pada wajah dengan cara yang benar. Ambil krim pembersih seujung jari, lalu tempelkan pada seluruh wajah Anda secara merata. Pijat lembut selama 45 detik.

Basahi spons, kain bersih, atau bola kapas dengan sedikit air hangat. Setelah itu, usapkan pada seluruh permukaan dahi, pipi, dan dagu hingga rata. Usapkan dengan gerakan memutar secara perlahan hingga wajah bersih dari seluruh make up dan krim.

3. Membersihkan bibir

Beberapa jenis lipstik bersifat tahan air sehingga lebih sulit dibersihkan. Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakan make up remover ataupun krim pembersih berbahan minyak.

Anda juga bisa menggunakan petroleum jelly atau makeup remover alami seperti minyak kelapa untuk membersihkan lipstik seperti ini. Untuk membersihkan riasan pada area bibir Anda, ikuti cara di bawah ini.

  1. Oleskan krim, minyak, atau petroleum jelly pada bibir.
  2. Tunggu selama beberapa menit hingga lipstik membaur dengan pembersih.
  3. Tempelkan kapas pada bibir Anda selama beberapa detik, lalu usap dengan gerakan memutar kecil.
  4. Usap kembali kapas hingga seluruh lipstik terhapus dari bibir.
  5. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menggunakan scrub untuk membersihkan kulit bibir yang mengelupas agar bibir lebih halus.

4. Mencuci muka untuk membersihkan sisa minyak

Walaupun Anda telah menghapus make up dengan cara yang benar, krim pembersih dan minyak yang tersisa pada wajah dapat menyumbat pori-pori. Jadi, pastikan Anda mencuci muka untuk membersihkan sisa krim dan minyak pada wajah.

American Academy of Dermatology menyarankan sabun muka yang tidak mengandung alkohol. Basahi wajah Anda dengan air bersuhu suam kuku, lalu usapkan sabun pada wajah Anda hingga merata. Bilas menggunakan air mengalir dan keringkan dengan handuk lembut.

Make up amat berguna untuk meningkatkan penampilan. Namun, cara menghapus make up yang keliru justru dapat menimbulkan masalah pada kulit. Pastikan Anda membersihkan make up dengan cara yang benar untuk mencegah hal tersebut.

Setelah melakukan rangkaian pembersihan, lengkapi rutinitas Anda dengan membersihkan muka menggunakan sabun. Tidak lupa, gunakan pula krim pelembap untuk menjaga kulit tetap lembut dan sehat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Face Washing 101. https://www.aad.org/skin-care-basics/face-washing-101 Diakses pada 2 Desember 2019.

How To Take Your Makeup Off Properly. https://www.refinery29.com/en-us/2017/10/178390/how-to-remove-makeup-properly Diakses pada 2 Desember 2019.

How to Remove Your Makeup: 7 Tips From Cosmetics Experts. https://www.allure.com/story/how-to-remove-your-makeup-2013 Diakses pada 2 Desember 2019.

How to Properly and Thoroughly Remove Makeup—Even Waterproof Eyeliner and Mascara. https://www.realsimple.com/beauty-fashion/skincare/skincare-face/how-to-remove-makeup Diakses pada 2 Desember 2019.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari
Tanggal diperbarui 25/02/2021
x