home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Jangan Salah, Ini Manfaat Suntik Vitamin C yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

Jangan Salah, Ini Manfaat Suntik Vitamin C yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

Tren suntik vitamin C saat ini banyak digandrungi. Katanya, vitamin C baik bagi kulit, bahkan bisa bikin kulit jadi cerah. Lantas, apa saja manfaat suntik vitamin C yang sudah terbukti dalam penelitian?

Manfaat suntik vitamin C

kebutuhan vitamin c

Vitamin C atau asam askorbat adalah salah satu vitamin yang memiliki banyak kegunaan untuk tubuh. Biasanya vitamin ini banyak ditemukan dalam jeruk, stroberi, brokoli, paprika, dan banyak buah lainnya.

Ada banyak cara untuk bisa mendapatkan asupan vitamin C yang cukup seperti dari makanan, suplemen, hingga suntikan. Suntik vitamin C biasanya dilakukan langsung melalui pembuluh darah, otot, atau bawah kulit.

Tak hanya sekadar isapan jempol belaka, suntik vitamin C memang banyak manfaatnya. Ini manfaat suntik vitamin C dari hasil berbagai penelitian.

1. Mengatasi defisiensi (kekurangan) vitamin C

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh, salah satunya ialah penyakit scurvy. Orang yang mengalami defisiensi vitamin C dan terkena penyakit scurvy akan menunjukkan berbagai gejala seperti:

Suntik vitamin menjadi salah satu cara efektif dan cepat yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C di dalam tubuh.

2. Menjaga sistem imun

Vitamin C sering kali digunakan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh secara keseluruhan. Biasanya, cara ini banyak dilakukan oleh orang yang memiliki segudang aktivitas padat setiap harinya.

Suntik vitamin C ini umumnya dilakukan karena lebih praktis dibandingkan dengan minum suplemen setiap hari. Namun, sebenarnya dalam ilmu kesehatan sendiri cara ini masih menimbulkan banyak perdebatan mengenai efektivitasnya pada orang yang juga sedang mengonsumsi vitamin C.

3. Gangguan genetik tyrosnemia

Tyrosnemia adalah kelainan genetik pada bayi baru lahir yang ditandai dengan tingginya kadar asam amino tirosin.

Hal ini diakibatkan karena tubuh tidak mampu memecah asam amino tirosin yang berasal dari makanan. Jadi asam amino tirosin akan menumpuk di jaringan dan organ dan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Salah satu cara mengatasinya ialah dengan memberikan vitamin C baik melalui suntikan atau diberikan langsung untuk dikonsumsi.

4. Bantu pengobatan kanker

Dikutip dari National Cancer Institute, vitamin C dosis tinggi pada pasien kanker baik yang diberikan lewat suplemen minum maupun disuntikkan langsung melalui pembuluh darah memiliki efek yang positif.

Pasalnya, penelitian membuktikan bahwa pasien kanker yang diberikan asupan vitamin C dosis tinggi memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Sayangnya, Badan Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat atau setara BPOM Indonesia belum menyetujui cara ini sebagai pengobatan untuk kanker.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Vitamin C Injection: Benefit and Risks

https://www.healthline.com/health/vitamin-c-injection accessed on September 17th 2018

High-Dose Vitamin C (PDQ®)–Patient Version

https://www.cancer.gov/about-cancer/treatment/cam/patient/vitamin-c-pdq accessed on September 17th 2018

VITAMIN C (ASCORBIC ACID)

https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1001/vitamin-c-ascorbic-acid accessed on September 17th 2018

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 02/11/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x