home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Vitamin C Dapat Memicu Asam Lambung Naik?

Benarkah Vitamin C Dapat Memicu Asam Lambung Naik?

Vitamin C memiliki nama lain asam askorbat sehingga mungkin Anda bertanya-tanya apakah dapat meningkatkan asam lambung Anda yang juga bersifat asam atau tidak. Namun, benarkah vitamin C dapat langsung membuat asam lambung naik?

Apa itu vitamin C?

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tubuh tidak bisa menghasilkan vitamin C sendiri, sehingga Anda harus memperolehnya dari luar seperti dari makanan, minuman, maupun suplemen.

Anda butuh vitamin C untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga bersifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Apakah vitamin C membuat asam lambung naik?

Bagi orang yang tidak punya masalah dengan asam lambung, konsumsi jenis vitamin ini dalam jumlah besar mungkin tidak akan menyebabkan masalah yang berarti. Tubuh sudah mempunyai sistem sendiri dalam mengatur keseimbangan asam.

Hal tersebut berbeda bagi orang dengan organ lambung yang sensitif atau mempunyai masalah asam lambung, Biasanya makanan yang mengandung vitamin C dengan asam tinggi, seperti jeruk dan tomat, sering dikaitkan dengan asam lambung naik.

Hal ini juga sejalan dengan yang direkomendasikan oleh American College of Gastroenterology bahwa orang dengan refluks asam lambung (penyakit GERD) sebaiknya menghindari makanan tertentu yang memperburuk gejalanya.

Sumber vitamin C yang harus dihindari untuk masalah asam lambung

Perlu digarisbawahi bahwa tidak semua makanan asam dan makanan dengan kandungan vitamin yang satu ini langsung menyebabkan asam lambung Anda naik.

Anda yang mempunyai masalah pada lambung bukan berarti perlu menghindari semua buah dan sayur yang mengandung vitamin C.

Jika Anda merasa asam lambung naik setelah mengonsumsi sumber vitamin ini, bisa jadi Anda memang harus menghindarinya. Biasanya yang harus Anda hindari yaitu sumber makanan dengan rasa paling asam, seperti jeruk, lemon, limau, dan tomat.

Sementara itu, buah dan sayur sumber vitamin C dengan kandungan asam rendah yang masih bisa Anda konsumsi antara lain semangka, melon, pepaya, mangga, pisang, alpukat, paprika, brokoli, kangkung, dan kembang kol.

Jadi, tidak ada alasan bagi Anda yang mempunyai masalah lambung untuk tidak bisa memenuhi kebutuhan vitamin C per hari Anda. Banyak makanan yang mengandung vitamin C dengan kandungan asam rendah.

Anda yang punya masalah lambung juga sebaiknya menghindari suplemen vitamin C dosis tinggi seperti vitamin C 1000 mg. Dosis vitamin C yang besar dapat membuat lambung lebih asam dan menyebabkan gejala seperti rasa panas di dada (heartburn).

Seberapa banyak vitamin C yang dibutuhkan tubuh?

Dibandingkan dengan kandungan vitamin C dalam suplemen, sebenarnya tubuh hanya memerlukan vitamin C dalam jumlah sedikit.

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013, wanita dewasa memerlukan vitamin C sebesar 75 mg dan pria dewasa sebesar 90 mg. Bandingkan dengan kandungan vitamin C dalam suplemen yang biasanya berkisar 1000 mg.

Padahal, kelebihan vitamin C tersebut nantinya akan dibuang oleh tubuh. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang akan dikeluarkan oleh tubuh jika berlebihan dan tidak bisa disimpan dalam tubuh.

Maka dari itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan vitamin C ini setiap hari. Bagi Anda yang mempunyai masalah lambung, Anda bisa memperoleh vitamin C dari sumber makanan yang memiliki kandungan asam rendah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

University of Maryland Medical Center. (2013). Vitamin C (Ascorbic acid). [online] Available at: http://www.umm.edu/health/medical/altmed/supplement/vitamin-c-ascorbic-acid [Accessed 18 May 2017].

Pflugradt, S. (2016). Vitamin C & Acid Reflux. [online] Available at: http://www.livestrong.com/article/454432-vitamin-c-acid-reflux/ [Accessed 18 May 2017].

Orthomolecular Medicine News Service. (2009). Vitamin C and Acidity. [online] Available at: http://orthomolecular.org/resources/omns/v05n10.shtml [Accessed 18 May 2017].

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 25/05/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x