Apa Benar Minum Vitamin C Bisa Memicu Asam Lambung?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Nama lain vitamin C adalah asam askorbat, sehingga mungkin dapat meningkatkan asam lambung Anda yang juga bersifat asam. Namun, apakah benar setiap Anda minum atau makan yang mengandung vitamin C dapat langsung membuat asam lambung naik?

Apa itu vitamin C?

Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh tidak bisa menghasilkan vitamin C sendiri, sehingga Anda harus memeroleh vitamin C dari luar tubuh, seperti dari makanan, minuman, maupun suplemen. Anda butuh vitamin C untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga bersifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Apakah vitamin C membuat asam lambung naik?

Bagi orang yang tidak punya masalah dengan asam lambung, konsumsi vitamin C dalam jumlah besar mungkin tidak akan menyebabkan masalah apapun. Tubuh sudah mempunyai sistem sendiri yang mengatur keseimbangan asam.

Namun, berbeda bagi orang yang mempunyai lambung sensitif atau mempunyai masalah asam lambung, Biasanya makanan yang mengandung vitamin C dengan asam tinggi, seperti jeruk dan tomat, sering dikaitkan dengan asam lambung naik.

Hal ini juga sejalan dengan yang direkomendasikan oleh American College of Gastroenterology bahwa orang dengan refluks asam sebaiknya menghindari makanan tertentu yang memperburuk gejalanya.

Sumber vitamin C apa yang harus dihindari kalau saya punya masalah asam lambung?

Perlu digarisbawahi bahwa tidak semua makanan asam dan mengandung vitamin C langsung menyebabkan asam lambung Anda naik. Jika Anda mempunyai masalah asam lambung, bukan berarti Anda perlu menghindari semua buah dan sayuran yang mengandung vitamin C.

Jika Anda merasa asam lambung menjadi naik setelah makan makanan yang mengandung vitamin C, bisa jadi memang Anda harus hindari makanan tersebut. Biasanya yang harus Anda hindari adalah yang mempunyai rasa paling asam, seperti jeruk, lemon, limau, dan tomat.

Sedangkan, buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C dengan kandungan asam rendah yang masih bisa Anda konsumsi adalah semangka, melon, pepaya, mangga, pisang, alpukat, paprika, brokoli, kangkung, dan kembang kol. Jadi, tidak ada alasan bagi Anda yang mempunyai masalah lambung untuk tidak bisa memenuhi kebutuhan vitamin C Anda. Banyak makanan yang mengandung vitamin C dengan kandungan asam rendah.

Anda yang mempunyai masalah lambung juga sebaiknya menghindari suplemen vitamin C dosis tinggi. Dosis vitamin C yang besar di lambung dapat membuat lambung menjadi lebih asam dan menyebabkan heartburn (nyeri ulu hati) atau gejala lainnya.

Seberapa banyak vitamin C yang dibutuhkan tubuh?

Dibandingkan dengan kandungan vitamin C dalam suplemen, sebenarnya tubuh hanya memerlukan vitamin C dalam jumlah sedikit. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013, wanita dewasa hanya memerlukan vitamin C sebesar 75 mg dan pria dewasa memerlukan vitamin C sebesar 90 mg. Bandingkan dengan kandungan vitamin C dalam suplemen yang biasanya lebih dari 1000 mg.

Padahal, kelebihan asupan vitamin C tersebut nantinya akan dibuang oleh tubuh. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang akan dikeluarkan oleh tubuh jika berlebihan dan tidak bisa disimpan dalam tubuh. Sehingga, Anda perlu mencukupi kebutuhan vitamin C ini setiap hari. Bagi Anda yang mempunyai masalah lambung, Anda bisa memperoleh vitamin C dari makanan yang mengandung asam rendah.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Obat Asam Lambung Alami yang Bisa Anda Temukan di Dapur

Rempah herbal jahe ternyata juga bisa menjadi obat asam lambung alami, lho! Adakah bahan alami lainnya yang ampuh atasi asam lambung?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Pencernaan, Gastritis & Maag 7 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit

Daftar Nutrisi dan Vitamin yang Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Otak

Vitamin dan nutrisi tertentu ternyata bisa membantu menjaga kesehatan otak Anda. Ketahui dan cukupi asupan harian Anda dengan jenis vitamin otak berikut.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Otak dan Saraf 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Lebih Baik Minum Vitamin Pagi Hari atau Malam Hari?

Bingung kapan harus minum vitamin? Minum vitamin ternyata juga ada aturannya, lho! Cari tahu apakah lebih baik minum vitamin pagi atau malam hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Tips Makan Sehat, Nutrisi 5 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Ragam Jenis Obat Maag yang Ampuh Menurut Fungsinya

Minum obat merupakan salah satu cara ampuh mengatasi sakit maag. Yuk, lihat berbagai jenis dan fungsi obat maag yang bisa Anda pilih!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Pencernaan, Gastritis & Maag 3 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

buah untuk asam lambung

Buah yang Aman dan yang Perlu Dibatasi untuk Penderita Asam Lambung

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 17 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
sakit maag adalah

Maag (Dispepsia)

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
makanan untuk penderita maag makanan untuk penderita asam lambung

11 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Penderita Sakit Maag

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
ilustrasi nyeri ulu hati, gejala gangguan lambung

Penyebab Utama Nyeri Ulu Hati dan Tips Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit