home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Aman Pakai Cream HN untuk Wajah? Cek Faktanya di Sini!

Apakah Aman Pakai Cream HN untuk Wajah? Cek Faktanya di Sini!

Bagi Anda yang menginginkan kulit wajah yang cerah dan bebas kusam, krim pemutih bisa jadi solusinya. Ada banyak krim pemutih di pasaran dengan kisaran harga yang juga beragam. Nah, salah satu krim pemutih yang saat ini sedang populer di internet adalah cream HN. Namun, sebelum membeli cream HN, cek dulu ulasan berikut.

Apa itu cream HN?

Cream HN adalah serangkaian perawatan kulit yang terdiri dari krim siang dan malam, sabun cuci muka, serta toner. Krim ini menjanjikan kulit halus, cerah, dan berseri hanya dengan pemakian sebentar.

Tak hanya itu. Krim pemutih ini juga diyakini mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Mulai dari mengatasi jerawat, menghilangkan flek hitam, mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori, dan bahkan melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Penjual krim ini mengklaim bahwa cream HN aman untuk digunakan dan efektif mengatasi berbagai masalah kulit. Sebab, krim ini diracik oleh dokter, sehingga bahan-bahan yang digunakan terjamin keamanannya.

Fakta klaim manfaat cream HN

krim wajah hydroquinone adalah

Krim ini dipasarkan secara online melalui media sosial. Berbagai review positif yang banyak beredar di internet membuat krim ini sangat diburu pembeli. Terutama bagi para wanita muda yang ingin memiliki kulit wajah mulus tanpa noda dengan cara yang instan. Namun, jika ditelaah dari sisi medis, benarkah klaim manfaat krim pemutih ini?

Faktanya, krim ini belum mendapatkan izin edar dari BPOM. Anda juga bisa mengeceknya sendiri di laman BPOM. Mengingat belum mendapatkan izin edar dari BPOM, maka cream HN belum secara resmi dinyatakan aman untuk digunakan sebagai perawatan kulit.

Tak hanya itu, meski diklaim sebagai krim racikan dokter, proses pembuatan serta bahan-bahan yang terkandung di dalam krim ini juga tidak diketahui secara spesifik. Alhasil, masih diragukan keamanan krim ini untuk perawatan kulit.

Sebelum beli krim pemutih, perhatikan ini dulu!

Anda pasti bertanya-tanya bagaimana caranya mengenali krim pemutih abal-abal yang banyak beredar di luar sana. Sebelum membeli produk krim pemutih atau perawatan kulit lainnya, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

1. Cek bahan-bahannyamengenali krim pemutih kulit yang aman pelembap yang sehat

Idealnya, produk perawatan kulit yang baik mencantumkan semua bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Ada setidaknya tiga zat kimia berbahaya yang harus Anda hindari:

  • Merkuri

Merkuri adalah zat yang sangat beracun dan telah dilarang digunakan dalam produk kosmetik. Paparan merkuri dalam jangka panjang tak hanya dapat menyebabkan kerusakan kulit permanen saja. Pasalnya, zat ini juga bisa mengakibatkan gangguan fungsi hati dan ginjal, serta kerusakan otak yang bisa mengancam jiwa. Bahkan, zat ini juga bisa menyebabkan kecacatan janin jika digunakan selama masa kehamilan.

Terkadang merkuri ditulis dengan nama lain, seperti calomel, mercuric, mercurous, atau mercurio.

  • Steroid

Steroid, juga dikenal dengan kortikosteroid, sebenarnya adalah obat untuk mengatasi reaksi peradangan pada tubuh. Sayangnya, obat ini tidak boleh digunakan dalam krim perawatan kulit wajah yang tujuannya adalah estetika alias kecantikan. Pasalnya, obat ini dapat menyebabkan penipisan kulit, pelebaran pembuluh darah, infeksi kulit, dan munculnya rambut-rambut halus di wajah.

Tak hanya itu, jika digunakan dalam jangka waktu yang lama dan dengan dosis tinggi tanpa pengawasan dokter, steroid juga bisa menyebabkan kerusakan organ dalam. Dibutuhkan beberapa tahun untuk melihat efek buruknya bagi kesehatan Anda.

  • Hydroquinone

Hydroquinone adalah agen pemutih kulit yang bekerja dengan cara menghambat produksi melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna pada kulit. Jika dilakukan dalam pengawasan ketat oleh dokter, zat ini memang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit termasuk mencerahkan noda dan bintik hitam, stretch mark, hingga perubahan warna kulit akibat penuaan.

Namun, lain ceritanya jika hydroquinone digunakan secara sembarangan. Paparan hydroquinone yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker kulit, penyakit sistem saraf, kerusakan hati dan ginjal, serta berbagai masalah kulit lainnya.

2. Periksa izin edarnya

krim pemutih wajah

Setiap kali Anda ingin membeli produk kosmetik atau perawatan kulit, pastikan produk tersebut sudah terdaftar dan memiliki izin edar dari BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan). Tak hanya itu, pastikan juga kalau produk yang Anda beli mencantumkan tanggal kadaluarsa.

Apabila produk kosmetik yang Anda inginkan tidak ada keterangan izin edar BPOM atau tanggal kedaluwarsanya, sebaiknya jangan dibelu. CreamHN sendiri sampai sekarang belum memiliki izin edar dari BPOM, sehingga produk ini belum secara resmi dinyatakan aman untuk digunakan masyarakat luas.

3. Jangan tergiur harga murah

krim pemutih wajah

Pernah dengar istilah ada harga ada rupa? Tampaknya, hal ini bisa jadi bahan pertimbangan sebelum Anda membeli produk kosmetik atau perawatan kulit. Memang sih, harga yang mahal tidak menjamin suatu produk bekerja baik di kulit Anda.

Namun, Anda patut curiga sekaligus waspada ketika ingin membeli produk pemutih dengan harga murah. Apalagi jika Anda membelinya secara online. Jika harga yang ditawarkan terpaut jauh dari harga pasaran, besar kemungkinan produk yang Anda beli abal-abal.

Ingat, jangan hanya tergiur hasil instan dan murah, kemudian langsung memakai tanpa peduli apa isi krimnya serta ada efek sampingnya atau tidak.

4. Hindari beli secara online

krim racikan dokter

Ketika Anda membeli krim pemutih kulit melalui internet, Anda tidak tahu secara pasti apa saja bahan-bahan yang terkandung di dalam krim tersebut.

Pada label kemasan mungkin ditulis bahwa krim mengandung lima atau enam persen hidroquinon. Sayangnya, tidak ada jaminan kalau krim tersebut benar-benar mengandung bahan yang disebutkan tadi. Siapa tahu, ada berbagai zat lain yang terkandung di dalam krim tersebut.

Cream HN sendiri banyak dipasarkan secara online. Meski diklaim menggunakan ekstrak alami seperti buah pepaya, hal tersebut tidak menjamin kalau produk tersebut aman digunakan untuk kulit. Oleh sebab itu, hindari beli produk perawatan kulit jenis apa pun secara online.

Sebaiknya Anda langsung berkonsultasi ke dermatologis, alias dokter spesialis kulit guna mendapatkan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Skin-lightening creams are dangerous – yet business is booming. Can the trade be stopped? – https://www.theguardian.com/world/2018/apr/23/skin-lightening-creams-are-dangerous-yet-business-is-booming-can-the-trade-be-stopped diakses pada 12 Maret 2019

Skin-whitening creams: The battle against illegal products – https://www.bbc.com/news/uk-45085674 diakses pada 12 Maret 2019

Skin Lighting – https://www.nhs.uk/conditions/cosmetic-treatments/skin-lightening/ diakses pada 12 Maret 2019

Skin Lightening Products – https://www.webmd.com/beauty/skin-lightening-products diakses pada 12 Maret 2019

19 Chemicals to Avoid in Skin Care – Organic Skin Care – https://www.globalhealingcenter.com/natural-health/chemicals-to-avoid-in-skin-care-organic-skin-care/ diakses pada 12 Maret 2019

Skin Lightening Creams: A Question of Safety – https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/skin-lightening-creams.aspx diakses pada 13 Maret 2019

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 26/04/2019
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x