5 Solusi Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam di Kulit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Flek hitam di kulit alias age spots atau liver spots adalah bercak datar berwarna coklat atau hitam yang muncul di wajah, tangan, dan lengan. Flek hitam ini muncul akibat proses penuaan atau paparan sinar matahari berlebih dari aktivitas luar ruangan yang rutin.

Flek di kulit pada umumnya tidak berbahaya. Tapi bagi sebagian orang, penampilan bintik-bintik hitam ini mungkin dirasa mengganggu penampilan. Berikut berbagai cara alami yang bisa membantu menghilangkannya.

Bagaimana cara menghilangkan flek hitam di kulit?

1. Krim pemutih

Krim pemutih adalah cara mudah untuk menghilangkan flek hitam di kulit. Krim dan lotion pemudar mudah digunakan tetapi Anda harus ingat untuk menggunakannya secara teratur sesuai petunjuk. Anda harus memilih produk yang mengandung hydroquinone, glycolic acid atau kojic acid. Bahan-bahan kimia ini dapat mencerahkan kulit dan aman digunakan. Namun, menggunakan krim pemudar bisa memerlukan waktu yang lama. Anda mungkin harus menunggu sampai beberapa bulan untuk melihat adanya perkembangan.

2. Obat-obatan

Terkadang, dokter dapat meresepkan beberapa jenis krim pemutih yang mengandung hydroquinone untuk digunakan secara independen atau dalam kombinasi dengan retinoid (tretinoin). Flek hitam di kulit Anda dapat memudar secara bertahap seiring waktu. Jika Anda menggunakan obat-obatan, Anda juga harus menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih untuk melindungi kulit dari kemunculan bintik-bintik lain akibat sinar matahari. Perawatan ini dapat menyebabkan kemerahan dan kekeringan pada kulit.

3. Terapi laser atau sinar

Terapi laser atau sinar bekerja menghancurkan sel-sel yang menghasilkan melanin berlebih. Terapi ini tidak merusak kulit. Program perawatan ini dapat terdiri dari beberapa sesi. Anda mungkin harus menjalani beberapa kali sesi terapi sebelum efeknya tampak nyata. Setelahnya, Anda harus melindungi kulit dengan tabir surya dan pakaian tertutup.

4. Dermabrasi

Dermabrasi menggunakan sikat kawat atau roda berlian untuk mengangkat lapisan teratas kulit. Metode ini tergolong bisa merusak kulit dan menyebabkan perdarahan. Setelah kulit sembuh, kulit baru akan tumbuh sehingga flek hitam tidak akan tampak jelas. Kulit baru bisa tumbuh setelah 5 sampai 8 hari. Setelah 6 sampai 12 minggu, bintik-bintik tersebut akan memudar. Jika Anda merawat seluruh wajah, Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk pulih setelah tindakan.

Kebanyakan orang tidak mengalami rasa sakit dan dapat kembali bekerja tepat setelah perawatan. Terkadang, pembengkakan dan nyeri dapat terjadi. Ingatlah untuk menjaga kebersihan kulit dan melindunginya agar tidak terbakar matahari.

5. Chemical peeling

Dalam chemical peeling, dokter menggunakan peralatan untuk mengangkat lapisan atas kulit. Saat kulit baru tumbuh, age spots dapat memudar. Anda mungkin harus berhenti menggunakan beberapa obat sebelum Anda memulai prosedur ini. Bahan kimia yang digunakan meliputi asam salisilat, asam glikolat, dan asam laktat. Anda harus melindungi kulit dengan tabir surya saat bepergian keluar, karena setelah prosedur, kulit Anda bisa menjadi lebih rentan terhadap sinar matahari. Kulit baru bisa tumbuh setelah beberapa hari dan sebagian besar flek hitam dapat menghilang setelah beberapa bulan.

Ada baiknya untuk lebih dulu konsultasikan pada dokter kulit Anda untuk mendiskusika metode mana yang paling baik untuk kasus Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan  nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Minuman campuran lemon dan madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain membantu meningkatkan imun tubuh, apa saja manfaat campuran lemon dan madu?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Kesehatan, Informasi Kesehatan 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Obat Paling Ampuh untuk Menghilangkan Cacing Kremi

Ada sejumlah pilihan obat cacing kremi yang bisa Anda coba, mulai dari obat kimia atau obat dari bahan alami. Baca selengkapnya dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

4 Tips Perawatan Setelah Sunat Agar Cepat Sembuh

Anda perlu memberikan perawatan yang tepat untuk mencegah infeksi atau timbulnya komplikasi setelah sunat. Perhatikan panduannya berikut ini, ya.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Sering Dijadikan Wedang, Jangan Lewatkan 4 Manfaat Hebat Kayu Secang

Kayu secang sering diolah menjadi minuman wedang secang oleh orang-orang Jawa. Penasaran apa manfaat kayu secang untuk kesehatan? Klik di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit



Direkomendasikan untuk Anda

pertolongan pertama keracunan makanan

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
ilustrasi pasca operasi usus buntu

Semua Hal yang Penting Diperhatikan Pasca Operasi Usus Buntu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Manfaat Propolis, Getah Lebah yang Penuh Khasiat (Tidak Kalah dari Madu!)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit
manfaat buah stroberi

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit