home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berbagai Cara yang Efektif Mengatasi Stretch Mark Membandel di Pinggul

Berbagai Cara yang Efektif Mengatasi Stretch Mark Membandel di Pinggul

Meski lokasinya di daerah tertutup, stretch mark di pinggul tetap saja bisa membuat kita jadi kurang pede. Terlebih, stretch mark pada dasarnya tidak bisa sepenuhnya dihilangkan secara permanen. Tenang dulu! Garis-garis stretch mark yang mengganggu bisa disamarkan, kok. Anda hanya perlu menemukan cara mengatasi stretch mark yang tepat.

Mengatasi stretch mark di pinggul dengan obat oles

Untuk membantu menyamarkan tampilan stretch mark di pinggul Anda, ada beberapa obat oles yang biasanya digunakan, yaitu:

Krim tretinoin

Tretinoin membantu memproduksi kolagen di dalam kulit sehingga tanda-tanda peregangan akan berkurang meski tidak benar-benar hilang sepenuhnya.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan krim ini karena dapat mengiritasi kulit. Sebaiknya tetap konsultasikan dulu ke dokter sebelum pakai krim tretinoin, terlebih jika Anda sedang hamil karena ada potensi efek samping yang membahayakan bayi Anda.

Krim Alphastria dan Trofolastin

Dalam 11 penelitian klinis di tahun 2016 ditemukan fakta bahwa krim Alphastria dan Trofolastin memberikan efek positif untuk mengatasi stretch mark.

Krim Alphastria mengandung asam hyaluronat yang dipercaya mampu merangsang produksi kolagen di dalam kulit.

Sementara itu, krim Trofolastin mengandung ekstrak Centella asiatica (daun pegagan) yang juga mampu meningkatkan produksi kolagen.

Silikon gel

Silikon gel umumnya digunakan untuk mengobati bekas luka hipertrofik atau luka yang menimbulkan bekas menonjol.

Namun, penelitian di tahun 2013 yang dilakukan pada 20 orang menemukan bukti bahwa silikon gel mampu meningkatkan kadar kolagen dan menurunkan kadar melanin pada kulit yang mengalami stretch mark.

Mengatasi stretch mark di pinggul dengan cara medis

menghilangkan bulu

Beberapa prosedur medis yang bisa dilakukan untuk membantu menyamarkan stretch mark di pinggul, yaitu:

Terapi laser

Terapi laser membantu memperbaiki dan meregenerasi sel-sel kulit Anda. Selain itu, laser juga biasanya dimaksudkan untuk membantu melembutkan dan meratakan permukaan kulit dengan stretch mark.

Beberapa jenis terapi laser juga ditujukan untuk merangsang produksi elastin dan kolagen di kulit. Anda membutuhkan perawatan kurang lebih sebanyak 20 kali untuk dapat melihat hasil yang signifikan.

Suntik platelet-rich plasma

Terapi yang satu ini dilakukan dengan menyuntikkan plasma yang diperkaya dengan trombosit. Tujuannya untuk memperbaiki struktur kulit dengan memicu pertumbuhan sel-sel baru dan merangsang pembentukan kolagen.

Terapi yang satu ini cukup aman dan tidak akan menimbulkan reaksi alergi karena plasma darah berasal dari tubuh pasien sendiri.

Mikrodermabrasi

Perawatan yang satu ini dilakukan dengan alat khusus dan butiran kristal yang mampu menghilangkan lapisan kulit terluar dan mendorong pertumbuhan kulit baru yang lebih elastis.

Sebuah penelitian di tahun 2014 menemukan fakta bahwa mikrodermabrasi memiliki efek yang sama baiknya ketika Anda menggunakan krim tretinoin.

Microneedling

Microneedling adalah terapi untuk merangsang pembentukan elastin dan kolagen dengan membuat tusukan kecil di lapisan atas kulit menggunakan jarum khusus. Untuk melihat hasil yang cukup signifikan Anda perlu mengulang perawatan sekitar enam bulan lamanya.

Mengatasi stretch mark di pinggul dengan perawatan alami

minyak biji anggur cara alami menghilangkan bekas jerawat

Meski tidak secepat dan seefektif menggunakan obat oles dan perawatan medis tertentu, tak ada salahnya mencoba berbagai perawatan alami untuk membantu mengatasi stretch mark. Caranya dengan memijat bagian kulit yang mengalami strecth mark dengan minyak.

Sebuah penelitian di tahun 2015 menemukan bukti bahwa memijat bagian yang memiliki stretch mark menggunakan minyak almond membantu mengurangi tampilan stretch mark. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan berbagai minyak lainnya seperti minyak kelapa dan juga argan untuk membantu memperbaiki tampilan kulit Anda.

Temukan perawatan yang paling tepat untuk Anda agar tampilan kulit kembali mulus dan tersamarkan dari stretch mark yang menganggu.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Stretch Mark

https://www.nhs.uk/conditions/stretch-marks/ accessed on 6th November 2018

What to Do About Stretch Marks on Your Hips

https://www.healthline.com/health/stretch-marks-on-hips#topical-treatment accessed on 6th November 2018

Stretch Mark

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/stretch-marks/diagnosis-treatment/drc-20351144 accessed on 6th November 2018

What is PRP?

https://www.healthline.com/health/prp accessed on 6th November 2018

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 07/11/2018
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x