home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Minyak Jarak (Castor Oil)

Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Minyak Jarak (Castor Oil)

Salah satu masalah tak terelakkan akibat munculnya jerawat adalah bekas jerawat. Bekas jerawat dapat menjadi momok yang menyebalkan karena dapat menimbulkan noda di kulit wajah dan terkadang membuat kita menjadi kurang percaya diri. Namun, sebenarnya banyak cara mudah dan efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Salah satunya yaitu castor oil alias minyak jarak.

Apa itu minyak jarak?

Tanaman jarak adalah tanaman yang biasa tumbuh di daerah tropis. Tanaman ini menghasilkan minyak yang berasal dari bijinya. Minyak jarak sendiri memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Castor oil sering digunakan sebagai metode kontrasepsi, membantu proses melahirkan, dan memperlancar ASI. Beberapa orang juga menggunakan minyak ini untuk membersihkan mata mereka dari benda asing.

Dalam dunia kecantikan, castor oil telah dikenal sejak lama sebagai metode kecantikan yang murah dan berkhasiat. Minyak jarak dipercaya dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlihat lebih muda. Selain itu, minyak jarak juga dikenal ampuh untuk mengobati jerawat dan menghilangkan bekas luka.

Bagaimana minyak jarak dapat memudarkan bekas jerawat?

Minyak jarak mengandung asam lemak yang disebut omega-3. Penelitian mengemukakan bahwa asam lemak omega-3 bermanfaat dalam menyembuhkan luka dan mengurangi endapan kolagen yang membantu tubuh kita untuk memudarkan bekas luka.

Castor oil akan diserap oleh kulit dan menyebabkan sel-sel kulit yang sehat tumbuh dan berkembang, membentuk jaringan kulit baru. Namun yang perlu diingat, hasil penggunaan minyak jarak tidaklah instan karena membutuhkan waktu untuk proses penyembuhan bekas lukanya. Bekas jerawat akan memudar secara bertahap setelah penggunaan castor oil selama beberapa minggu.

Cara menggunakan castor oil untuk bekas jerawat

Minyak jarak merupakan metode perawatan yang tepat untuk mengobati jerawat dan memudarkan bekasnya. Di bawah ini adalah cara penggunaan minyak jarak yang disarankan untuk memudarkan bekas jerawat:

  1. Bersihkan kulit menggunakan air hangat dan pembersih untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih, sekaligus membuka pori-pori kulit.
  2. Oleskan minyak jarak tipis-tipis ke area bekas jerawat menggunakan ujung jari.
  3. Pijat area bekas jerawat selama tiga menit untuk membuka pori-pori kulit. Hal ini akan membantu minyak jarak diserap oleh lapisan dalam kulit dan memudarkan bekas jerawat. Lakukan secara lembut dan perlahan. Apalagi terjadi iritasi segera hentikan pemakaian. Jangan oleskan minyak pada daerah luka, jerawat yang terbuka, dan mata.
  4. Cucilah tangan menggunakan air dan sabun, serta pakaian apabila terdapat sisa minyak.
  5. Ulangi proses ini 1 sampai 2 kali sehari. Biasanya membutuhkan waktu sampai dengan 15 hari untuk hasil yang signifikan.
  6. Segera hentikan pemakaian minyak jarak apabila terjadi iritasi seperti kulit kemerahan dan berdarah. Jika terjadi segera hubungi dokter untuk pertolongan lebih lanjut.

Hati-hati untuk pemilik kulit sensitif

Minyak jarak telah dikenal bermanfaat bagi kesehatan selama turun-temurun. Sehingga, tidak mengherankan lagi jika minyak jarak ternyata ampuh untuk mengatasi bekas jerawat. Namun, sebelum memutuskan menggunakannya, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli kulit, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Supaya aman, coba oleskan sedikit minyak jarak di kulit leher di bawah telinga Anda, dan lihat reaksinya selama 24 jam. Jika terjadi gatal-gatal atau iritasi di bagian kulit tersebut keesokan harinya, sebaiknya hindari pemakaian castor oil.

Hello Sehat Grup tidak menyediakan saran, diagnosis, ataupun perawatan kesehatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber
  1. How to Use Castor Oil to Remove Scar Tissue. http://www.livestrong.com/article/246163-how-to-use-castor-oil-to-remove-scar-tissue/. Accessed November 9, 2016.
  2. The Beauty Benefits of Natural Oils. http://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-natural-oils-beauty. Accessed November 9, 2016.
  3. CASTOR BEAN. http://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-897-castor%20bean.aspx?activeingredientid=897&activeingredientname=castor%20bean. Accessed November 9, 2016.
  4. Castor Oil. http://www.webmd.com/drugs/2/drug-278/castor-oil-oral/details. Accessed November 9, 2016.
  5. Castor oil plant. https://www.business.qld.gov.au/industry/agriculture/species/invasive-plants/other/castor-oil-bush. Accessed November 9, 2016.
  6. Alexander JW, Supp DM. Role of Arginine and Omega-3 Fatty Acids in Wound Healing and Infection. Advances in Wound Care. 2014;3(11):682-690.
  7. Moisturizers for Acne – . 2014 May; 7(5): 36–44.

Foto Penulis
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x