5 Cara untuk Merapatkan Vagina Setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Cara merapatkan vagina adalah salah satu hal yang dicari-cari setelah melahirkan. Para wanita akan banyak yang merasakan kalau vaginanya mulai tidak kencang, rapat, dan elastis seperti dahulu sebelum melahirkan. Dengan masalah vagina yang mengendur, lalu banyak wanita yang mulai tidak percaya diri saat berhubungan seksual kembali.

Anda seharusnya tidak perlu panik, karena normal jika vagina mengendur sehabis melahirkan. Vagina Anda pun akan merapatkan diri kembali ketika masa-masa melahirkan pulih, tapi memang tidak serapat dulu, yang Anda perlu lakukan hanyalah sedikit usaha untuk merapatkan vagina. Ingin tahu, cara apa saja yang bisa Anda lakukan untuk merapatkan vagina Anda seperti dahulu kala? Mari simak beberapa cara yang bisa Anda lakukan demi mendapatkan vagina yang Anda inginkan pada penjelasan di bawah ini.

Beberapa cara untuk merapatkan vagina kembali

1. Latihan senam kegel

Latihan senam kegel ini merupakan salah satu gerakan yang dapat merapatkan vagina. Latihan kegel juga akan memengaruhi otot-otot dasar panggul lebih kuat. Lebih mudahnya lagi, latihan ini dapat Anda lakukan di rumah sehingga pas untuk Anda para ibu rumah tangga yang ingin vaginanya rapat kembali

2.Berlatih dengan alat kerucut vagina

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk merapatkan vagina, adalah dengan menggunakan alat kerucut vagina. Alat kerucut ini berbeda beda ukuran dan jenisnya, dengan memiliki tekstur gel silikon dan menyerupai segitiga kerucut.

Cara berlatih dengan alat ini, Anda harus memasukan kerucut tersebut ke dalam vagina. Setelah itu, remas bawah panggul Anda, dan tahan otot-otot vagina seperti Anda ketika ingin orgasme, lalu tahan sekitar beberapa saat. Lakukan gerakan ini dalam jangka waktu selama 15 menit selama 2 hari sekali. Anda juga dapat membeli kerucut vagina tersebut pada toko yang menjual alat seks atau memesannya secara online.

3. Diet makanan sehat dan fitness

Makanan yang tidak sehat nyatanya tidak dapat memberikan zat fitoestrogen (zat pembentuk hormon seks utama wanita) yang cukup dari makanan yang kita makan. Namun jika makan makanan sehat yang baik bagi kesehatan vagina khususnya, hal itu akan memberikan dampak positif terhadap alat kelamin Anda.

Makan-makanan sehat, digabungkan dengan fitness yang fokus kepada gerakan otot tubuh bagian bawah, akan membantu merapatkan vagina secara alami. Dengan begitu, elastisitas vagina akan terjaga dan Anda akan mengembalikan kekencangan vagina Anda yang kendur setelah melahirkan.

4. Latihan squats dapat mengencangkan vagina

Gerakan dan latihan squats bisa menjadi latihan yang baik untuk kembali merapatkan vagina yang kendur. Squats akan membantu Anda memperoleh kembali elastisitas yang hilang pada bagian vagina. Caranya mudah, dengan berdiri dan posisikan kaki Anda sedikit keluar sejajar dari pinggul Anda. Posisi tangan bebas, bisa sambil menggenggam kedua tangan atau Anda tempatkan di pinggang. Lalu gerakkan bokong dan panggul Anda, seolah-olah Anda sedang ingin duduk, tapi tahan jangan sampai menyentuh lantai. Setelah sampai setengah tubuh, tarik badan Anda ke atas lagi, dan lakukan posisi ingin duduk tadi berulang kali.

Banyak orang memiliki berpendapat salah tentang squats, dengan alasan squat dapat mencederai lutut. Sebetulnya itu salah, dengan latihan squats malah akan meningkatkan kekuatan lutut dan yang paling penting adalah otot-otot vagina Anda kembali kencang dan rapat.

5. Berlatih yoga dapat mengencangkan vagina jangka panjang

Jika Anda berlatih yoga secara teratur, Anda akan mendapatkan manfaat besar untuk seluruh tubuh. Termasuk dengan latihan yang terkait dengan ekspansi dan kontraksi otot panggul, sampai merapatkan vagina secara tidak langsung.  Hampir semua gerakan yoga akan menargetkan otot-otot dasar panggul Anda menjadi lebih kencang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Ada Orang yang Mengalami Alergi Bawang Putih dan Bisakah Diobati?

Selain alergi susu dan kacang, ada juga alergi bawang putih. Apa penyebabnya dan adakah cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Alergi, Alergi Makanan 20 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Anda suka nekat makan daging ayam belum matang? Awas, akibatnya bisa fatal. Ini dia berbagai bahaya dan ciri-ciri daging ayam yang belum dimasak sempurna.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Vaksin MMR: Manfaat, Jadwal, dan Efek Samping

MMR adalah singkatan dari tiga macam penyakit infeksi fatal yang paling rentan menyerang anak-anak di tahun pertama kehidupannya. Kapan harus vaksin MMR?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit

Mengenal Berbagai Efek Samping Imunisasi: Bahaya Atau Tidak?

Jangan sampai berbagai efek samping imunisasi (vaksin) bikin Anda takut apalagi ragu diimunisasi. Pelajari dulu seluk-beluknya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

masalah seks pada pria

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
pekerjaan rumah tangga saat hamil

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
bikin kopi yang sehat

6 Cara Praktis Membuat Kopi Anda Lebih Sehat dan Nikmat

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
cara mencapai multiorgasme

7 Cara Mencapai Multiorgasme Saat Seks (untuk Wanita)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit