Perawatan IPL Adalah Terapi Gelombang Cahaya untuk Jerawat, Apakah Ampuh?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jerawat sebenarnya mudah untuk diobati. Salah satu cara menghilangkan jerawat yang sering digunakan oleh orang-orang adalah IPL treatment (intense pulsed light). Apa itu perawatan IPL dan bagaimana prosedurnya?

Apa itu IPL treatment?

Source: Biolaser Aesthetics

IPL adalah terapi perawatan kulit yang memanfaatkan cahaya lampu xenon. Cahaya lampu ini digunakan dalam gelombang intensitas tinggi untuk memperbaiki masalah kulit, seperti: 

  • noda hitam penuaan,
  • garis wajah dan kerutan,
  • merontokkan bulu,
  • bekas luka, serta
  • masalah jerawat.

Kebanyakan orang menganggap bahwa terapi IPL sama seperti terapi laser. Faktanya tidak demikian karena keduanya memiliki prosedur dan alat yang berbeda. 

Terapi laser bekerja dengan satu gelombang cahaya yang hanya berkonsentrasi pada satu sel saja. Cara kerjanya mirip dengan sinar laser pointer yang sering digunakan saat presentasi. 

Sementara itu, IPL treatment menggunakan berbagai macam gelombang cahaya yang dipadukan agar dapat menargetkan area yang lebih besar. Bahkan, terapi IPL juga memiliki efek samping lebih sedikit dibandingkan terapi laser. 

Manfaat perawatan IPL pada masalah jerawat

perawatan ipl adalah

Beberapa orang mungkin lebih nyaman menggunakan obat penghilang jerawat sebagai cara untuk mengatasi jerawat yang dialami. Namun, tidak sedikit pula yang mencoba berbagai macam terapi untuk mengatasi masalah kulit ini, seperti terapi IPL. 

IPL treatment sebenarnya termasuk pengobatan jerawat yang cukup aman dan efektif dengan sedikit efek samping. Pasalnya, IPL treatment dapat mengeringkan jerawat dengan membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengobati peradangan. 

Kelebihan lain dari terapi IPL adalah membantu mengurangi kemerahan pada kulit di sekitar jerawat dan bekas jerawat. Hal ini dibuktikan lewat penelitian dari jurnal Dermatology Therapy

Selain itu, perawatan IPL juga dilaporkan mampu mengecilkan ukuran kelenjar minyak, sehingga produksi minyak (sebum) di kulit pun berkurang. Alhasil, pori-pori pun tidak kembali tersumbat akibat penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih. 

Terapi yang menggunakan cahaya ultraviolet dan cahaya lainnya ini dinilai ampuh mengatasi blackheads, whiteheads, dan jenis jerawat ringan lainnya. Namun, IPL treatment tidak dianjurkan untuk mengobati jerawat nodul atau kistik.

Mengenal Struktur Kulit Manusia, Termasuk Jenis dan Fungsinya

Bagaimana prosedur perawatan IPL?

Pada dasarnya prosedur perawatan IPL mirip dengan terapi laser pada umumnya. Terapi IPL akan mengeluarkan energi cahaya agar dapat diserap ke dalam sel target. Energi cahaya diubah menjadi energi panas untuk menyebabkan kerusakan pada area tertentu. 

Meski begitu, perawatan kulit berjerawat ini berbeda dengan terapi laser karena IPL mengirimkan lebih banyak gelombang setiap kali mengeluarkan cahaya. Sebagian besar terapi IPL memakai filter untuk memperbaiki keluaran energi. 

Hal ini bertujuan agar tingkat penyerapan lebih baik tanpa perlu mengeluarkan energi yang berlebihan. Alhasil, target kromofor tertentu (komponen kulit yang menyerap cahaya) pun tidak meleset. 

Hasil dari perawatan IPL

apa itu dokter kulit

IPL adalah perawatan yang biasanya berlangsung antara 20 – 30 menit, tergantung dari besarnya daerah yang bermasalah. Agar mendapatkan hasil yang optimal, Anda dianjurkan untuk melakukan perawatan IPL lebih dari sekali, yakni sekitar 3 – 6 kali. 

Jika Anda baru pertama kali melakukan pengobatan ini, mungkin akan melihat perbedaan yang cukup drastis, baik pada kondisi dan warna kulit. Namun, hal tersebut akan disempurnakan dan peremajaan kulit akan terjadi setelah beberapa sesi dilakukan. 

Oleh sebab itu, terapi IPL adalah perawatan yang memerlukan ketelatenan agar Anda mendapatkan hasil yang optimal dan kulit terbebas dari jerawat.

Efek samping dari terapi IPL

Meski terbilang aman dan efektif untuk mengatasi muka berjerawat ringan hingga sedang, perawatan IPL tentu memiliki berbagai efek samping yaitu sebagai berikut.

  • Nyeri selama sesi pengobatan.
  • Kulit tampak memerah dan terasa sakit segera setelah terapi.
  • Kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari (fotosensitivitas).
  • Pigmen kulit terlalu banyak energi cahaya dan melepuh, tetapi jarang terjadi.
  • Bercak kulit menjadi lebih gelap atau pucat akibat sel pigmen rusak.
  • Rambut rontok.
  • Memar pada 10% pasien yang menjalani pengobatan ini.

Anda disarankan untuk mencuci muka dengan air dingin selama beberapa hari pertama setelah perawatan bila kulit terasa lebih sensitif dan sakit. Silakan hubungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Keratosis Pilaris (Penyakit Kulit Ayam)

Keratosis pilaris atau penyakit kulit ayam adalah kondisi kulit yang kering, kasar, dan muncul benjolan-benjolan kecil dan keras.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Pemfigoid Bulosa

Pemfigoid Bulosa (bullous pemphigoid) adalah penyakit kulit yang menyerang sistem imun, diawali dengan ruam kemudian berubah menjadi lenting besar.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Hidradenitis Suppurativa

Hidradenitis suppurativa adalah sebuah penyakit kronis (kambuhan) menyerang kulit bagian folikel rambut dan kelenjar keringat. Apa obatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit

Vitiligo

%%title%% adalah penyakit kulit. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, dan bergama pilihan pengobatan%%title%% di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Kulit, Penyakit Infeksi Kulit 26 Desember 2020 . Waktu baca 10 menit



Direkomendasikan untuk Anda

masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
es batu untuk wajah

4 Cara Memanfaatkan Es Batu Untuk Wajah Lebih Cerah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Pruritus

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 3 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Pityriasis rosea adalah ruam gatal-gatal yang berbentuk lingkaran atau oval, berukuran sekitar 2,5-5 cm, dan umumnya muncul di dada, perut, atau punggung.

Pityriasis Rosea

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 30 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit