home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sering Sakit Perut yang Terasa Berdenyut? Waspada Aneurisma Aorta Perut

Sering Sakit Perut yang Terasa Berdenyut? Waspada Aneurisma Aorta Perut

Ada banyak jenis sakit perut yang menandakan masalah kesehatan. Kebanyakan termasuk masalah ringan yang bisa diatasi sendiri di rumah, tapi lainnya mungkin lebih serius. Apabila Anda sering mengalami sakit perut berdenyut secara tiba-tiba, ini salah satu yang perlu diwaspadai.

Sakit perut yang terasa berdenyut, terjadi tiba-tiba, dan berulang adalah tanda adanya pelebaran pembuluh darah aorta dalam perut. Kondisi ini disebut aneurisma aorta perut. Lantas, apa saja tanda dan gejalanya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu aneurisma aorta perut?

Aorta adalah pembuluh darah terbesar dalam tubuh manusia yang bertugas membawa darah beroksigen dari jantung menuju seluruh tubuh, termasuk perut dan organ pencernaan di dalamnya.

Dinding aorta yang seharusnya kuat dan elastis bisa melemah karena berbagai penyebab. Ketika hal ini terjadi, tekanan dari aliran darah dapat membuat dinding aorta membengkak atau menggembung seperti balon kecil. Pembengkakan pembuluh darah aorta dalam perut disebut dengan aneurisma aorta perut.

Pelebaran pembuluh aorta atau aneurisma perut

Kondisi ini tidak selalu membahayakan kesehatan, asalkan pelebarannya tergolong kecil (kurang dari 5,5 sentimeter). Ketika melebihi angka tersebut, pembuluh aorta bisa pecah dan memicu perdarahan dalam.

Penyakit ini lebih sering terjadi pada pria berusia 65 tahun ke atas ketimbang perempuan.

Apa saja penyebab aneurisma aorta perut?

Penyebab aneurisma aorta perut sampai saat ini tidak diketahui pasti. Namun, ada beberapa hal yang terbukti dapat meningkatkan risikonya:

  • Merokok. Orang-orang yang sering merokok biasanya memiliki tekanan darah tinggi. Lama kelamaan, hal ini dapat membuat dinding arteri terus membengkak dan rusak secara perlahan.
  • Hipertensi. Hipertensi adalah kondisi saat tekanan darah mengalami peningkatan dari batas normal (lebih dari 120/80 mmHg). Jika terus dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan dinding aorta menjadi lemah dan meningkatkan risiko aneurisma.
  • Peradangan vaskular (vaskulitis). Peradangan vaskular adalah peradangan serius yang terjadi pada pembuluh darah aorta dan arteri lainnya. Walaupun sangat jarang terjadi, hal ini dapat memicu aneurisma aorta perut.
  • Kelebihan berat badan. Dilansir dari Healthline, orang yang berat badannya berlebih atau obesitas berisiko tinggi terkena penyakit ini, terlebih jika tidak menerapkan pola hidup yang sehat. Anda bisa cek apakah berat badan Anda sudah ideal dengan kalkulator BMI atau pada tautan bit.ly/indeksmassatubuh.

Selain sakit perut berdenyut, apa lagi gejala aneurisma aorta perut?

Aneurisma aorta perut umumnya berkembang lambat dan biasanya tanpa disertai gejala lain yang jelas. Karena samar-samar, kondisi ini sering diabaikan dan baru disadari saat sudah menimbulkan komplikasi yang lebih parah.

Meski demikian, gejala khas aneurisma aorta perut yang paling sering dilaporkan pertama kali adalah sakit perut berdenyut seperti detak jantung. Biasanya terjadi secara tiba-tiba, namun sering. Gejala ini lebih mudah dirasakan oleh orang bertubuh kurus daripada orang yang gemuk. Selain berdenyut, perut juga terasa lunak tapi tidak sakit ketika diraba atau ditekan.

aneurisma aorta perut

Pada orang yang bertubuh gemuk, gejala aneurisma aorta perut cenderung tidak dirasakan sampai pembengkakannya pecah.

Maka, Anda juga perlu mengetahui anda dan gejala yang muncul ketika pembuluh aorta sudah pecah:

  • Nyeri mendadak di bagian perut atau punggung.
  • Rasa sakit menyebar ke organ di sekitar perut, seperti panggul, kaki, dan bokong.
  • Tubuh berkeringat.
  • Detak jantung lebih cepat.
  • Syok atau pingsan.

Kapan saya harus ke dokter?

Bila Anda sering mengalami perut berdenyut disertai gejala-gejala di atas, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan berupa CT atau CAT scan perut, USG perut, rontgen bagian dada, dan MRI untuk memastikan diagnosis.

Jika aneurismenya masih kecil, dokter akan memantau ketat kondisi kesehatan Anda secara berkala untuk mencegahnya semakin membesar. Namun jika dokter menemukan lebarnya lebih dari 5,5 sentimeter, ia akan segera merekomendasikan operasi untuk mengangkat bagian aorta yang rusak dan menggantinya dengan tabung buatan. Operasi juga bisa bertujuan untu mencangkok pembuluh darah guna mencegah perdarahan.

Apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya?

Agar pembuluh darah Anda semakin kuat, coba perbanyak makan sayur, buah-buahan, dan gandum utuh. Jangan lupa seimbangkan juga dengan olahraga secara rutin setidaknya dua sampai tiga kali seminggu untuk menjaga kesehatan pembuluh darah Anda.

Kalau Anda terbiasa merokok, segera hentikan kebiasaan buruk tersebut demi kesehatan Anda. Jangan lupa cek kolesterol dan tekanan darah Anda secara rutin untuk mencegah tekanan berlebihan pada pembuluh darah Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Abdominal Aortic Aneurysm. https://www.healthline.com/health/abdominal-aortic-aneurysm. Accessed 9/7/2018.

What is an Abdominal Aortic Aneurysm. https://www.webmd.com/heart-disease/what-is-abdominal-aortic-aneurysm#1. Accessed 9/7/2018.

Abdominal Aortic Aneurysm. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/abdominal-aortic-aneurysm/symptoms-causes/syc-20350688. Accessed 9/7/2018.

Abdominal Aortic Aneurysm. https://www.nhs.uk/conditions/abdominal-aortic-aneurysm/. Accessed 9/7/2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri
Tanggal diperbarui 26/07/2018
x