home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Gastroptosis

Definisi gastroptosis|Tanda dan gejala|Penyebab|Diagnosis dan pengobatan|Pengobatan di rumah
Gastroptosis

Definisi gastroptosis

Gastroptosis adalah kondisi yang ditandai dengan perpindahan perut ke bawah secara tidak normal. Hal ini mungkin terjadi akibat gaya suspensi diafragma, hati, dan perut yang tidak memadai.

Selain itu, masalah pada organ pencernaan ini bisa disebabkan oleh faktor tubuh seperti struktur perut yang berbentuk seperti ikan.

Penyakit ini merupakan bagian dari visceroptosis, kondisi yang cenderung dijumpai pada orang bertubuh kurus hingga memiliki tubuh lemah karena usia.

Gastroptosis umumnya memiliki gejala gangguan pencernaan yang bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Kabar baiknya, kondisi ini bukan penyakit yang membahayakan jiwa.

Seberapa umum kondisi ini?

Gastroptosis merupakan penyakit cukup langka, tetapi lebih sering dijumpai pada wanita dibandingkan pria, terlepas dari berapa usianya.

Meski begitu, masalah ini bisa diatasi dengan mengurangi faktor risikonya. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda dan gejala

Umumnya, gastroptosis ditandai dengan gejala gangguan pencernaan dan masalah lainnya, seperti:

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran akan gejala tertentu, konsultasikanlah pada dokter.

Kapan harus periksa ke dokter?

Bila Anda mengalami salah satu atau lebih gejala yang telah disebutkan atau memiliki pertanyaan apa saja, segera konsultasikan dengan dokter.

Tubuh setiap orang bereaksi dengan cara berbeda, sehingga lebih baik diskusikan dengan dokter terkait kondisi yang dialami.

Penyebab

Apa penyebab gastroptosis?

Gastroptosis merupakan penyakit pencernaan yang lebih sering dialami oleh orang dewasa. Ada pun beberapa masalah kesehatan yang dapat menyebabkan masalah pada perut, yakni:

Alasan orang kurus lebih sering mengalami gastroptosis

Pada saat tekanan di sekitar perut melemah, kemampuan tubuh untuk menahan organ dalam perut di tempatnya pun ikut menurun. Akibatnya, perut Anda mungkin akan merosot yang dikenal sebagai gastroptosis.

Hal tersebut dikarenakan otot dan lemak dibutuhkan untuk menahan perut agar tidak merosot. Sehingga, kekurangan lemak atau otot bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami gastroptosis.

Itu sebabnya, orang yang menjalani program diet perlu memastikan bahwa mereka tidak kehilangan terlalu banyak lemak agar tidak menyebabkan masalah pencernaan ini.

Apa faktor yang meningkatkan risiko terkena kondisi ini?

Selain usia, sederet faktor lainnya yang bisa meningkatkan risiko Anda terhadap penyakit ini antara lain:

  • memiliki badan kurus,
  • kekurangan lemak atau otot,
  • mengalami cedera pada lapisan dinding dalam perut,
  • penyandang penyakit diabetes, dan
  • mempunyai otot yang lemah.

Diagnosis dan pengobatan

Bagaimana cara mendiagnosis kondisi ini?

Selain menjalani pemeriksaan fisik seperti riwayat kesehatan dan gejala yang dialami, dokter juga akan menyarankan Anda untuk menjalani tes tambahan.

Pemeriksaan gastroptosis ini umumnya tidak jauh berbeda dengan penyakit gastroparesis, yakni:

  • pemeriksaan X-ray,
  • USG dan rontgen perut,
  • gastroskopi, dan
  • tes pengosongan lambung.

Perlu diingat pula bahwa gastroparesis dan gastrotopsis sangat mudah mengalami salah diagnosis karena termasuk penyakit yang langka.

Apa saja pilihan obat dan pengobatan gastroptosis?

Dahulu, pengobatan gastroptosis dapat dilakukan melalui bedah. Kini, operasi bedah masih menjadi pilihan alternatif dari masalah perut ini.

Meski begitu, para ahli menyarankan bahwa penyakit pencernaan ini sebenarnya bisa diatasi dengan mengobati penyebabnya, seperti:

Pengobatan di rumah

Selain perawatan dari dokter, perubahan gaya hidup ternyata perlu dilakukan guna mendukung pengobatan, meliputi:

Gastroptosis merupakan penyakit yang cukup langka, sehingga ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Gastroptosis in Women That Just Don’t Gain Weight Eating. (n.d). Slism. Retrieved 29 April 2021, from https://slism.com/diet/gastroptosis-symptoms.html 

Herbal Treatment for Gastroptosis. (n.d). Herbpathy. Retrieved 29 April 2021, from https://herbpathy.com/Herbal-Treatment-for-Gastroptosis-Cid5073 

Christianakis, E., Bouchra, K., Koliatou, A., Paschalidis, N., & Filippou, D. (2009). Gastroparesis associated with gastroptosis presenting as a lower abdominal bulking mass in a child: a case report. Cases journal, 2, 184. https://doi.org/10.1186/1757-1626-2-184. Retrieved 29 April 2021.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 5 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x