Panduan Memilih Makanan untuk Orang Sakit Maag

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Sudah jadi keharusan bagi penderita sakit maag untuk memastikan jadwal makannya. Makan pagi, siang, malam, dan sekadar ngemil juga bisa membantu agar asam lambung tidak bergejolak di tengah aktivitas. Tak hanya jadwal makan, kamu juga harus tahu pilihan makanan yang tepat untuk orang sakit maag. Apa saja?

Rekomendasi makanan untuk orang sakit maag

Meskipun melihat banyak pilihan menarik di foodcourt, mulai dari makanan Padang sampai makanan Sunda, pastikan kamu bijak saat memilih makanan, apalagi kalau punya sakit maag.

Berikut ini adalah rekomendasi beberapa makanan yang baik untuk mengurangi gejala sakit maag.

1. Sayur-mayur

Makan berbagai jenis sayur, seperti wortel, bit, buncis, kacang polong, ubi putih, bayam, dan labu, bagus untuk mengatasi maag yang kamu derita.

Cara memasak terbaik adalah dengan mengukus atau merebusnya. Jangan menambahkan butter, minyak, atau produk berlemak lainnya karena lemak bisa memperburuk gejala sakit maag yang kamu miliki.

Meski sehat, beberapa jenis sayur seperti kol, brokoli, kubis brussels, dan kale harus dibatasi. Sebab, jenis sayur ini mengandung gas dan bisa membuat perut semakin kembung untuk orang sakit maag.

2. Makanan rendah lemak

Makanan berlemak dapat memperparah gejala maag. Itu sebabnya, makanan yang rendah lemak lebih direkomendasikan untuk orang-orang yang sakit maag.

Cobalah memilih makanan rendah lemak, seperti keju cottage (keju rendah lemak), yogurt, dan susu rendah lemak. Hindari pula makanan yang digoreng dengan minyak banyak.

Apabila kamu punya intorelansi laktosa, produk olahan susu bisa memicu ketidaknyamanan lambungmu. Lebih baik kamu berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui produk susu rendah lemak yang cocok untuk kesehatan lambungmu.

3. Sumber protein rendah lemak

Sumber protein rendah lemak juga bisa jadi pilihan makanan untuk orang yang sakit maag. Bahkan, protein rendah lemak dapat membantu memperbaiki dinding lambung dan mengatasi gangguan pencernaan.

Kamu bisa mencoba makanan sehat seperti dada ayam tanpa kulit, ikan salmon atau trout, dan telur. 

4. Karbohidrat

Karbohidrat menjadi salah makanan yang dapat dikonsumsi untuk orang sakit maag. Karbohidrat yang terbilang aman, antara lain roti tawar putih, nasi, pasta, pancake, wafel, maupun muffin. Namun, pastikan makanan itu kamu buat dengan bahan-bahan yang rendah lemak, ya.

Sebisa mungkin, kamu juga perlu menghindari karbohidrat yang mengandung lemak, biasanya dengan tambahan butter, keju, atau mentega. 

Hindari pula kombinasi makanan yang bisa memicu sakit maag, seperti sereal dan susu, biskuit, donat, serta pizza. 

5. Minum jahe

Meski bukan makanan, minum campuran jahe dan teh chamomile juga bagus untuk orang yang sakit maag. Jahe mengandung antioksidan tinggi dan bersifat anti-inflamasi yang bisa menjadi obat alami untuk penderita maag. 

Selain itu, senyawa fenolat pada jahe juga bermanfaat untuk meredakan iritasi saluran cerna dan kontraksi lambung. Dengan demikian, minum jahe mampu mengurangi terjadinya sakit maag dan mencegah naiknya asam lambung.

Menyediakan satu cangkir jahe hangat di atas meja kerja bisa jadi langkah mencegah yang tepat untuk kamu yang punya sakit maag.

Meski begitu, pastikan bahwa kamu tidak mengonsumsi jahe lebih dari 4 gram, ya. Mengonsumsi jahe kebanyakan justru dapat memperburuk gejala naiknya asam lambung.

6.Makanan berserat

Makanan untuk orang sakit maag selanjutnya adalah camilan yang mengandung serat, seperti biji-bijian, kacang yang direbus, maupun kacang polong. Makanan berserat ini baik untuk orang yang sakit maag karena bermanfaat untuk mengurangi risiko tukak lambung. 

Adapun sumber kacang-kacangan lain yang bisa kamu makan di antaranya almond, chia seeds, quinoa, ataupun gandum. 

7.Makanan dengan kandungan bawang putih

Saatnya kamu harus bersahabat dengan si bawang putih dan jangan menyingkirkannya dari makananmu. Bahan yang biasanya dijadikan bumbu masak ini juga bisa meredakan dan melindungi lambungmu. 

Kandungan antimikroba dan antijamur pada bawang putih bekerja melawan bakteri H. pylori si penyebab sakit maag. Kamu bisa makan dalam potongan kecil, atau mencampurnya dengan makanan tertentu, untuk meredakan atau menghindari sakit maag. 

8. Minum obat

Apabila kamu sudah melakukan berbagai cara, termasuk memilih makanan yang tepat, untuk meredakan sakit maag tapi gejalanya terus mengganggu, kamu bisa minum obat maag, seperti Promag.

Promag dalam kemasan tablet ataupun cair dapat dengan cepat menetralkan asam lambung karena kandungan antasidanya. Dengan begitu, kamu bisa beraktivitas dan tetap konsentrasi dengan pekerjaanmu tanpa maag yang menggangu.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Begini Cara Membaca Resep Kacamata dari Dokter dan Optik Anda

    Sebelum beli kacamata, Anda perlu memeriksa mata untuk mendapatkan resep agar kacamata yang dibeli sesuai. Tapi, tahukah Anda cara membaca resep kacamata?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Kesehatan Mata, Perawatan Mata 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

    Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

    Pernah merasakan tidak bisa kentut? Tentu rasanya sangat mengganggu dan membuat perut terasa sakit. Tenang, atasi masalah susah kentut dengan cara alami ini

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
    Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

    9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

    Setiap rumah pasti ada semutnya. Apalagi rumah yang kotor. Jangan panik dulu, air lemon ternyata bisa jadi cara mengusir semut di rumah yang terjamin ampuh.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Kebersihan Diri, Hidup Sehat 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

    Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

    Saat Anda sakit, makan dan minum apapun jadi tak selera. Hal ini karena mulut dan lidah terasa pahit. Nah, ini dia alasan dan cara ampuh mengatasinya.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    akibat kecanduan seks

    6 Masalah Serius yang Terjadi Akibat Kecanduan Seks

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
    cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk

    Cara-cara Ampuh Menghilangkan Bentol Merah Bekas Gigitan Nyamuk

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
    Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
    gatal karena diabetes

    5 Langkah Mudah Mengatasi Kulit Gatal Karena Diabetes

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Shylma Na'imah
    Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
    telinga kemasukan serangga

    Pertolongan Pertama Ketika Telinga Kemasukan Serangga

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fajarina Nurin
    Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit