home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kopi Sebenarnya Baik atau Buruk untuk Hati (Liver)?

Kopi Sebenarnya Baik atau Buruk untuk Hati (Liver)?

Organ hati merupakan organ padat paling besar yang berada di dalam tubuh manusia. Untuk mencegah kerusakan hati, salah satu cara mudahnya yakni dengan minum kopi. Lho, bukannya kopi berbahaya buat hati seseorang? Simak penjelasan berikut ini.

Apa manfaat kopi untuk hati?

Pada dasarnya, hati termasuk organ yang tangguh karena dapat terus bekerja meski dalam keadaan rusak. Hati akan berusaha memperbaiki dirinya sendiri hingga organ ini benar-benar rusak dan tidak bisa berfungsi lagi.

Sayangnya, penyakit hati berada pada peringkat ke-12 sebagai penyebab kematian terbesar di dunia. Penyakit ini sering kali disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya karena sering meminum alkohol.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Hepatology, kopi bisa mencegah Anda untuk terkena fibrosis hati. Fibrosis hati merupakan tahap awal penyakit gangguan hati yang dikenal dengan sirosis hati.

Kandungan antioksidan pada kopi diyakini para ahli dalam penelitian ini mampu melindungi hati dari kerusakan. Penelitian yang dilakukan di Rotterdam, Belanda ini melibatkan 2.424 peserta penelitian. Rata-rata umur peserta penelitian yakni 45 tahun ke atas.

Setiap peserta penelitian akan menjalani pemeriksaan fisik secara lengkap seperti indeks massa tubuh (IMT), tinggi badan, tes darah, dan pemindaian perut untuk memeriksa kondisi dan melihat perkembangan fibrosis hati pada setiap peserta.

Mereka juga diberikan 389 pertanyaan mengenai kebiasaan makan dan minum untuk mengetahui asupan kopi yang mereka minum. Penelitian ini untuk menganalisis manfaat kopi untuk hati.

Kopi melindungi organ hati dari kerusakan?

Peserta penelitian dibagi ke dalam tiga kategori sesuai dengan pola minum kopi mereka.

Kategori pertama tidak mengonsumsi kopi, kategori kedua konsumsi kopi yang minum kopi tiga cangkir per hari. Untuk kategori terakhir yakni konsumsi kopi sering, yaitu peserta penelitian yang minum kopi lebih dari tiga cangkir per hari.

Lalu, para peneliti menganalisis hubungan antara minum kopi dan fibrosis hati. Para peneliti juga meneliti berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, aktivitas fisik, dan pola makan yang sehat.

Hasilnya, penelitian ini menemukan bahwa peserta penelitian yang masuk ke dalam kategori konsumsi kopi sering menurunkan risiko mereka untuk terkena fibrosis hati dan sirosis.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa kebiasaan Anda minum kopi memiliki efek positif yakni mencegah jaringan parut hati atau sirosis bahkan sebelum penyakit ini berkembang. Manfaat kopi untuk hati adalah melindungi organ hati dari kerusakan.

Sebuah penelitian terbaru mengenai manfaat kopi untuk hati lainnya yang dipimpin oleh Dr. Qian Xiao dari National Cancer Institute telah menemukan bahwa orang yang minum tiga cangkir kopi secara rutin setiap hari memiliki 25% tingkat enzim hati lebih baik, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Meski bermanfaat, orang yang punya penyakit hati harus membatasi minum kopimanfaat kopi untuk hati

Minum kopi secara rutin memang terbukti baik untuk menjaga fungsi hati. Akan tetapi, manfaat ini hanya bisa Anda dapatkan kalau Anda minum kopi secukupnya saja, tidak berlebihan.

Berapa cangkir kopi yang aman buat hati? Jawabannya berbeda-beda, karena setiap orang punya tingkat toleransi terhadap kafein yang berbeda-beda.

Kandungan kafein dalam kopi bukanlah nutrisi seperti vitamin dan mineral, melainkan zat stimulan dalam tubuh. Hati akan bekerja lebih keras untuk “membersihkan” kafein, tidak diserap melalui proses metabolisme seperti zat gizi lainnya.

Karena itu, kalau Anda kebanyakan minum kopi, tentu hati jadi dipaksa bekerja keras terus-terusan. Lama-lama, hal ini bisa menyebabkan kerusakan hati atau bahkan penyakit yang tidak bisa disembuhkan lagi.

Menurut para ahli, orang dewasa yang sehat sebaiknya tidak minum kopi lebih dari 200 – 300 miligram kopi dalam sehari. Ini setara dengan dua sampai tiga cangkir kopi hitam.

Namun, lagi-lagi itu tergantung pada jenis kopi, cara pengolahan, dan tingkat toleransiterhadap kafein. Lebih jelasnya, sebaiknya konsultasikan pada dokter berapa banyak Anda boleh minum kopi sehari, terutama bagi Anda yang punya masalah hati.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Take a coffee or tea break to protect your liver.

https://www.sciencedaily.com/releases/2017/06/170606112745.htm. Accessed 12/10/2017.

Drinking coffee and tea may prevent liver disease. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317827.php. Accessed 12/10/2017.

Is Coffee or Tea Good for Your Liver?. https://www.medscape.com/viewarticle/543581. Accessed 12/10/2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari Diperbarui 30/06/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x