home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Waktu Paling Sehat untuk Minum Kopi Ternyata Bukan Pagi Hari

Waktu Paling Sehat untuk Minum Kopi Ternyata Bukan Pagi Hari

Anda penggemar kopi? Jam berapa Anda biasanya minum kopi? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa waktu efektif minum kopi bukanlah di pagi hari. Jika Anda suka minum kopi di pagi hari, fakta ini akan mengubah kebiasaan jam Anda untuk minum kopi.

Mengapa kita harus minum kopi di waktu yang tepat? Tentu agar Anda dapat merasakan manfaat maksimalnya. Jika Anda minum kopi di waktu yang salah, manfaat kopi yang Anda sudah banyak tahu, tidak akan Anda dapatkan. Sangat disayangkan jika begitu. Berikut waktu yang paling tepat untuk minum kopi.

Mengetahui produksi hormon kortisol di dalam tubuh

Anda pasti minum obat di waktu Anda sedang membutuhkannya, begitu juga dengan kopi yang mengandung kafein. Anda perlu kafein di saat tubuh Anda sangat memerlukannya. Jika Anda memasukkan kafein ke dalam tubuh di saat tubuh tidak memerlukannya. Apa yang Anda rasakan? Tentu jawabannya tidak ada.

Hormon kortisol adalah salah satu hormon penting yang dihasilkan oleh tubuh kita. Kortisol adalah hormon yang dibuat oleh dua kelenjar adrenal (satu terletak pada setiap ginjal) dan itu sangat penting bagi kehidupan. Hormon kortisol dikenal juga secara luas sebagai hormon stres, karena hormon ini akan diproduksi lebih banyak saat tubuh mengalami stres, baik fisik maupun emosional.

Hormon kortisol berperan pada penggunaan gula atau glukosa dan lemak dalam metabolisme tubuh untuk menyediakan energi. Selain itu, hormon kortisol berfungsi mengendalikan stres yang dapat dipengaruhi oleh kondisi infeksi, cedera, aktivitas berat, serta stres fisik dan emosional.

Saat merasa terancam, maka bagian dari otak akan menyalakan alarm tubuh. Hal itu kemudian akan memicu kelenjar adrenal yang berada di atas ginjal mengeluarkan hormon adrenalin, hal ini bersamaan dengan hormon kortisol. Pada kondisi normal, kadar hormon kortisol tertinggi mencapai puncak pada pukul 8 sampai 9 pagi dan akan semakin menurun. Saat hormon kortisol Anda menurun, saat inilah Anda membutuhkan kafein yang ada di dalam kopi.

Kapan waktu yang paling efektif untuk minum kopi?

Jika Anda sudah tahu kapan produksi hormon kortisol Anda mencapai level tertinggi. Tentu Anda sudah tahu jawabannya yaitu saat produksi hormon ini mencapai level terendah atau berlahan menurun di dalam tubuh. Kafein memang tidak meningkatkan produksi hormon kortisol, namun dapat menggantikan peran hormon ini saat produksinya menurun dan mempengaruhi Anda. Alasan kopi dapat membuat Anda bersemangat adalah efek kafein kepada otak. Tidak hanya sebagai stimulan, kafein juga dapat menghambat reseptor adenosin. Dampaknya dapat membuat Anda lebih berenergi serta merasa lebih bersemangat.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Steven Miller dari Universitas Health Sciences di Bethesda, produksi hormon kortisol akan mengalami siklus, jam saat produksi hormon kortisol mencapai puncak tertinggi adalah jam 8.00-9.00 pagi, jam 12.00-13.00 siang, jam 17.30-18.30. Setiap orang memang memiliki siklus yang berbeda-beda, namun rata-rata akan mengalami produksi hormon kortisol tertinggi di jam-jam itu.

Jadi, waktu yang paling tepat untuk Anda minum kopi adalah, saat produksi hormon kortisol Anda mulai menurun, tepatnya pada jam yang kita kenal dengan istilah coffee break, antara jam 9.30-11.30, jam 13.30 dan jam 5 sore. Sekarang pilihan Anda untuk mengubah jam kebiasaan minum kopi agar Anda mendapatkan manfaat maksimal dari secangkir kopi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Donovan, L. (2016, January 3). The Best Time to Drink Coffee. Retrieved January 24, 2017, from ATTN: http://www.attn.com/stories/5640/best-time-to-drink-coffee

Gill, T. (2016, November 30). When is the Best Time to Drink Coffee? . Retrieved January 24, 2017, from Onnit Academy: https://www.onnit.com/academy/the-best-time-to-drink-coffee/

Kokalitcheva, K. (2015, June 1). Early Morning is Actually the Worst Time to Drink Coffee. Retrieved January 24, 2017, from Time: http://time.com/3903826/coffee-early-morning-worst-time/

Kosner, A. W. (2014, January 5). Why The Best Time To Drink Coffee Is Not First Thing In The Morning. Retrieved January 24, 2017, from Forbes: http://www.forbes.com/sites/anthonykosner/2014/01/05/why-the-best-time-to-drink-coffee-is-not-first-thing-in-the-morning/#2c0d7aa65aa7

Robertson, K. (2016, January 29). When Is The Best Time To Drink Coffee? Retrieved January 24, 2017, from Women’s Health: http://www.womenshealthmag.co.uk/nutrition/happy-hour/4447/when-is-the-best-time-to-drink-coffee/


Foto Penulis
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari
Tanggal diperbarui 29/09/2020
x