home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tak Usah Cemas Lagi, Begini Tips Duduk Nyaman Meski Punya Ambeien

Tak Usah Cemas Lagi, Begini Tips Duduk Nyaman Meski Punya Ambeien

Siapa saja dapat mengalami ambeien atau wasir, terutama pada orang yang mengalami sembelit. Kondisi ini sering kali menimbulkan rasa sakit saat duduk dan tidur hingga mengganggu aktivitas harian. Lantas, bagaimana posisi duduk dan tidur yang nyaman saat penderita mengalami ambeien?

Posisi duduk dan tidur yang nyaman saat ambeien

Bila sudah mengalami ambeien, melakukan apa pun menjadi terasa sulit mengingat rasa sakit yang muncul, terutama saat duduk dan tidur.

Cara duduk pun memengaruhi kondisi ambeien. Bila salah posisi, tentu dapat memicu rasa sakit yang semakin parah.

Itu sebabnya, posisi duduk yang nyaman saat ambeien menjadi kunci penting dalam meredakan nyeri yang dialami. Berikut pilihan posisi yang bisa Anda coba.

1. Duduk di permukaan yang lembut

Salah satu tips duduk yang cukup nyaman saat Anda mengalami ambeien yakni duduk di permukaan yang lembut.

Permukaan yang lembut, seperti bantal yang empuk menjadi solusi yang tepat saat Anda mengalami ambeien.

Hal ini dikarenakan duduk di permukaan yang keras akan menekan otot-otot gluteal bokong. Akibatnya, otot akan meregang dan pembuluh darah semakin membengkak.

2. Memakai bangku kecil saat duduk di toilet

Selain duduk di permukaan yang lembut, memanfaatkan bangku kecil saat duduk di toilet ternyata bisa meredakan rasa sakit akibat ambeien.

Dengan menaikkan lutut di atas pinggul, Anda mengubah sudut rektum dan memudahkan dorongan agar BAB lancar.

3. Tidak duduk di toilet terlalu lama

waktu BAB buang air besar pagi hari

Salah satu faktor utama terjadinya ambeien yaitu duduk terlalu lama, termasuk saat mengalami sembelit di toilet.

Kebiasaan ini membuat Anda harus menghabiskan waktu di toilet terlalu lama dan mengejan dengan keras saat BAB terlalu sering. Alhasil, pembuluh darah di sekitar anus mengalami lebih banyak tekanan pada pembuluh darah.

Hal tersebut bisa menyebabkan pembuluh darah terisi darah yang akhirnya menekan dinding pembuluh darah hingga semakin membesar. Rasa nyeri akibat ambeien pun semakin parah.

4. Tidur tengkurap

Tak hanya saat duduk, posisi tidur yang nyaman saat ambeien pun penting agar tidak mengganggu kualitas tidur Anda, bukan?

Cobalah untuk menggunakan pakaian dalam katun yang bersih dan piyama longgar. Selain itu, Anda disarankan tidur tengkurap guna meredakan rasa sakit pada anus.

Bila memungkinkan, letakkan bantal di bawah pinggul untuk mencegah Anda berguling ke belakang.

5. Duduk di atas sitz baths

Alih-alih mandi dengan sitz baths, Anda bisa memanfaatkan metode ini untuk menemukan posisi duduk yang nyaman ketika ambeien.

Anda bisa menggunakan baskom yang pas dengan dudukan toilet. Lalu, rendam area yang meradang dengan air hangat selama 10 hingga 15 menit sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

6. Menyesuaikan posisi duduk saat BAB

Beberapa orang percaya bahwa akan lebih mudah buang air besar dalam keadaan berjongkok, terutama ketika mengalami wasir.

Faktanya, hal ini tidak sepenuhnya salah. Pada saat Anda berjongkok, lutut akan menempel di perut. Hal ini membantu menyelaraskan bagian dalam rektum hingga berada di posisi yang tepat.

Hasilnya, saluran pencernaan akan lebih mudah mengeluarkan feses. Bahkan, beberapa ahli menyebut bahwa posisi jongkok dinilai lebih efektif dalam mencegah perkembangan ambeien.

7. Menghindari posisi duduk yang tegang

Tak hanya saat ambeien, posisi duduk yang tegang tentu tidak nyaman hampir pada setiap orang.

Posisi ini ternyata bisa menekan area anus karena menahan aliran darah yang berada tepat di daerah ambeien yang menggumpal.

Bahkan, area tersebut bisa semakin membengkak dan terasa nyeri akibat tekanan yang berlebihan. Bila memungkinkan, hindari posisi ini ketika mengalami ambeien:

  • mengangkat beban berat,
  • duduk dan mengejan di atas dudukan toilet saat BAB, atau
  • berhubungan seks anal.

8. Menggunakan gulungan handuk atau busa

Artikel Kesehatan Seputar Penyakit Ambeien

Salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan posisi duduk yang nyaman saat ambeien yaitu memakai gulungan handuk atau busa.

Anda bisa menggunakan salah satu dari kedua alat ini di bawah paha atas atau masing-masing pantat.

Hal ini bertujuan mengangkat area sensitif yang terkena ambeien dan mengurangi bebas dasar panggul.

Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait posisi duduk atau tidur yang nyaman pada penderita ambeien, silakan konsultasikan dengan dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Pendick, D. (2020). 6 self-help tips for hemorrhoid flare-ups. Harvard Health Publishing. Retrieved 1 July 2021, from https://www.health.harvard.edu/blog/6-self-help-tips-for-hemorrhoid-flare-ups-201307196496 

Watson, K. (2020). What’s the Best Position for Pooping?. Healthline. Retrieved 1 July 2021, from https://www.healthline.com/health/best-position-for-pooping 

Best Sitting Position For Hemorrhoids. (2020). Pristyn Care https://www.pristyncare.com/blog/best-sitting-position-for-hemorrhoids-pc0113 

How Does Your Posture Affect Your Hemorrhoids?. (2019). Piles Relief. Retrieved 1 July 2021, from https://pilesgmsrelief.com/how-does-your-posture-affect-your-hemorrhoids/ 

Bolen, B. (2021). Coping With Hemorrhoids. Verywell Health. Retrieved 1 July 2021, from https://www.verywellhealth.com/coping-with-hemorrhoids-1944929 

What to Wear, How to Sleep, and Other Practical Tips for Hemorrhoid Sufferers. (n.d). Midwest Hemorrhoid Treatment Center. Retrieved 1 July 2021, from https://www.mwhtc-stl.com/blog/what-to-wear-how-to-sleep-and-other-practical-tips-for-hemorrhoid-sufferers 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 01/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x