home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenali Jenis Ambeien yang Mungkin Pernah Anda Alami

Kenali Jenis Ambeien yang Mungkin Pernah Anda Alami

Ambeien (wasir) umum terjadi di masyarakat. Untungnya kondisi ini dapat mudah diatasi di rumah atau lewat konsultasi dokter. Namun, ternyata tidak semua wasir itu sama. Ada beberapa jenis ambeien yang perlu Anda waspadai, apa saja?

Jenis penyakit ambeien yang perlu Anda tahu

Diperkirakan 3 dari 4 orang dewasa pernah mengalami kondisi ambeien. Wasir menyebabkan munculnya benjolan pada anus yang kemerahan dan menimbulkan rasa perih, panas, dan gatal luar biasa.

Ambeien dapat dibedakan berdasarkan lokasi dan gejala yang ditimbulkan. Jenis-jenis ambeien tersebut adalah sebagai berikut.

1. Ambeien internal (dalam)

Ambeien internal biasanya terbentuk di dalam rektum dan di atas garis pektinat, yaitu batas yang membagi dua per tiga saluran anus bagian atas dan bawah. Jenis ambeien ini biasanya ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Meski meradang dan dapat membengkak, benjolan jarang keluar dari anus. Selain itu, jenis wasir ini jarang menimbulkan rasa nyeri parah. Jika semakin meradang, kejang otot akan lebih sering terjadi dan gejala ambeien lainnya akan bermunculan tapi ringan.

Berdasarkan tingkat prolapsnya, ambeien internal terbagi menjadi beberapa tahapan sebagai berikut.

  • Tahap satu: benjolan terjadi di dalam dan akan mengeluarkan darah saat Anda buang air besar.
  • Tahap dua: benjolan dapat keluar dari anus karena gerakan usus dan masuk kembali ke dalam anus secara spontan dengan sendirinya.
  • Tahap tiga: benjolan dapat keluar dari anus, tapi tidak masuk dengan sendirinya. Anda perlu mendorongnya dengan tangan supaya benjolan kembali masuk ke dalam.
  • Tahap empat: benjolan telah keluar dari anus dan tidak bisa di dorong masuk. Ini menjadi tanda bahwa ambeien internal telah berkembang menjadi ambeien jenis lainnya, yaitu ambeien prolaps.

Tidak semua pasien yang mengalami jenis ambeien internal merasakan gejala atau perdarahan yang signifikan. Meski demikian, bila telah prolaps atau keluar ke permukaan anus, maka jaringan benjolan bisa saja menimbulkan iritasi dan gatal-gatal.

2. Ambeien prolaps

Ambeien internal yang semakin parah atau terjadi secara berulang bisa berkembang menjadi ambeien prolapse. Benjolan pada ambeien ini sudah keluar dari anus dan benjolannya tidak bisa dikembalikan dengan pendorongan oleh tangan.

Gejala gatal pada anus, perih, dan sensasi panas di anus akan sering muncul. Bahkan, menyebabkan seseorang susah buang air besar.

Pada beberapa kasus, orang dengan kondisi ini perlu menjalani operasi untuk mengangkat ambeien supaya tidak menyebabkan komplikasi.

3. Ambeien eksternal (luar)

Ambeien luar terbentuk di bawah permukaan kulit di sekitar anus. Awalnya, jenis ambeien ini tidak terlihat. Namun, semakin lama pembengkakan akan menyebabkan benjolan berwarna keunguan.

Gejalanya sama dengan jenis ambeien lainnya. Biasanya nyeri muncul dengan tiba-tiba dan terasa konstan atau terus-terusan. Banyak pasien dengan ambeien luar merasa tidak nyaman seperti ada yang mengganjal setiap kali duduk.

Ambeien eksternal bisa meninggalkan bekas luka di kulit sehingga membuat kotoran yang keluar sering tersangkut jika tidak dibersihkan dengan benar. Jenis ini juga bisa memicu terjadinya infeksi kulit.

4. Ambeien trombosis

Jenis ambeien ini merupakan komplikasi dari ambeien, ketika gumpalan darah terbentuk pada benjolan. Kondisi ini dapat terjadi pada ambeien internal dan juga eksternal.

Beberapa tanda yang akan dirasakan bila Anda mengalami ambeien trombosis adalah:

  • sakit saat duduk, berjalan, atau buang air besar,
  • gatal-gatal di sekitar anus,
  • berdarah saat buang air besar, dan
  • anus membengkak atau tumbuh benjolan.

Aliran darah di sekitar anus yang terhambat akibat penggumpalan darah ini membuat suplai darah ke jaringan anus berkurangnya. Akibatnya, gejala ambeien akan jadi semakin parah dan ambeien dapat pecah.

Ambeien trombosis juga bisa terinfeksi, sehingga ujung anus akan menimbulkan tonjolan berisi nanah yang disebut abses anus. Abses ini bisa memicu gejala tambahan seperti demam.

Kapan harus periksa ke dokter?

Apa pun jenis ambeien yang Anda alami, sebaiknya segera pergi ke dokter apabila mengalami perdarahan yang tak kunjung membaik selama lebih dari seminggu walau sudah diberi obat di rumah.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati bila terjadi perubahan pada kebiasaan buang air besar serta konsistensi dan feses yang dikeluarkan.

Anus yang berdarah tidak selalu disebabkan oleh wasir. Oleh karena itu, selalu periksakan kepada dokter bila mengalami gejala yang tidak biasa.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What Are the Different Types of Hemorrhoids? https://www.healthline.com/health/types-of-hemorrhoids#thrombosed. Accessed on December 17, 2018.

What Are the Different Types of hemorrhoids? https://articles.mercola.com/hemorrhoids/types.aspx. Accessed on December 17, 2018.

Haemorrhoids (piles). https://www.nhs.uk/conditions/piles-haemorrhoids/. Accessed on December 17, 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 19/01/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x