Umur Berapa Anak Bisa Dibawa Nonton ke Bioskop?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Banyak orangtua bertanya, umur berapa yang tepat bagi anak bisa dibawa nonton ke bioskop. Sebagai orangtua, pastinya Anda ingin membagikan pengalaman yang menyenangkan dengan mengajak si kecil nonton bioskop.

Beragam film yang rilis di bioskop dengan G-rated (general rated atau segala jenis usia) atau cocok sebagai edukasi anak-anak, memantik orangtua untuk mengajak anaknya. Tapi sebaiknya ketahui dulu berapa umur anak yang tepat agar bisa dibawa nonton ke bioskop.

Umur berapa anak bisa dibawa ke bioskop?

Bisa jadi antara Anda dan pasangan memiliki kesepakatan yang berbeda untuk membawa anak nonton bioskop. Sehingga masing-masing bertanya berapa patokan umur anak yang bisa dibawa ke bioskop.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar anak yang berumur di bawah 18 bulan sebaiknya tidak menggunakan tontonan berabasis media (screen media) dalam bentuk apapun. 

Namun, untuk anak berusia 18-24 bulan boleh diperkenalkan tontonan berbasis digital media dengan kualitas program edukasi yang terbaik. Menonton program edukasi dapat membantu pemahaman mereka.

Para peneliti juga merekomendasikan untuk anak berusia 2-5 tahun perlu dibatasi jam menonton, setidaknya 1 jam per hari dengan program yang berkualitas. Di sini, orangtua perlu membimbing dan mendampingi program yang anak tonton. Sehingga anak mengetahui dan memahami dari tayangan yang mereka lihat.

Jika bertanya, umur berapa anak Anda bisa dibawa ke bioskop? Melihat dari rekomendasi para peneliti tadi, anak umur 2-5 tahun diperbolehkan hanya menonton 1 jam saja dalam sehari. 

Tetapi Common Sense Media mengatakan bahwa rata-rata orangtua mengajak anak mereka menonton pada umur 3-4 tahun. Sebagian orangtua lebih memilih ketika anak sedikit lebih besar untuk membawa mereka ke bioskop.

Setiap anak memiliki reaksi berbeda saat mereka masuk ke dalam bioskop. Karena keadaan yang gelap dan suara yang keras di dalam bioskop, sebagian anak mungkin saja sensitif terhadap suara keras di bioskop.

Tidak terlepas dari usia, orangtua juga perlu tahu kapan waktunya si kecil siap dibawa ke bioskop. Sebelum membawanya ke bioskop, Anda bisa memberitahu terlebih dahulu bagaimana suasana di dalam bioskop kepada anak.

Tips mengajak anak nonton di bioskop

Pendidikan seks pada anak

Setelah mengetahui berapa umur tepat anak yang bisa dibawa nonton ke bioskop dan kesiapannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berbeda dengan menonton film di rumah, ada atmosfer yang bisa lebih menggerakkan emosi anak saat ia menikmatinya.

Orangtua perlu memerhatikan beberapa aspek saat mengajak anaknya menonton bioskop. Berikut tips yang bisa Anda lakukan.

1. Pilih film yang cocok untuk anak

Anda tak lagi bingung soal berapa umur anak yang bisa diajak nonton ke bioskop. Tapi beberapa orangtua mungkin saja bingung dalam memilihkan film yang tepat untuk anak. Anda bisa memilihkan film kartun atau film yang diklaim ramah untuk anak-anak.

2. Lewati iklan

Sebelum tayangan film dimulai, biasanya terdapat beberapa rangkaian iklan pengantar. Belum tentu semua iklan dapat merepresentasikan konten yang sesuai dengan usia anak. Maka itu, sebaiknya ajak anak menonton sesaat sebelum film mulai.

Ketika umur anak sudah besar, mungkin dia sudah bisa menyortir iklan saat berada di bioskop. Namun, berbeda dengan anak balita yang masih menyerap segala informasi dan memercayai apa yang ia lihat.

3. Rencanakan terlebih dulu

Agar anak tak rewel, cobalah untuk mempersiapkan segalanya terlebih dulu. Misalnya, mengajak anak makan sebelum nonton film di bioskop. Kemudian, jelaskan kepada anak penting untuk menjaga ketenangan saat menonton film, misalnya tidak berbicara, tidak menyalakan gawai, serta tidak berdiri atau melompat saat film mulai.

4. Bersiap dengan segala kemungkinan

Mungkin ada reaksi anak yang di luar dugaan orangtua. Misalnya, saat beberapa adegan tertentu, anak berteriak, menangis, dan ingin pulang. Anda tak perlu memarahi anak untuk diam dan melanjutkan film hingga habis.

Ketika hal ini terjadi, berarti anak belum siap untuk diajak menonton bioskop. Tunggulah saat yang tepat sehingga anak bisa siap menikmati keseluruhan film.

Selain mengetahui berapa umur anak bisa dibawa ke bioskop, Anda wajib tahu sejauh mana kesiapan anak saat masuk bioskop untuk menonton film. Namun, jika anak berhasil menonton film hingga akhir, jangan lupa luangkan waktu berdiskusi tentang film yang baru saja Anda tonton pada anak untuk mengetahui apa saja yang dipahaminya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 17, 2020 | Terakhir Diedit: Maret 27, 2020

Sumber